Travelling merupakan hal yang menyenangkan. Saat kamu berjalan ke suatu tempat menikmati pemandangan, pasti ada barang-barang yang harus kamu bawa dan bersifat berharga seperti uang serta smartphone mungkin saja hilang atau terjadi hal yang tak diinginkan lainnya.

Nah, dirangkum dari brightside.me, berikut ini beberapa cara mudah tapi aman buat kamu yang sedang bepergian.

1. Ingat sesuatu yang kotor di hotel

5 Cara simpel buat travelers agar aman, sehat dan hemat waktu

Jika kamu travelling dan menginap di hotel, ingatlah untuk waspada mengenai kebersihan sekalipun sudah ada petugas yang membersihkan kamar hotel. Ada baiknya kamu berjaga-jaga agar tidak tertular penyakit yang tidak diketahui. Benda-benda kecil seperti remote TV yang pasti silih berganti digenggam oleh penghuni kamar sebelumnya, kemungkinan luput dari pantauan petugas hotel karena mereka hanya fokus membersihkan kasur dan lantai kamar.

2. Salin dokumen penting

5 Cara simpel buat travelers agar aman, sehat dan hemat waktu

Ingatlah juga untuk menyalin dokumen penting yang mempertaruhkan status kamu saat bepergian utamanya ke luar negeri. Salinlah passport dan dokumen penting lain agar kamu tidak kesulitan mengurusnya nanti jika terjadi hal yang tak diinginkan.

3. Hindarimelakukan pembayaran dengan kartu ATM

5 Cara simpel buat travelers agar aman, sehat dan hemat waktu

Telah adaaplikasi Google Pay untuk android dan Apple Pay untuk pengguna iOS yang bisa melakukan pembayaran tanpa harus menggunakan kartu ATM kamu secara langsung. Sebab, ditakutkan jika data kartu kamu dicuri orang yang tak bertanggung jawab. Bila perlu bahakan bayarlah dengan uang tunai.

4. Makan di tempat yang ramai

5 Cara simpel buat travelers agar aman, sehat dan hemat waktu

Ketika travelling, kamu pasti juga butuh makan dong. Jika kamu melakukan travelling di tempat yang jauh dan ingin makan, ada baiknya kamu makan di tempat yang memang ramai orang setempat makan. Jangan asal memilih tempat karena takutnya berpengaruh terhadap kesehatanmu.

5. Berpakaian sesuai dengan tempat yang kamu kunjungi

5 Cara simpel buat travelers agar aman, sehat dan hemat waktu

Poin ini juga berguna bagikeselamatan kamu. Jika kamu bepergian ke suatu tempat apalagi travelling ke luar negeri, ada baiknya kamu memakai pakaian sesuai dengan tempat yang kamu kunjungi. Hal ini dimaksudkan untuk menghindarkanmu dari orang yang ingin berbuat jahat. Kamu kemungkinan akan luput dari pandangansebab penampilanmu sama dengan warga lokal.