×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Cara menerapkan Teknik Feynman agar kegiatan belajar lebih efektif

0

N/A

5 Cara menerapkan Teknik Feynman agar kegiatan belajar lebih efektif

Ilustrasi belajar / Foto: pexels.com

Teknik ini diciptakan oleh Feynman agar siswa lebih efektif dalam belajar.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Putri Novita Elisabeth

02 / 11 / 2021 14:33

Konon, setiap tempat adalah sekolah. Jadi, kamu bisa belajar kapan saja dan dari mana saja. Namun, terkadang muncul pertanyaan, dari sekian banyak informasi yang kamu terima setiap harinya, apakah kamu benar-benar telah belajar?

Kadang jika kamu diminta menjelaskan ulang suatu materi, kamu pun bingung bagaimana menjelaskan materi tersebut. Kegiatan belajarmu pun menjadi tidak optimal.

Debora Philips, seorang peneliti Amerika pernah berkata bahwa yang kamu alami ini adalah illusion of competence. Artinya, suatu kondisi kamu merasa sudah menguasai suatu hal yang belum kamu kuasai.

Nah, ada teknik belajar yang dapat membuatmu benar–benar paham setiap kali kamu belajar sesuatu. Jadi, tidak semua informasi disimpan di memori jangka panjang. Informasi yang kamu terima akan masuk lewat saringan–saringan. Mulai dari shorter memory (ingatan jangak pendek), lalu disaring dulu oleh working memory, sampai akhirnya ke memori jangka panjang.

Mari mulai dengan cara belajar yang aktif. Aktif di sini artinya adalah melatih ingatan dengan mencoba menjelaskan ulang atau bisa juga dengan mengelaborasikan ingatan yang kamu punya dengan informasi baru yang kamu dapat. Lalu, bagaimana caranya agar belajarmu menjadi lebih aktif?

Loading...

Caranya adalah dengan active recall. Selain itu, kamu dapat menggunakan teknik lain, yaitu Teknik Feynman. Teknik ini diciptakan oleh Richard P. Feynman, seorang ilmuwan dan pengajar fisika terkenal asal Amerika.

Menurut Feynman, cara terbaik untuk belajar sesuatu adalah dengan mencoba untuk mengajarkannya kepada orang lain. Mengapa? Karena dengan mengajarkan kepada orang lain, kamu akan berusaha untuk membuat dirimu paham terlebih dahulu, kemudian kamu baru dapat membantu orang lain.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan agar teknik Feynman ini bisa kamu lakukan.

1. Tentukan hal yang ingin kamu pahami.

2. Tulis ulang materi yang kamu pelajari dengan bahasa yang mudah kamu pelajari.

3. Lihat kembali hasil penjelasanmu. Sesuaikan dengan sumber yang kamu pilih.

4. Lakukan revisi. Pastikan kamu juga mengerti.

5. Jelaskan catatan materi yang sudah kamu tulis kepada orang lain.

Nah, sekarang kamu sudah punya teknik belajar yang efektif. Kamu bisa terapkan teknik ini untuk banyak hal, seperti materi sekolah, materi kuliah, materi kerja, atau materi kehidupan.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red