Perkembangan teknologi membawa banyak perubahan dalam hidup manusia. Salah satunya adalah bagaimana suatu pekerjaan dilakukan. Saat ini sudah banyak lho teknologi yang mulai menggantikan manusia untuk melakukan beragam pekerjaan.

Salah satu teknologi tersebut adalah teknologi kecerdasan buatan yang mulai menggantikan beberapa pekerjaan manusia seperti pekerjaan administratif hingga pekerjaan yang cukup kompleks seperti penilaian kelayakan pinjaman bank. Melihat perkembangan drastis ini, lembaga konsultan manajemen McKinsey bahkan memperkirakan ada 400 juta hingga 800 juta orang yang akan kehilangan pekerjaan di tahun 2030.

Eits, meskipun terkesan suram, kamu bisa kok mempersiapkan diri untuk menghadapi persaingan nanti. Gimana caranya? Yuk simak 5 hal ini.

1. Wajib buat kamu mengasah kreativitas.

5 Hal yang perlu kamu miliki supaya tak kalah saing dari robot

Tak bisa dipungkiri bahwa kreativitas adalah keterampilan yang wajib dimiliki oleh semua orang. Dengan kreativitas, manusia bisa memecahkan masalah, menemukan gagasan baru, serta menciptakan perspektif segar.

Kreativitas ini sangat dihargai dalam dunia bisnis. Oleh karenanya kamu perlu mengasah kreativitasmu. Caranya mudah kok. Kamu bisa meningkatkan kreativitasmu dengan membaca artikel-artikel menarik dari Brilio lho.

2. Bangun personal brand lewat media sosial.

5 Hal yang perlu kamu miliki supaya tak kalah saing dari robot

Memiliki personal brand menjadi penting di zaman yang serba kompetitif ini. Saat ini cara terbaik membangun personal brand adalah dengan menggunakan media sosial secara bijak.

Jadi, janganlah kamu gunakan media sosial untuk hal-hal negatif seperti bullying atau hate speech. Justru, kamu perlu menunjukkan keunikanmu kepada dunia. Lambat laun orang akan mengenalmu karena keunikanmu ini. Alhasil berbagai peluang akan terbuka untukmu.

3. Bergaul dengan masyarakat internasional lewat dunia maya.

5 Hal yang perlu kamu miliki supaya tak kalah saing dari robot

Bergaul dengan orang yang berasal dari negara dan budaya lain membuat wawasan dan pemahaman kita akan dunia menjadi semakin luas.

Bergaul dengan orang dari luar negeri juga membuatmu terlatih berbahasa Inggris. Pengalamanmu ini akan menjadi bekal untukmu jika suatu saat kamu bekerja di luar negeri atau membangun perusahaan berskala internasional.

4. Bersosialisasilah karena yang mempekerjakanmu nanti adalah manusia.

5 Hal yang perlu kamu miliki supaya tak kalah saing dari robot

Meskipun kelak kamu akan bersaing dengan robot, kamu tetap akan bekerja untuk manusia kok. Karena itu, wajib hukumnya untuk kamu mengerti bagaimana menjalin relasi yang baik dengan sesama manusia.

Caranya adalah dengan bersosialisasi. Perbanyak teman serta sering-seringlah ikut dalam kegiatan-kegiatan sosial. Hal sederhana seperti ini tak bisa ditiru oleh robot.

5. Gerakkan orang lain lewat visi.

5 Hal yang perlu kamu miliki supaya tak kalah saing dari robot

Robot dan teknologi kecerdasan buatan mungkin bisa mengunggulimu dalam hal berhitung, input, dan analisis data, atau memproses informasi. Namun, sebagai manusia kamu punya satu hal yang membuatmu unggul dari robot.Kamu punya visi. Visi ini adalah impian jangka panjang yang ingin kamu wujudkan. Wujudnya bisa beragam seperti mendirikan start up atau menemukan teknologi tepat guna. Lewat visi ini kamu bisa memotivasi orang untuk bergerak mewujudkan tujuan bersama.

Itulah 5 hal yang perlu kamu siapkan agar kelak kamu tak kalah jika harus bersaing dengan robot. Ayo kita persiapkan sekarang.