Di zaman modern ini listrik sudah menjadi kebutuhan utama. Mati lampu membuat beragam aktivitas menjadi tertunda. Di Indonesia, mati listrik termasuk dalam blackout terburuk di dunia dalam 50 tahun terakhir.

Contohnya beberapa waktu lalu di wilayah Jabodetabek terjadi pemadaman listrik massal yang mengakibatkan kerugian besar antara lain:

- Direktur pengadaan strategis II PLN Djoko Raharjo Abumanan memprediksi kerugian yang ditanggung perusahaan berkisar antara Rp90 miliar.

- Wakil ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta Sarman simanjorang memperkirakan kerugian sektor usaha dan layanan publik akibat listrik padam bisa mencapai triliunan rupiah

- Kerugian yang dialami PT MRT Jakarta akibat pemadaman listrik mencapai Rp507 juta. MRT Kehilangan 52.898 penumpang selama listrik padam

- Ketua umum asosiasi usaha mikro, kecil, dan menengah/UMKM Indonesia (akumindo) Ikhsan ingratubun mengklaim omzet UMKM ambruk hingga 75% akibat pemadaman listrik

- Asosiasi pengusaha ritel Indonesia (APRINDO) mencatat potensi kerugian anggota mereka akibat pemadaman listrik mencapai Rp90 miliar-Rp 100 miliar setiap 6 jam pemadaman listrik.

Berikut ini kasus pemadaman listrik terbesar sepanjang sejarah di Indonesia.

1. 13 April 1997.

Pemadaman listrik parah terjadi di Jawa dan Bali pada 13 April 1997. Pemadaman terjadi serentak dimulai sekitar pukul jam 10.15 WIB hingga 3 jam kemudian. Listrik kembali padam untuk kedua kalinya pada pukul 17.00-20.00 WIB.

2. 12 September 2002.

Saat itu listrik padam selama 2 hari. Pemadaman listrik terjadi akibat kerusakan jaringan transmisi saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) 500 KV Jawa-Bali. Jalur Cilegon-Cibinong-Saguling satu-satunya jaringan penghubung daya dari PLTU Paiton di Jawa Timur ke Jawa Barat terganggu.

3. 18 Agustus 2005.

Pada 2005 listrik padam juga kembali terjadi di Jawa dan Bali, tepatnya 18 Agustus sekitar pukul 09.00 WIB. Pasokan listrik wilayah Jawa-Bali mendadak putus. Penyebab pemadaman listrik secara serentak itu akibat kerusakan jaringan transmisi Sutet 500 KV Saguling, Cibinong, dan Cilegon. Sama halnya kasus mati listrik pada tanggal 12 September 2002.

4. September 2018.

Peristiwa pemadaman listrik pada September 2018 di wilayah Jawa Timur terjadi secara parsial dan hanya wilayah Jawa Timur saja yang mengalami dampak pemadaman. Pada saat itu listrik padam disinyalir akibat ada gangguan di PLTU Paiton.

5. 4 Agustus 2019.

Baru-baru ini listrik padam terjadi di sejumlah wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten pada Minggu, 4 Agustus 2019. Pemadaman listrik terjadi akibat kerusakan jaringan transmisi saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) 500 KV Jawa-Bali.

Nah, itulah beberapa kasus pemadaman listrik terbesar dalam sejarah Indonesia. Media asing pun sempat memberitakan kejadian pemadaman listrik di Indonesia.