Ketika si Kecil memasuki usia 6 bulan, Bunda harus mengenalkan makanan pendamping ASI yang iasanya berupa bubur lembut dan encer. Namun, dalam tahap pengenalan ini, Bunda tidak boleh memaksa si Kecil untuk menghabiskan bubur bayi enam bulannya. Walaupun Bunda sudah menggunakan takaran makan bayi 6 bulan yaitu 1-2 sendok makan saja. Memang takaran tersebut terbilang sedikit, namun setiap bayi berbeda-beda dalam hal beradaptasi dengan makanan selain ASI.

Karena pada usia 6 bulan, bayi masih beradaptasi, maka sebaiknya berikan 1 sendok teh bubur bayi.Kemudian Bunda bisa meningkatkan lagi menjadi 1 sendok makan. Jika bayi sudah mulai bisa menghabiskan makanannya, bau lah Bunda bisa meningkatkan takaran makannya menjadi - cangkir. Nah, untuk frekuensi makan, biasanya bayi usia 6 bulan makan MPASI 2-3 kali sehari. Jangan lupa juga berikan MPASI sesuai degan jadwal makan bayi agar nutrisiya dapat tercukupi.

Berbicara mengenai MPASI, sudahkah Bunda memikirkan bagaimana cara menyiapkan makanan untuk si Kecil ketika mudik? Mungkin yang terbayang oleh Bunda sangat sibuk, tetapi jangan khawatir, Bun. Yuk, simak beberapa tips menyiapkan MPASI untuk si Kecil ketika mudik di bawah ini!

1. Beli Bubur Instan

4 Tips siapkan MPASI buat perjalanan mudik lebaran nanti

Bubur buatan Bunda sendiri memanglah lebih sehat, namun untuk kepraktisan dalam perjalanan, bubur instan dinilai lebih praktis. Cara menyajikannya, Bunda hanya perlu menyiapkan air panas, lalu menyeduh bubur tersebut. Sebenarnya bubur instan juga bisa memenuhi nutrisi si Kecil dan kebersihannya pun terjaga lho, Bun.

2. Membuat stok puree

4 Tips siapkan MPASI buat perjalanan mudik lebaran nanti

Jika Bunda tidak mau memberikan si Kecil bubur instan, Bunda juga bisa membuat puree lho. Cara membuatnya pun mudah. Agar puree tetap segar, masukkan puree ke dalam cooler box atau cooler bag dan ketika akan diberikan kepada bayi, hangatkan dengan memberikan sedikit air ke dalam puree. Bunda juga bisa menambahkan sedikit ASI ke dalam puree lho. Siapkan blue ice yang banyak agar suhu di dalam cooler box atau cooler bag tetap dingin. Puree dapat bertahan selama 7-8 jam di dalam cooler box, sedangkan di dalam cooler bag puree bertahan selam 4-5 jam saja. Namun jangan berikan si kecil makanan baru, Bun. Si Kecil mungkin akan lebih sulit beradaptasi dengan linkungan baru di perjalanan mudik.

3. Menyusui

4 Tips siapkan MPASI buat perjalanan mudik lebaran nanti

Walaupun sudah dikenalkan dengan MPASI, ASI tetaplah makanan utama bayi. Saat perjalanan mudik, bayi membutuhkan banyak cairan. Menyusui bayi juga membuat buah hati kamu tidak rewel dan tetap tenang.

4. Siapkan Biskuit

4 Tips siapkan MPASI buat perjalanan mudik lebaran nanti



Selain orang dewasa, bayi juga membutuhkan camilan lho. Coba berikan biskuit tanpa gula atau garam saat di antara waktu makannya. Memberikan bayi cemilan juga dapat mendisiplinkan jadwal makan bayi. Karena jika belum waktunya makan, namun si Kecil sudah meminta makan, maka Bunda bisa memberikan camilan. Dengan disiplin memberikan makan, si kecil juga akan terhindar dari penyakit. Namun, jika si kecil belum bisa memegang makanannya, jangan berikan biskuit dahulu ya, Bun.

Demikianlah beberapa tips menyiapkan makanan untuk bayi ketika mudik. Untuk wadah penyimpanan MPASI, misalnya bubur bayi 6 bulan, Bunda juga bisa menggunakan baby cube ukuran 40 ml agar mudah untuk menghangatkannya dan sesuai dengan jumlah takaran makan bayi 6 bulan. Pastikan baby cube tersebut BPA free ya, Bun. Ketika akan menyajikan bubur tersebut, Bunda dapat menghangatkan baby cube tersebut menggunakan mangkuk atau mug yang diisi dengan air hangat.