Mendaki gunung saat ini sudah menjadi salah satu sarana rekreasi yang banyak digemari orang. Alasannya beragam, bisa karena keindahan alam ataupun misteri yang ada dibalik gunung tersebut. Apalagi saat berhasil mencapai puncaknya, hal itu akan menimbulkan kebanggaan dan kepuasan tersendiri bagi setiap pendaki.

Inilah 5 gunung yang punya biaya pendakian termahal di dunia

sumber :highmountainguides.com

Namun dibalik semua itu, ada banyak hal yang harus dikorbankan, mulai dari waktu, mental, fisik, serta materi. Bahkan banyak orang yang tak segan-segan mengeluarkan banyak uang untuk menggapai puncak sebuah gunung. Hal itu disebabkan oleh berbagai macam faktor, bisa karena akses transportasi yang sulit, harga logistik yang sangat mahal, kondisi ekonomi serta keamanan di daerah sekitar gunung tersebut, dan masih banyak faktor penyebab lainnya.

Dilansir dari mountainplanet.com (27/07), inilah daftar 5 gunung dengan biaya pendakian termahal di dunia. Dimulai dari yang terbawah ya.

5. Cho-Oyu, Tibet (USD 23.500 / Rp 329 juta).

Inilah 5 gunung yang punya biaya pendakian termahal di dunia

sumber :americanalpineclub.org

Cho-Oyu merupakan gunung tertinggi keenam di dunia. Gunung ini berada di kawasan Himalaya dengan ketinggian 8.201 meter di atas permukaan laut (mdpl). Cho-Oyu mendapat rekomendasi sebagai gunung yang paling mudah diakses di antara gunung lain yang memiliki tinggilebih dari8.000 mdpl.

4. Cartenz Pyramid, Indonesia (USD 26.500 / Rp 371 juta).

Inilah 5 gunung yang punya biaya pendakian termahal di dunia

sumber : pinterest.com

Sebutanlain dari gunung ini adalah Puncak Jaya yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl dan menjadi puncak tertinggi di pengunungan Jaya Wijaya, Provinsi Papua. Mahalnya biaya pendakian ke Cartenz Pyramid disebabkan oleh kondisi keamanan, akses transportasi yang sulit, dan harga logistik yang teramat mahal.

Namun jika pendaki berasal dari Indonesia, biaya yang dikeluarkan relatif lebih murah bahkan tidak mencapai setengah harga yang telah disebutkan di atas. Informasi ini dapat dilihat di beberapa website tour guide Indonesia yang menyediakan paket pendakian ke Cartenz Pyramid.

3. Vinson Massif, Antartica (USD 41.000 / Rp 574 juta).

Inilah 5 gunung yang punya biaya pendakian termahal di dunia

sumber :alphatv.gr

Ini merupakan puncak tertinggi di Antartica dengan ketinggian 4.892 mdpl. Pendakian yang disebutkan memerlukan persiapan yang sangat matang, fisik dan mental yang ekstrem, bahkan mampu menyediakan peralatan, perlengkapan, serta logistik dengan kualitas yang terbaik. Dengan cuaca dingin yang sangat extrem, pendaki diharuskan membawa beban yang sangat berat selama 10 sampai 12 hari.

2. Everest, Nepal (USD 55.000 / Rp 770 juta).

Inilah 5 gunung yang punya biaya pendakian termahal di dunia

sumber :adventure.howstuffworks.com

Gunung yang menduduki posisi sebagai puncak tertinggi di dunia, 8.848 mdpl, menjadi gunung teratas dalam rangkaian ekspedisi7 Summits dan Eight Thousanders. Pendakian biasanya memakan waktu kurang lebih 60 hari, beberapa hari di antaranya adalah persiapan untuk aklimatisasi atau penyesuaian suhu tubuh. Mencapai puncak gunung Everest adalah impian bagi sebagian besar pendaki di dunia. Sudah ada kurang lebih 7000 orang yang berhasil mencapai puncaknya setelah pencapaian pertama oleh Edmund Hillary pada tahun 1953.

1. Mount Sidley, Antartica (USD 56.000 / Rp 784 juta).

Inilah 5 gunung yang punya biaya pendakian termahal di dunia

sumber :volcanicsevensummits.it

Gunung ini adalah gunung berapi tertinggi Antartika dengan ketinggian 4.285 meter dan salah satu gunung yang termasuk ke dalamVolcanic 7 Summits. Ekspedisi ke Gunung Sidley dianggap sebagai salah satu tantangan petualangan yang tersulit. Gunung Sidley adalah lokasi yang jarang dikunjungi di Antartika Barat dengan lapisan es di daerah itu yang tebalnya mencapai 3 km. Bepergian ke Mount Sidley membutuhkan logistik yang sangat serius. Seluruh ekspedisi membutuhkan waktu kurang lebih 15 hari dan pendaki harus sehat secara fisik untuk berjalan melintasi medan yang berangin dengan suhu -40C atau bahkan lebih.

Itulah daftar pendakian gunung termahal di dunia. Siapa tahu kamu tertarik untuk berpetualang ke beberapa gunung tersebut.