Merawat tubuh sama pentingnya jika kamu merawat tumbuhan atau mungkin barang-barang yang kamu punya. Tujuannya agar terlihat bagus dan tetap memiliki fungsi yang baik. Sama halnya tubuh juga perlu dirawat dengan baik.

5 Cara merawat tubuh agar terlihat cantik dan sehat

Dengan kesibukan yang kamu jalani terkadang lupa kalau ternyata tubuh pun perlu dirawat. Ibaratnya tubuh perlu di-service. Caranya bisa bermacam-macam, mungkin dengan istirahat atau refreshing agar tubuh tetap terjaga kondisinya dengan baik. Berikut beberapacara yang bisa kamu lakukan.

1. Jagalah cairan tubuhmu.

Minumlah paling sedikit 6-8 gelas air (sekitar 240 ml per gelas) setiap hari. Air membantu membersihkan dan menghilangkan noda atau flek pada kulit, serta membuatnya tampak berkilau. Selain itu pola minum tersebut membantu mencegah water weight, fenomena yang terjadi ketika tubuh mengalami dehidrasi dan menyimpan lebih banyak cadangan air.

2. Makan dengan baik dan konsumsi jenis makanan yang sehat.

Melewatkan jam makan merupakan salah satu hal terburuk yang dapat menyiksa dirimu sendiri. Selain itu, kebiasaan tersebut justru bisa menaikkan berat badanmu karena tubuh akan memasuki modus perut kosong.

Cobalah makan sebanyak 3 kali sehari dan nikmati 2-3 sesi camilan di antara setiap jam makan. Pastikan kamu mengonsumsi jenis makanan bergizi seimbang yang mencakup gandum sehat, daging rendah lemak, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Jika kamu adalah seorang vegetarian, kamu bisa mendapatkan asupan protein dari telur, produk susu, dan kacang-kacangan. Untuk vegan, kamu bisa mendapatkan asupan protein dari kacang-kacangan dan produk kedelai. Cobalah untuk mengonsumsi daging, telur, dan produk susu sesekali karena tubuhmu masih mengalami perkembangan.

3. Berolahragalah untuk menjaga kebugaran tubuh dan memperbaiki suasana hati.

Kamu tidak lantas harus pergi ke pusat kebugaran dan mulai berlatih mengangkat beban. Olahraga sederhana seperti berjalan kaki selama 30 menit pun bisa membantu menjaga kebugaran tubuhmu. Selain menyehatkan, kamu juga bisa menyegarkan dan merilekskan pikiran. Bahkan, kamu mungkin merasa lebih tenang dan tidak begitu tertekan setelah berolahraga.

Jika kamu tidak begitu senang berjalan santai, cobalah lakukan aktivitas lain yang disukai, seperti tari jazz, balet, olahraga, seni bela diri, jogging, atau bahkan yoga. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, bersabarlah dan cobalah untuk tidak terlalu khawatir. Banyak perempuan yang mengalami perubahan berat badan pada masa pubertas. Selain itu, penurunan berat badan juga membutuhkan waktu.

4. Tidurlah dengan cukup selama 8 hingga 9 jam setiap malam.

Meskipun terkesan terlalu lama, hal ini penting untuk dilakukan. Inilah mengapa tidur malam disebut dengan istilah 'tidur cantik'. Kurang tidur dapat menimbulkan masalah yang lebih dari sekadar munculnya kantung mata. Selain itu, kurang tidur bisa menyebabkan perubahan suasana hati, depresi, atau kecemasan. Kulitmu juga akan tampak kusam dan berat badanmu akan meningkat.

5. Cobalah untuk menerima dan merasa nyaman dengan diri sendiri.

Banyak perempuan yang merasa buruk, padahal sebenarnya mereka adalah sosok yang sangat cantik! Jika kamu merasa malu atau tidak nyaman dengan penampilanmu, cobalah bercermin dan carilah setidaknya satu aspek yang kamu sukai pada dirimu. Aspek tersebut tidak harus besar, dan dapat merupakan aspek yang sangat sederhana, seperti bentuk hidung, bintik-bintik di wajah, atau warna matamu. Bercerminlah setiap hari dan lemparkan pujian kepada dirimu sendiri. Dengan mendorong kepercayaan diri, kamu pada akhirnya akan berhenti melihat kekuranganmu dan mulai mengetahui kecantikan sejati yang kamu miliki. Sikap yang positif membantumu melihat hal-hal baik pada dirimu. Sementara itu, sikap yang negatif akan mendorongmu untuk melihat kekurangan-kekuranganmu saja.