×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
423 Juta sistem siber Indonesia diserang hacker selama 2020

0

News

423 Juta sistem siber Indonesia diserang hacker selama 2020

Ilustrasi Hacker / Foto: Timeofisrael.com

Jumlah tersebut lebih banyak atau meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan jumlah serangan di periode yang sama pada tahun 2019 lalu

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Sulistyawan Ds

16 / 12 / 2020 12:25

Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional (Pusopskamsinas BSSN) mencatat selama periode Januari-November 2020 terjadi lebih dari 423 juta serangan siber terhadap sistem layanan publik. Jumlah ini lebih banyak hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan jumlah serangan pada periode yang sama pada tahun 2019. Berdasarkan targetnya, serangan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu social networking dan technical target.

Untuk serangan yang bersifat sosial target social networking, serangan bertujuan memengaruhi manusia dan melalui ruang siber erat kaitannya dengan peperangan politik, informasi, psikologi, dan propaganda. Sedangkan jenis serangan siber teknikal berupa serangan siber yang menarget sistem informasi dengan tujuan mendapatkan akses ilegal ke dalam jaringan dan sistem guna menghancurkan, mengubah, mencuri, atau memodifikasi informasi.

Menurut Kepala BSSN, Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian, target utama dari serangan siber yang bersifat sosial ini adalah cara pikir, sistem kepercayaan, dan sikap tindak dari manusia yang berinteraksi dengan ruang siber. Adapun senjata utama dari serangan siber yang menargetkan social networking adalah informasi yang direkayasa untuk mendukung dan memperbesar dampak dari aktivitas lainnya yang dilakukan penyerang.

"Serangan siber dengan target social networking dapat membahayakan persatuan dan falsafah kekuatan Bangsa Indonesia (center of gravity), yaitu Pancasila," ucap Hinsa di hadapan peserta Simposium Strategi Kemanan Siber Nasional di Yogyakarta, Senin (14/12/2020).

423 Juta sistem siber Indonesia diserang hacker selama 2020

Loading...

Kepala BSSN Hinsa Siburian / Foto: BSSN

Dijelaskan Hinsa, sampai saat ini serangan siber terhadap sistem layanan pemerintah terus terjadi. Oleh karena itu, pihaknya juga secara aktif melakukan Langkah antisipasi untuk menanggulangi serangan tersebut. Salah satunya dengan rutin melakukan pengawasan sistem. Di samping itu, BSSN juga melakukan pelatihan serta edukasi terhadap pengelola sistem layanan sehingga ketika ditemukan gejala serangan dapat secara mandiri  melakukan langkah pencegahan.

Ditambahkan Hinsa, langkah-langkah preventif terhadap keamanan sistem layanan publik itu perlu terus dilakukan. Bahkan, saat ini draft Perpres SKSN RI tersebut sudah diajukan ke Presiden RI dan diharapkan dapat diundangkan pada tahun 2021 mendatang. Hadirnya Undang-Undang tersebut dirasa perlu dalam rangka mendukung penyusunan kerangka regulasi literasi media dan literasi keamanan siber. (Sulistyawan Ds)





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red