Kita sebagai makhluk sosial tidak terlepas dari interaksi sosial antara hubungan individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Dalam hubungannya dengan manusia sebagai makhluk sosial, manusia selalu hidup bersama dengan manusia lainnya dan hidup bermasyarakat. Di mana kita saling membutuhkan satu sama lain, secara dinamika kita memiliki kebutuhan dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan individu lainnya.

Berdiskusi, sharing, cerita, tukar pikiran, ide maupun gagasan merupakan bentuk interaksi sosial, di mana semua kalangan baik muda maupun tua melakukannya dan saling membutuhkan. Menjalin hubungan pertemanan atau bergaul dengan orang yang lebih muda, sebaya/seumuran, maupun lebih tua/senior masing-masing mempunyai pandangan dan manfaat yang beragam pula.

Nah, bagaimana kalau kamu termasuk orang yang senang bergaul dengan orang yang usianya lebih tua dari kamu? Jika iya, banyak manfaat yang kamu dapatkan lho guys! Tapi yang dimaksudkan orang yang lebih tua di sini adalah orang-orang positif yang bisa memberikan kebaikan ke dalam kehidupanmu ya guys.

Berikut manfaat bergaul dengan orang yang usianya lebih tua dari kita.

1. Bisa menjadi mentor hidup.

5 Manfaat bergaul dengan orang yang lebih tua dari kita

foto: pixabay.com

Bergaul dengan orang yang usianya lebih jauh berkisar 10 tahun ke atas dari kamu, bisa dijadikan mentor hidup kita alias guru pembelajaran hidup. Hal ini berbeda dengan sebutan senior ya guys.

Kenapa disebut mentor? Karena mereka sudah merasakan pahit manisnya kehidupan dan mengalami jatuh bangun dari sektor ekonomi, hubungan asmara, dan sebagainya. Ya intinya mentor itu sudah banyak pengalaman dari kamu. Jadi kita bisa belajar dari mereka, sharing, tukar pikiran, bahkan meminta solusi atau masukan bersama orang yang lebih tua dan berpengalaman.

2. Wawasan kita bertambah luas.

5 Manfaat bergaul dengan orang yang lebih tua dari kita

foto: pixabay.com

Mendengarkan, tukar pikiran dengan orang yang lebih tua dari kamu akanmembuat wawasan bertambah luas. Misal saat bertukar pikiran, berpendapat dalam suatu konteks persoalan akan melahirkan perspektif/pandangan yang beragam pula. Buat kamu yang muda dan belum memiliki banyak pengalaman, pasti cara pandangmu berbeda dengan orang yang lebih tua dan berpengalaman. Dari sini kita banyak belajar dari mereka soal perspektif/pandangan mereka serta cara menyikapi persoalan dengan lebih baik.

3. Kosa kata kita makin bertambah.

5 Manfaat bergaul dengan orang yang lebih tua dari kita

foto: pixabay.com

Dengan berjalannya waktu seiring kita bergaul dengan orang yang lebih tua, tanpa disadari kosa kata kita makin bertambah loh guys. Tidak hanya bertambah kosa kata saja, namun pemilihan kata/diksi untuk disampaikan ke lawan bicara juga lebih teratur dan rapi. Ini sangat berguna buat kamu yang ingin berlatih untuk public speaking, bertemu dengan client, meeting dengan orang-orang hebat, interview, bahkan berbicara di depan kamera.

4. Hubungan pertemanan lebih tulus.

5 Manfaat bergaul dengan orang yang lebih tua dari kita

foto: pixabay.com

Kenapa demikian? Karena kebanyakan orang yang lebih tua dari kita untuk mau berteman kepada yang lebih muda tidak menginginkan sesuatu, memanfaatkan kita, atau mempunyai niat terselubung. Mereka hanya ingin mempererat tali silaturahmi hubungan pertemanan dan bahkan tidak sungkan-sungkan untuk membantu jika kita memerlukan bantuan.

5. Jaringan pertemanan kita lebih luas.

5 Manfaat bergaul dengan orang yang lebih tua dari kita

foto: pixabay.com

Yap, tentu dong kita akan mempunyai jaringan/relasi teman yang lebih luas. Di saat bergaul dengan orang yang lebih tua dari kita, kerap kali kita diperkenalkan oleh teman masa kecilnya, anggota organisasinya, kerabat maupun saudaranya. Dari situlah teman kita terus bertambah dan tentunya dengan ilmu dan pengalaman yang kita dapatkan dari mereka.

Nah, seru kan bergaul dengan orang yang lebih tua dari kita? Ternyata banyak manfaatnya ya guys. Jadi, masih ragu untuk bergaul dengan mereka? Yuk mari berteman dan bergaul positif dengan mereka yang usianya jauh di atas kamu karena bisa membuka pikiranmu menjadi lebih terbuka alias open minded lho, dan punya pemikiran dari segala perspektif yang berbeda.

Ayo lakukan perubahan kebaikan. Semangat hari ini dan semoga harimu menyenangkan ya Guys!