Cara belajar yang efektif kerap kali dilupakan oleh banyak orang. Saat ini sifat malas sering kali menghantui banyak orang. Hal inilah yang menyebabkan orang akan belajar jika diperlukan saja. Misalnya ketika ujian, keesokan harinya orang akan berlomba untuk belajar. Padahal cara tersebut bukanlah yang terbaik, justru bisa memicu risiko stres dan membuat kamu tidak maksimal saat mengerjakan soal.

Dalam belajar terdapat dua hal yang harus ditekankan, yaitu konsentrasi dan kerutinan. Ini merupakan cara belajar yang efektif dan membuatmu mampu memahami materi dengan baik. Belajar bukan masalah berapa lama kamu menghabiskan waktu membaca buku, namun bagaimana kamu bisa memahami materi dengan baik. Berikut akan dijabarkan beberapa cara belajar yang baik dan tepat.

1. Tentukan metode belajar yang tepat.

Banyak sekali metode yang bisa kamu pilih agar belajar bisa semakin efektif. Di antara banyak metode tersebut kamu harus memilih salah satu yang paling cocok dan mudah digunakan. Jika kamu mampu memilih metode belajar yang baik dan sesuai, maka proses belajar pun akan semakin efektif.

2. Belajar di tempat yang nyaman.

Pilihlah tempat belajar yang menurut kamu nyaman. Belajar tidak harus di kamar ataupun di sekolah. Kamu bisa memilih tempat yang nyaman seperti cafe, tempat nongkrong, dan lain sebagainya. Jika kamu merasa nyaman maka otak pun akan bekerja secara maksimal.

3. Belajar dengan disiplin.

Belajar dengan sistem kebut semalam merupakan metode yang salah. Akan lebih baik jika kamu belajar secara rutin dan disiplin. Sempatkan setiap malam untuk mengulas materi yang telah kamu pelajari sebelumnya. Dengan belajar secara disiplin, maka materi akan mudah dipahami.

4. Tentukan waktu belajar yang baik.

Agar belajar lebih efektif dan maksimal, maka kamu membutuhkan mood dan niat. Untuk itu tentukan waktu belajar yang tepat. Jangan biarkan tubuh lelah ketika belajar karena bisa mengakibatkan kamu kesulitan fokus pada materi tersebut.

5. Lakukan beberapa diskusi.

Agar lebih efektif, kamu bisa berdiskusi bersama anggota keluarga maupun teman. Dengan mengulas materi secara keseluruhan, maka proses pemahaman materi akan semakin dalam. Kamu bisa menemukan contoh-contoh sederhana yang bisa membuatmu mengingat materi dengan lebih baik.

Selain cara belajar efektif di atas, direkomendasikan juga sebuah tips belajar yang mudah dan bermanfaat. Nama dari tips belajar ini adalah teknik Podomoro. Pertama kamu tentukan terlebih dahulu mengenai topik yang ingin dipelajari. Kemudian aturlah jam selama 25 menit. Atur alarm untuk mengingatkan. Pelajari topik yang sudah dipilih selama 25 menit. Setelah 25 menit, kamu bisa istirahat selama lima menit. Lakukan pengulangan pada cara tersebut sebanyak empat kali. Setelah melakukannya empat kali, kamu bisa istirahat selama 30 menit kemudian menentukan topik yang lainnya.

Cara belajar seperti ini dinilai sangat efektif karena kamu bisa memfokuskan pikiran untuk memahami materi dengan baik. Ketika otak memiliki konsentrasi yang tinggi, maka materi akan mudah tersimpan di dalam otak. Dengan begitu maka materi akan bertahan di otak lebih lama dan bisa diingat terus. Hal ini akan membuat belajar kamu lebih berkualitas karena bukan hanya membaca saja, namun juga memahami.