×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Cara atasi cabin fever, penyakit akibat kelamaan terkurung di rumah

0

Kesehatan

5 Cara atasi cabin fever, penyakit akibat kelamaan terkurung di rumah

Berdiam diri terlalu lama di rumah dapat membuatmu terkena penyakit cabin fever.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Rusli Hidayat

05 / 05 / 2020 15:07

Virus Corona yang menyebar secara cepat membuat kita harus berdiam diri di rumah. Untuk mengurangi penyebaran pandemi Covid-19, pemerintah memberlakukan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah wilayah di Indonesia.

PSBB melarang orang-orang berkegiatan di luar rumah kecuali keadaan darurat. Lamanya masa isolasi diri dengan tidak pergi meninggalkan rumah selama berminggu-minggu membuat banyak orang dilanda sedih, gelisah, sampai merasa tertekan.

Dikutip dari situs Health line, aktivitas terlalu lama di dalam rumah dapat menimbulkan sebuah penyakit yang disebut cabin fever atau demam kabin. Cabin fever adalah perasaan jenuh yang muncul akibat terkurung di dalam rumah atau tempat apa pun.

Lalu, apa saja gejala cabin fever?

Gejala yang terjadi jika kamu mengidap cabin fever adalah merasa bosan, gelisah, lesu, sedih, depresi, mudah marah dan tersinggung, serta penyakit emosional yang lain bahkan bisa mengakibatkan putus asa. Selain menyerang emosi, cabin fever juga dapat mengakibatkan sulit bangun tidur dan membuatmu gemar makan.

Loading...

Penyembuhan.

Sebenarnya cara paling efektif menyembuhkan cabin fever adalah dengan cara berlibur. Tetapi mengingat Corona yang masih menyebar dengan cepat kita dilarang untuk berkaktivitas di luar rumah, ada beberapa cara mengatasi cabin fever di rumah menurut situs SehatQ.

1. Membawa “dunia luar” ke dalam rumah.

Misalnya dengan memberi makan hewan peliharaan, bercocok tanam di halaman rumah atau dengan menggunakan pot. Kegiatan tersebut bisa mengobati perasaan rindu dunia luar akibat virus Corona.

2. Buatlah rutinitas.

Jangan jadikan isolasi ini sebagai alasan untukmu bermalas-malasan. Misalnya, tetap bangun dan mandi di pagi hari supaya tubuh dan pikiran tetap terjaga. Kemudian bekerjalah di depan laptop layaknya kamu sedang berada di kantor, tapi tetap harus ingat jam istirahat.

3. Menjaga komunikasi.

Badan kesehatan dunia, World Health Organization (WHO) menegaskan pentingnya komunikasi di tengah masa pandemi virus Corona. Selama isolasi ini kamu tetap harus berkomunikasi dengan bertatap muka dan mengobrol melalui smartphone selama yang kamu inginkan dengan kekasih, sahabat, ataupun keluarga di luar kota.

Jangan remehkan kekuatan komunikasi di tengah masa darurat virus Corona ini. Sebab, tetap menjaga silaturahmi di tengah kecemasan bisa membuat kamu merasa tidak sendirian.

4. Berkreasi.

Ekspresikan segala sisi kreatif yang kamu punya, entah itu membuat lagu, melukis, ataupun hanya memasak resep terbaru yang selama ini kamu idam-idamkan. Menjaga otak tetap 'sibuk', bisa melawan rasa bosan dan kegelisahan akibat cabin fever yang mungkin kamu rasakan selama berdiam diri di rumah.

5. Berolahraga.

Berolahraga adalah salah satu cara paling ampuh dalam mencegah cabin fever. Tidak heran, berolahraga memang bisa membantu tubuh melepas hormon endorfin yang bisa mengurangi rasa stres tubuh. Olahraga yang bisa dilakukan di rumah misalnya senam, push up, sit up, dan masih banyak lagi olahraga lainnya.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red