×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Manfaat jalan cepat agar tetap sehat di usia lebih dari 30 tahun

0

Kesehatan

5 Manfaat jalan cepat agar tetap sehat di usia lebih dari 30 tahun

Jalan cepat memberi manfaat lebih dari jogging dan running. Simak lebih lengkap penjelasannya berikut ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Restyana E. Septica Sari

14 / 08 / 2019 10:50

Olahraga jalan cepat ternyata memiliki manfaat bagi tubuh, terutama bagi orang berusia di atas 30 tahun. Jalan cepat selama 30 menit setiap hari terbilang cukup efektif untuk membakar kalori dan menyegarkan tubuh.

Jalan cepat memiliki risiko cedera paling minimal, oleh karenanya cocok dilakukan bagi orang dengan rentang usia di atas 30 tahun sampai dengan 70 tahun. Selain mudah gerakannya, juga tidak ada gerak kejutan pada sendi, hanya melakukan kegiatan berjalan yang berulang dengan ritme yang lebih cepat semampu kita.

Usahakan jalan cepat di track yang datar

Berikut ini merupakan 5 manfaat jalan cepat.

1. Mencegah osteoathritis.

Loading...

Kerap melakukan jalan cepat membuat persendian dan tulang rawan bergerak aktif sehingga mengurangi risiko kaku sendi atau pelemahan sendi (osteoathritis).

2. Baik untuk gula darah.

Biasakan jalan cepat 20-30 menit setiap hari akan memperbaiki kinerja gula darah karena pelepasan energi dan glukosa dalam tubuh aktif.

3. Mengontrol tekanan darah.

Jalan cepat membuat jantung aktif memompa darah ke seluruh tubuh secara stabil sehingga mengurangi risiko penyakit jantung dengan metabolisme yang aktif.

4. Mengurangi risiko dimensia.

Aliran darah yang teratur dan aktif dapat mengalirkan nutrisi dan menjalankan fungsi organ tubuh dengan baik, salah satunya adalah otak. Kebiasaan melakukan jalan cepat dapat menyehatkan otak sehingga mengurangi resiko dimensia.

5. Memperbaiki mood.

Melihat pemandangan yang berbeda dari keseharian di dalam rumah, bercengkerama saat berjalan cepat bersama keluarga atau tetangga memberikan relaksasi dan refreshment bagi psikis. Terciptanya rasa bahagia melepaskan hormon endorhpin akan membuat mood semakin baik untuk memulai aktivitas dan menjadi produktif setiap hari.

Jalan cepat di track lurus bersama keluarga bikin bahagia

Namun perlu dicatat juga bagi kita dalam melakukan jalan cepat dengan tepat untuk menghindari cedera. 

1. Pilih track lurus, hindari menanjak atau jalan terjal untuk meminimalkan risiko cedera

2. Lakukan pemanasan atau stretching singkat agar otot lebih fleksible untuk melakukan gerakan jalan cepat

3. Gunakan alas kaki yang nyaman seperti sepatu olahraga atau sandal yang empuk supaya tumit tidak terlalu lelah menopang tubuh dan bersentuhan dengan tanah

4. Pilih rute yang nyaman, seperti sekitar rumah, lapangan olahraga, wilayah khusus olahraga. Hindari jalan raya penuh asap karbonmonoksida yang justru merugikan untuk paru-paru

5. Lakukan bersama keluarga atau sahabat agar tercipta suasana menyenangkan dan bertukar cerita

Nah, jangan khawatir bilamana mencapai usia di atas 30 tahun. Ada alternatif jalan cepat yang membuat tubuh kita fit dan sehat. Kunci utamanya adalah bahagia, bilamana kita senantiasa bahagia dan bersyukur akan menjadikan kita semakin semangat dan sehat.

Selamat berolahraga!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red