×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Faktor ini bisa jadi penyebab bau badan tidak sedap

0

Kesehatan

5 Faktor ini bisa jadi penyebab bau badan tidak sedap

Meski sudah rajin mandi dan memakai deodorant, 5 faktor ini dapat menjadi pemicu bau badan tidak sedap.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Diani Nur Fatimaisha

09 / 12 / 2019 13:55

Kamu mungkin pernah mengalami masalah bau badan padahal sudah rajin mandi dan memakai deodorant. Selain menurunnya rasa percaya diri, aroma tidak sedap yang timbul juga bisa membuat orang sekitar merasa tidak nyaman.

Ternyata, bau badan tidak hanya disebabkan oleh bakteri, loh! Ada beberapa faktor yang mungkin tidak kamu sadari dan malah membuat aroma tidak sedap semakin betah menempel di tubuh kamu. Kira-kira apa saja ya penyebabnya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

1. Makanan yang dikonsumsi.

Sadar atau tidak, makanan yang kita konsumsi bisa menjadi pemicu utama timbulnya aroma tidak sedap. Tidak hanya pada badan, namun juga pada mulut dan kaki. Seperti kata pepatah, you are what you eat, yang artinya kamu adalah apa yang kamu makan.

Kari, bawang merah, dan bawang putih adalah penyebab populer dari bau badan karena zat alisin yang terkandung di dalamnya. Kandungan sulfur dan sulfida pada brokoli, kubis, dan sayur lain dalam keluarga cruciferous juga dapat menyebabkan keringat yang diproduksi tubuh berbau tak sedap.

Loading...

2. Mengonsumsi obat-obatan tertentu.

Beberapa obat tertentu memiliki efek samping, salah satunya yaitu membuat tubuh memproduksi keringat berlebih. Obat-obatan yang dimaksud antara lain aspirin dan acetaminophen. Selain itu, mengonsumsi obat antipsikotik dan antidepresan dapat menyebabkan bau badan tidak sedap.

3. Penyakit.

Coba perhatikan kondisi kesehatanmu, bisa jadi keringat berlebih muncul akibat penyakit seperti diabetes. Pengidap diabetes tingkat tinggi akan mengalami kesulitan dalam mengontrol gula darah, sehingga untuk mengganti glukosa, tubuh memanfaatkan lemak sebagai bahan bakar pengganti. Nah, proses ini akan menghasilkan senyawa bersifat asam dalam jumlah yang cukup banyak.

Selain diabetes, penyakit lain yang dapat menyebabkan bau badan adalah liver, gagal ginjal, kadar gula darah rendah, dan disfungsi metabolisme.

4. Infeksi.

Bau badan dapat disebabkan oleh kulit yang terinfeksi. Bakteri yang terdapat pada kulit terinfeksi akan menghasilkan keringat berurea, di mana keringat inilah yang menjadi penyebab bau badan tidak sedap.

5. Genetik.

Faktor internal dari masalah bau badan ialah gangguan genetik. Trimethylaminuria merupakan salah satu penyakit genetik langka di mana terganggunya metabolisme yang menyebabkan tubuh mengeluarkan senyawa kimia trimethylaminuria. Senyawa tersebut tidak dapat dipecah oleh tubuh sehingga menimbulkan bau badan tidak sedap meskipun badan sedang tidak berkeringat.

Bau badan jenis ini tidak bisa dihilangkan hanya dengan mandi dan memakai deodorant. Bahkan dunia medis sekali pun belum menemukan pengobatan yang tepat untuk menyembuhkan penyakit ini. Penyakit genetik ini kebanyakan dialami oleh wanita.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red