×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Jenis olahraga pada masa pandemi, mudah dilakukan dan sehat

0

Olahraga

5 Jenis olahraga pada masa pandemi, mudah dilakukan dan sehat

Olahraga pada masa pandemi sangat dianjurkan untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap sehat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fadhil AM

15 / 07 / 2021 19:42

Covid-19 merupakan virus yang berasal dari negara Cina dan dapat menyebabkan gangguan saluran pernapasan. Virus ini sudah hampir menyebar di seluruh bagian dunia, dan Indonesia merupakan salah satu yang masih menghadapi virus Covid-19 ini. Virus ini juga dikenal dengan sebutan virus Corona. Virus Corona adalah salah satu virus yang mematikan, terlebih lagi jika orang yang terpapar virus ini adalah lansia dan orang yang memiliki komplikasi penyakit lainnya. Virus Corona terdapat beberapa macam, di antaranya sebagai berikut:

1. Virus B.1.1.7 yang disebut Alpha ditemukan di Inggris.

2. Virus B.1.351 yang disebut Beta ditemukan di Afrika Selatan.

3. Virus P.1 yang disebut Gamma ditemukan di Brazil.

4. Virus B.1.617.2 disebut Delta ditemukan di India.

Loading...

5. Virus B.1.427/B.1.429 disebut Epsilon ditemukan Amerika.

6. Virus P.2 disebut Zeta ditemukan di Brazil.

7. Virus B.1.525 disebut Eta ditemukan di Inggris.

8. Virus P.3 disebut Theta ditemukan di Filipina.

9. Virus B.1.526 disebut Iota ditemukan di New York.

10. Virus B.1.617.1 disebut Kappa ditemukan di India.

Oleh karena, itu kita tidak boleh menyepelekan virus ini. Untuk mencegah terpapar dan meningkatkan imunitas tubuh, kita dapat mentaati protokol kesehatan, hidup sehat, serta diiringi oleh olahraga teratur.

Untuk menjaga imunitas tubuh tetap sehat tidak cukup dengan makan makanan yang bergizi saja, tetapi kita juga harus mengiringinya dengan olahraga yang teratur.

Uang tidak menjadi faktor utama untuk tidak berolahraga sebab kita dapat berolahraga dengan gratis kapan saja dan di mana saja. Selain menjaga imunitas, berolahraga juga punya banyak manfaat, di antaranya menjaga berat badan, mengurangi risiko terkena penyakit lain, badan terlihat atletis, meningkatkan semangat hidup, tentunya mengurangi risiko dari terpaparnya virus Corona. Tetapi olahraga tidak menjadi jaminan untuk terhindar dari virus Corona. Meskipun begitu kita harus tetap menaati protokol kesehatan yang berlaku, di antaranya memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Selain itu, kita juga harus tetap menjaga pola makan dan istirahat yang cukup.

Pada masa pandemi ini, kita harus melakukan kegiatan positif contohnya berolahraga. Jenis-jenis olahraga yang dapat dilakukan pada masa pandemi di antaranya sebagai berikut.

1. Bersepeda.

Bersepeda dapat dilakukan di pagi hari dan di sore hari. Disarankan bersepeda minimal dilakukan 30 menit dan maksimal 120 menit. Selain menyehatkan, bersepeda juga dapat menghilangkan stres karena kita dapat melihat pemandangan dan menikmati udara disepanjang jalan. Olahraga ini cocok untuk semua usia karena olahraga ini mudah dilakukan.

2. Lari.

Sama halnya dengan bersepeda dapat dilakukan di pagi hari dan di sore hari. Berlari disarankan minimal 15 menit, berlari Selain menyehatkan berlari juga dapat menghilangkan stres karena kita dapat melihat pemandangan dan menikmati udara disepanjang jalan. Olahraga ini lebih ekonomis, sehingga sangat cocok bagi semua kalangan. Anjuran untuk olahraga lari ini dapat dilakukan 2-3 kali dalam seminggu sudah baik untuk kesehatan kita, tetapi jika berlebihan mungkin tidak terlalu baik mendapatkan manfaatnya.

3. Lompat tali.

Olahraga yang sangat fleksibel karena dipat dilakukan di satu tempat, dan mudah dilakukan. Olahraga ini disarankan minimal 5 menit dalam 1 hari. Lompat tali bermanfaat untuk meningkatkan koordinasi tubuh, menjaga kesehatan jantung serta menguatkan otot kaki.

4. Senam aerobik.

Merupakan jenis olahraga yang mudah dilakukan serta memiliki banyak manfaat untuk membugarkan badan. Senam aerobik juga dapat meningkatkan fungsi pernapasan dan jantung. Senam aerobik disenangi oleh berbagai kalangan, terutama kaum wanita.

5. Latihan rumahan.

Biasa disebut juga dengan workout. Latihan rumahan banyak gerakannya, setiap gerakan memiliki tingkat kemudahan yang berbeda beda, di antaranya push up, pull up, sit up, squat, burpee, chin up, high knee, jumping jack, mountain climb, plank, kayang, sikap lilin, lari di tempat, dan lain-lain. Biasanya, latihan rumahan ini dilakukan dengan minimal 5 gerakan, 12-15 repitisi, dan 3 set dalam 1 hari.

Jika dilakukan dengan baik dan benar serta konsisten, dengan berolahraga imunitas tubuh kita akan meningkat dan menjadi lebih sehat. Sehingga dengan imunitas yang kuat secara tidak langsung kita sudah mencegah terpapar virus Corona. Namun, perlu diingat, berolahragalah sesuai kemampuan dan jangan terlalu berlebihan.

Pandemi Covid-19 ini bukanlah halangan untuk berolahraga, tetapi justru menjadi motivasi lebih untuk menyangi dan meningkatkan kebugaran badan. Olahraga dapat dilakukan di mana saja, dapat dilakukan di dalam rumah maupun di luar rumah. Namun, jika melakukan kegiatan olahraga di luar rumah harus tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk mencegah berkembangbiaknya virus Corona.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red