×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Bagian tanaman kelapa ini dapat dikonsumsi manusia

0

N/A

5 Bagian tanaman kelapa ini dapat dikonsumsi manusia

Pohon kelapa di Indonesia mudah sekali ditemukan, dan jumlahnya sangat banyak. Tanaman ini juga bisa disebut sebagai nyiur.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

mkhoirula6

09 / 05 / 2019 10:35

Pohon kelapa di Indonesia mudah sekali ditemukan, dan juga sangat banyak jumlahnya. Tanaman ini juga bisa disebut sebagai nyiur. Setiap bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan bagi kehidupan manusia. Di antara beragam manfaat dari pohon kelapa, terdapat 5 bagian dari tanaman ini yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan pangan.

1. Air dari buah kelapa.

Air dari buah kelapa menjadi salah satu minuman yang menyegarkan dan juga bermanfaat bagi tubuh. Khasiat dari airnya bagi kesehatan juga banyak, tidak hanya menyegarkan saja ketika diminum. Buah yang memiliki air dengan rasa nikmat biasanya yang masih mudah atau dalam istilahnya sering disebut sebagai "degan". Dan jenis kelapa yang dikenal dengan rasa manisnya adalah kelapa hijau.

2. Daging buah kelapa.

Daging dari tanaman kelapa bisa dikonsumsi langsung atau diolah menjadi bahan makanan atau minuman. Namun, orang-orang biasanya akan mengonsumsi daging buah ini ketika masih muda atau disebut degan. Degan merupakan kondisi buah kelapa yang nikmat untuk dikonsumsi, dagingnya masih empuk, dan airnya juga masih segar dan manis. Ketika kelapa sudah tua, dagingnya juga bisa diolah menjadi santan dan dijadikan sebagai bahan campuran makanan atau minuman.

Loading...

3. Pangkal dari pucuk tanaman kelapa.

Bagian muda dari tanaman kelapa juga bisa dikonsumsi dan tentunya juga nikmat. Mungkin untuk orang yang tinggal di kota asing dengannya. Pucuk dari batang tanaman kelapa yang masih berwarna putih dan empuk terdapat pada pangkal pucuk tanaman. Di daerah Jawa sering disebut "pondoh" dan bisa dikonsumsi langsung. Bagian ini juga bisa diolah, yaitu dengan santan.

4. Bakal tunas.

Bakal tunas tanaman kelapa juga bisa dimakan oleh manusia. Bagian tersebut terdapat dalam buah kelapa yang sudah tua dan kering. Bentuknya seperti bola dengan warna putih kekuningan. Untuk menikmatinya, kamu bisa langsung mengonsumsinya setelah dibelah buahnya.

5. Air tetesan dari bunga.

Air tetesan dari bunga juga menjadi bagian lain dari tanaman kelapa yang bisa dikonsumsi. Bagian ini nantinya menjadi bahan mentah bahan baku gula kelapa. Dan ketika telah menjadi gula bisa dicairkan dan dicampurkan ke minuman dawet atau cincau, kolak, dan masih banyak yang lainnya.

Demikian sedikit penjelasan tentang pemanfaatan bagian-baiagan tanaman kelapa yang bisa dikonsumsi manusia. Mohon maaf jika ada kekurangan dan kesalahan tentang penjelasannya. Terima kasih!





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red