×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Jenis seafood unik ini wajib dicicipi pencinta makanan laut

0

N/A

5 Jenis seafood unik ini wajib dicicipi pencinta makanan laut

Bosan dengan menu seafood yang itu-itu saja, tak ada salahnya kamu mencoba seafood unik berikut ini.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Yeni Endah

15 / 01 / 2019 09:52

Seafood atau makanan laut adalah sebutan untuk makanan berupa hewan dan tumbuhan laut yang ditangkap, dipancing, diambil dari laut maupun hasil budidaya.

Untuk pencinta seafood, pasti kamu akan sering berburu dan menikmati aneka jenis seafood yang ada. Kalau bosan dengan menu seafood yang itu-itu saja, tak ada salahnya kamu mencoba 5 jenis seafood ini.

1. Teripang.

5 Jenis seafood unik ini wajib dicicipi pencinta makanan laut

Foto: Dapur kita

Loading...

Teripang adalah hewan tak bertulang belakang yang memiliki bentuk seperti mentimun. Oleh sebabnya ia juga biasa disebut sebagai mentimun laut. Teripang memiliki tekstur daging kenyal seperti kikil, dengan rasa yang sangat gurih. Karena tubuh teripang tak terlalu besar, tak banyak dari bagian tubuhnya yang harus dibersihkan.

Jika teknik pengolahannya salah, rasa masakan bisa berubah jadi amis. Menu sajian teripang ini bisa ditemukan di restoran China yang ada di Indonesia. Namun ia juga biasa dijadikan kerupuk di daerah Jawa Timur.

 

2. Undur-undur.

5 Jenis seafood unik ini wajib dicicipi pencinta makanan laut

Foto: Cookpad.com

Hewan yang sering mondar mandir di pantai sambil bergerak mundur ini juga banyak penikmatnya di Indonesia. Undur-undur biasanya digoreng dan tersaji bersama sambal favorit. Meskipun kulitnya sedikit keras seperti udang, seluruh bagian tubuh undur-undur ini bisa dimakan tanpa harus dikupas.

Undur-undur goreng memiliki rasa sedikit asin, tapi sangat gurih dan renyah. Undur-undur memiliki kandungan Omega-3 yang tinggi sehingga baik untuk tubuh.

 

3. Telur ikan terbang.

5 Jenis seafood unik ini wajib dicicipi pencinta makanan laut

Foto: Food detik.com

Ikan terbang bukanlah menu makanan asing yang disajikan di luar negeri. Di Makassar, bukan cuma ikan terbang saja yang disajikan, tetapi juga telurnya. Telur ikan terbang ini menjadi masakan yang tak kalah enak dibandingkan telur ikan salmon, yang biasa tersaji di restoran sushi. Telur ikan terbang atau yang biasa disebut tuing tuing ini dikonsumsi dalam bentuk acar yang memiliki cita rasa asam dan segar.

 

4. Ikan buntal.

5 Jenis seafood unik ini wajib dicicipi pencinta makanan laut

Foto: Paling seru.com

Ikan buntal atau ikan fugu adalah ikan berbentuk bulat gendut yang memiliki duri menonjol di seluruh tubuhnya. Tak hanya di Jepang, ikan buntal ini juga disajikan di beberapa restoran sushi di Jakarta.

Ikan buntal yang memiliki kadar racun beratus kali lipat dibanding sianida ini harus diolah secara tepat. Oleh karena itu tak semua orang dapat memasaknya secara cuma-cuma. Ikan buntal biasanya disajikan dalam bentuk sashimi, ditemani dengan kecap asin sebagai sausnya. Sashimi ikan buntal ini tak jauh berbeda rasa dengan salmon sashimi, lho. Namun teksturnya yang tipis membuat ikan buntal ini lebih chewy ketika dimakan.

 

5. Gurita.

https://cdn-brilio-net.akamaized.net/community/content_image/2019/01/15/image_1547506479_5c3d132f88458.jpg

Foto: Wikihow

Gurita bisa dimakan langsung dalam keadaan mentah. Cara menyantapnya, kamu harus iris tipis dulu, lalu campurkan perasan jeruk nipis, santan, dan kelapa goreng. Lagi-lagi, kamu bisa menikmatinya dengan kasoami dan nasi.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red