×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Alasan penderita asam urat tak boleh minum kopi, efeknya buruk

0

Kesehatan

5 Alasan penderita asam urat tak boleh minum kopi, efeknya buruk

Ini alasan kopi menjadi minuman pantangan bagi penderita asam urat.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

26 / 02 / 2019 13:50

Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat digemari oleh semua orang, apalagi di kalangan remaja. Dengan rasanya yang nikmat pastinya kopi sangat cocok untuk menemani waktu luangmu. Namun sangat disayangkan minuman ini sangat tidak cocok bila dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar purin yang kemudian menumpuk dan merusak sel sel tubuh di sekitar persendian. Nah, kopi mengandung kafein yang jika dikonsumsi juga bisa mempengaruhi kadar purin dalam tubuh sehingga akan membuat kondisi asam urat semakin parah.

5 Alasan penderita asam urat tak boleh minum kopi, efeknya buruk

Sumber: https://rheumapas.com/pantangan-asam-urat/ 

 

Berikut ini efek buruk lain dari kopi jika dikonsumsi oleh penderita asam urat:

Loading...

1. Penyempitan pembuluh darah.

Kopi mengandung kafein, jika dikonsumsi oleh penderita asam urat bisa membuat purin berubah menjadi kristal tajam di persendian yang kemudian akan memicu penyempitan pembuluh darah.

 

2. Merusak persendian dan tulang rawan.

Dampak lain kafein pada kopi juga bisa menyebabkan tulang rawan dan persendian menjadi rusak. Akibatnya sendi akan terasa linu bagaikan ditusuk oleh jarum dan sukar untuk digerakkan.

 

3. Meningkatkan lemak dalam tubuh.

Penderita asam urat disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi karena bisa meningkatkan lemak pada tubuh. Apalagi jika dibarangi dengan mengonsumsi makanan yang tinggi lemak, maka bisa meningkatkan risiko terkena komplikasi seperti diabetes dan stoke.

 

4. Peradangan sendi.

Peradangan sendi ini bisa tumbuh di sekitar sendi atau di bawah kulit. Hal ini bisa terjadi jika tubuh terlalu banyak menerima kafein. Biasanya kondisi ini terjadi pada mereka yang mengalami asam urat yang sudah kritis. Tentunya dengan sendi yang membengkak, maka akan menyebabkan penderita tidak bisa berjalan dengan benar. Oleh karena itulah disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan, khususnya bagi penderita asam urat.

 

5. Gangguan fungsi ginjal.

Telah kita tahu bahwa asam urat timbul karena pada tubuh kita memiliki kandungan purin yang tinggi. Nah, sama halnya seperti makanan yang menandung purin seperti jeroan dan lain-lain. Kopi juga bisa mempercepat penumpukan asam urat dan purin bisa mengendap di dalam ginjal. Sehingga fungsi ginjal menjadi tergangu dan bisa memicu penyaki ginjal.

Itulah dampak buruk kopi bagi penderita asam urat. Bagi kamu yang ingin tetap mengonsumsi kopi, sebaiknya cari kopi yang tanpa gula dan pilih jenis kopi yang tidak memiliki kafein.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red