×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
5 Alasan belanja online bisa lebih murah dibanding datang ke toko

0

Ekonomi

5 Alasan belanja online bisa lebih murah dibanding datang ke toko

Pernahkah kamu memperhatikan terkadang belanja online bisa lebih murah dibanding dengan datang langsung ke toko?

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Saidahtyani

13 / 06 / 2019 11:36

Belanja secara online bukan hal yang asing sekarang ini. Ada banyak orang yang lebih suka dan nyaman belanja online, namun ada juga yang menghindari beli secara online.

Kalian yang sering belanja online, pernahkah menjumpai sebuah barang yang dijual lebih murah dibanding harga di toko konvensional umumnya? Murahnya bisa karena hanya selisih sedikit atau memang harganya sangat "miring".

Nah, berikut ini alasan mengapa belanja online terkadang bisa lebih murah daripada belanja di toko fisik secara langsung.

1. Banyak biaya yang bisa ditekan. 

5 Alasan belanja online bisa lebih murah dibanding datang ke toko

Loading...

Gambar : d26bwjyd9l0e3m.cloudfront.net

Jika dicermati alur barang di online dengan yang sampai ke toko atau mall akan jatuh mahal jika sampai di toko/ mall. Barang-barang yang masuk ke department store menjadi mahal karena beberapa hal seperti bayar biaya ekspedisinya (pengiriman), gaji SPG (sales promotion girl), kantor, dan sebagainya. Sehingga dari modal barang perkaliannya tinggi, bisa 4-5 kali lipat.

Berbeda dengan barang yang dijual online. Harganya bisa lebih murah karena ada beberapa biaya yang bisa ditekan seperti biaya distribusi. Jika dijual online produsen hanya perlu kantor, karyawan, dan ekspedisi. Walaupun harga ongkir tiap daerah berbeda, namun jika kebetulan si penjual kotanya dekat dengan kalian pasti bisa dapat ongkir murah, apalagi jika pas ada promo free ongkir. 

 

2. Si penjual merupakan tangan kedua atau ketiga.

5 Alasan belanja online bisa lebih murah dibanding datang ke toko

Gambar : thumb.viva.co.id

Maksud dari tangan kedua di sini adalah produsen yang menjual barangnya ke reseller atau penjual pertama dan sebelum barang tersebut dijual lagi ke penjual yang lain. Biasanya jika mendapat penjual yang merupakan tangan kedua atau pun tanagn ketiga, harga tersebut lebih murah dibanding di toko karena memang mayoritas yang menjadi tangan ke dua atau ketiga maka mereka memilih menjualnya lagi daripada dijual langsung ke konsumen. Namun ada juga beberpa penjual tangan kedua atau ketiga yang melayani penjualan langsung untuk konsumen. Semakin jauh barang tersebut jatuh ke tangan (penjual) selanjutnya, semakin mahal harganya akan dipatok.

 

3. Hemat waktu dan tenaga.

5 Alasan belanja online bisa lebih murah dibanding datang ke toko

Gambar: dehayf5mhw1h7.cloudfront.net

Saat kita berbelanja ke toko atau mall, pasti ada pengeluaran tak terduga, semisal saat kehausan maka kita akan beli air minum dan tergoda melihat jajanan saat selesai belanja. Jika kalian tipe suka jajan tentu hal itu agak menjengkelkan karena niat mau beli satu hal dan langsung pulang, eh malah uangnya dipakai buat beli jajanan atau barang yang lain.

Berbeda dengan belanja online. Jika sudah yakin dan transfer, kamu cenderungan ingin barang segera barang sampai untuk memastikan sesuai gambar dan penjelasan atau tidak. 

 

4. Promo yang belum tentu tersedia di toko atau mall.

5 Alasan belanja online bisa lebih murah dibanding datang ke toko

Belanja online sangat lekat dengan adanya promo, apalagi setiap aplikasi belanja online pasti ada bagian flashsale atau barang yang dipromo harian. Berbeda dengan toko atau mall yang kecenderungannya mangadakan promo yang bergantung musim, seperti Natal, Lebaran, Akhir Tahun dan sebagainya.

 

5. Membandingkan harga begitu mudah.

5 Alasan belanja online bisa lebih murah dibanding datang ke toko

Gambar: media.istockphoto.com

Membandingkan harga barang online sangat mudah, cukup buka aplikasi market place lain atau buka official account-nya si penjual. Kamu bisa membandingkan harga dan juga ongkirnya.  Hal ini berbeda jika belanja di toko atau mall, kalian harus berpindah tempat yang mana perlu uang untuk biaya transport dan parkir. 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red