×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Alasan mengapa sekolah kedinasan patut kamu jadikan pilihan

0

N/A

5 Alasan mengapa sekolah kedinasan patut kamu jadikan pilihan

Buat kamu yang masih bingung setelah lulus mau lanjut kuliah di mana, sekolah kedinasan bisa jadi salah satu pilihan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Ismi Kulsumaning Ayu

19 / 05 / 2020 11:12

Setelah lulus sekolah tentu hal pertama yang menjadi permasalahan adalah mau ke mana setelah ini. Untuk kamu lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dihadapkan dua pilihan, mau bekerja dengan bekal skill yang diperoleh saat di sekolah atau melanjutkan ke jenjang selanjutnya untuk memperdalam kemampuanmu, dua-duanya tentunya bagus.

Beda lagi dengan yang lulus dari jenjang Sekolah Menengah Atas, tentu kuliah akan menjadi prioritas utama kamu, bukan? Tapi permasalahannya tidak segampang itu. Memilih kuliah di mana dan jurusan apa, apalagi nanti kalau dipikir kerjanya mau jadi apa setelah lulus kuliah. Nah, bagi kamu yang masih bingung ada salah satu solusi, yaitu sekolah kedinasan.

Mungkin beberapa di antara kamu masih bingung tentang sekolah kedinasan. Sekolah kedinasan merupakan pendidikan tinggi yang dikelola atau berada di bawah naungan Kementerian/Badan/Lembaga Pemerintah yang sebagian atau seluruh biayanya ditanggung oleh yang menaungi.

Sekolah kedinasan sebagian besar memiliki ikatan dinas lho. Sekadar informasi, sekolah yang memiliki ikatan dinas lulusannya akan diangkat menjadi Aparatur Sipil Negara atau biasanya dikenal dengan ASN di Kementerian/Badan/Lembaga Pemerintah yang menaungi sekolah tinggi tersebut. Bagaimana? Menarik bukan prospek ke depannya?

Mau tahu lagi apa saja alasan yang membuat kamu patut memilih sekolah kedinasan sebagai prioritas? Yuk, simak beberapa ulasan tentang sekolah kedinasan berikut ini.

Loading...

1. Prospek kerja jelas.

Pekerjaan merupakan tujuan dari setiap orang nantinya setelah lulus dari bangku perkuliahan. Kamu tentu juga menginginkan setelah lulus kuliah langsung mendapatkan posisi yang sesuai dan layak dengan pendidikanmu di jenjang perguruan tinggi. Apalagi menjadi PNS setelah lulus, kariermu bakalan terjamin.

Dengan adanya ikatan dinas di sekolah kedinasan, bisa dikatakan prospek kerjanya sangat menjanjikan. Setelah lulus dari pendidikan tersebut, kamu akan ditempatkan sesuai dengan posisi yang dibutuhkan oleh Kementerian atau Lembaga tempat kamu menempuh pendidikan kedinasan.

2. Diselenggarakan oleh Kementerian atau Lembaga Pemerintah.

Alasan selanjutnya kenapa harus memilih sekolah kedinasan karena lembaga pendidikan tinggi ini diselenggarakan oleh Kementerian ataupun Lembaga Pemerintah. Mandat yang diberikan lembaga tersebut tentunya berlandaskan pada peraturan perundang-undangan. Dengan perencanaan yang matang membuat kualitas pendidikan tinggi dari Kementerian ataupun lembaga negara ini sangat terjamin.

Pendidikan tinggi yang diselenggarakan oleh Kementerian ataupun lembaga pemerintah ini pun juga menjamin bagaimana kelangsungan dari institusi pendidikan tersebut. Tersedianya sumber-sumber akademik, fasilitas, dan juga operasionalnya juga bakal dijamin oleh negara. Tentunya kalau kamu belajar dengan fasilitas yang baik hasilnya akan baik pula, apalagi dijamin oleh negara.

Dengan penyelenggaraan yang dilakukan oleh Kementerian tentunya pertanggungjawaban sekolah kedinasan akan langsung ke Kementerian tersebut. Misalnya STAN di bawah Kementerian keuangan. STAN juga bakal memiliki tanggung jawab langsung terhadap Kementerian Keuangan serta DIKTI terhadap lulusannya nanti.

3. Biayanya ringan atau bahkan ada yang gratis.

Masih ragu untuk memilih sekolah kedinasan setelah lulus? Mungkin alasan kali ini bisa membuatmu semakin memantapkan pilihan. Tentu saja mengenai biaya. Kalau bicara tentang biaya, sekolah kedinasan biayanya ringan atau bahkan seluruh biaya akan ditanggung oleh instansi tersebut. Ada juga bahkan yang memberikan memberikan Tunjangan Ikatan Dinas kepada peserta didiknya, seperti uang saku.

Loh, bagaimana bisa gratis? Kembali lagi ke awal, sekolah kedinasan merupakan pendidikan yang diselenggarakan oleh Kementerian atau Lembaga Pemerintah. Jadi, Kementerian dan Lembaga Pemerintah inilah yang membiayai seluruh biaya pendidikan. Jadi sekolah kedinasan ini pilihan yang tepat untuk kamu yang tidak ingin membebani orang tua dengan biaya kuliah yang tinggi.

4. Kurikulum dan jaminan mutu.

Kalau bicara tentang kurikulum dan jaminan mutu di sekolah kedinasan tentu tidak usah diragukan lagi. Oh iya sebelum kita membahas lebih dalam lagi mengenai kurikulum yang ada di sekolah kedinasan, kamu baiknya mengerti dulu istilah kata kurikulum. Menurut DIKTI, kurikulum diartikan sebagai seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi. Sederhananya semacam rancangan pembelajaran.

Nah, kurikulum dan penjaminan mutu di sekolah kedinasan sangatlah sesuai dengan standar yang ditetapkan. Mata kuliahnya pun spesifik sesuai dengan tujuan dari institusi tersebut. Bagaimana tidak, pengawasanyapun dilakukan oleh lembaga negara langsung.

Oh ya, kalau kamu ingin tahu tentang mutu di sekolah kedinasan, biasanya institusi pendidikan mengistilahkannya dengan kata akreditasi. Kamu bisa cek langsung di website BAN-PT, ya.

5. Pengajar dari kalangan akademisi profesional.

Kalau kamu menuntut ilmu tentunya juga akan melihat bagaimana proses pembelajaran dan juga siapa yang mengajar. Kalau di sekolah kedinasan kamu tidak usah khawatir. Di sekolah kedinasan kamu akan mendapat pengajar yang kompeten.

Pengajarmu nantinya bakalan dari kalangan akademisi dan juga profesional. Pastinya ilmu yang kamu dapatkan bukan abal-abal lagi. Kamu bisa mendapat teori yang mendalam dari akademisi dengan mengembangkan kemampuan dasar berpikirmu dan memperoleh pengalaman yang kompleks dari dunia kerja secara langsung dari seorang profesional. Dijamin deh kamu bakalan berkembang di sini.

Menarik bukan kalau dilihat apa saja yang bisa kamu dapat dari sekolah kedinasan. Nah, berikut ini beberapa rangkuman sekolah kedinasan yang populer. Kamu pun bisa langsung mengunjungi website resmi masing-masing sekolah ini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai sekolahnya.

1. STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara)     

2. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)     

3. AKPOL (Akademi Kepolisian)     

4. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)    

5. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) 

6. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)    

7. AKMIL (Akademi Militer)     

8. AAL (Akademi Angkatan Laut)    

9. AAU (Akademi Angkatan Udara) 

10. STMKG (Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) 

11. STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)    

12. STPN (Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional)      

13. STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)        

14. POLTEKIP (Politeknik ilmu pemasyarakatan)   

15. POLTEKIM (Politeknik Imigrasi)    

Nah, itu beberapa sekolah kedinasan yang cukup populer. Masih banyak lagi sekolah kedinasan lainya. Kamu bisa mencari informasinya sendiri dan menyesuaikan dengan keinginan dan kemampuanmu tentunya. Jangan lupa untuk melihat lihat juga syarat masuk sekolah kedinasan seperti apa.

Yang tak kalah penting, kalau kamu berminat masuk sekolah kedinasan maka persiapkan dirimu dengan sebaik mungkin. Misalnya dengan ikut bimbel khusus sekolah kedinasan baik yang offline maupun bimbel online. Persiapan lebih awal tentu akan lebih baik.

Bagaimana? Berminat untuk melanjutkan ke sekolah kedinasan setelah lulus? Pastinya dong. Tetap kejar cita-citamu ya, sekolah kedinasan mungkin jalan untuk menggapai mimpimu. Teruslah belajar!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red