×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Tips menulis di media online agar artikelmu dilirik editor

0

N/A

4 Tips menulis di media online agar artikelmu dilirik editor

Foto: bongkarn thanyakij from Pexels

Ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum mengirim artikel dari ide dan gagasan yang kamu miliki.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Sylvanto Budi Utomo

27 / 08 / 2020 11:31

Dalam beberapa kali, seseorang memiliki ide dan gagasan di dalam pikirannya. Ada yang menyampaikannya dengan cara lisan, tapi ada juga juga yang menyampaikannya lewat tulisan. Tak jarang, ide dan gagasan sering kali tak bisa tersampaikan. Apalagi, sulitnya menembus media online yang diharapkan bisa menampung ide dan gagasan di pikiran.

Bagi kamu yang memiliki ide dan gagasan, jangan malu untuk menuliskan dan berbagi di media online. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum mengirim artikel dari ide dan gagasanmu.

1. Isi dan konten artikel sesuai ketentuan media online yang kamu pilih.

Tidak jarang, penulis yang mengirimkan artikel ke media online yang mereka harapkan mampu menampung dan menyebarluaskan tulisannya, menolak begitu saja. Beberapa alasan bisa dikira-kira. Salah satunya adalah isi tulisan atau kontennya tidak sesuai media online pilihan kamu. Karena pada umumnya, media online telah memiliki jalur dan ketentuan sendiri untuk suatu tulisan.

2. Kepenulisan.

Loading...

Memang, soal kepenulisan, biasanya, editorlah yang bertugas memperbaiki. Namun, bagi penulis di media online, sudah menjadi suatu keharusan untuk merapikan kepenulisanmu. Ingat! Perhatikan betul-betul letak kata dan imbuhan, dan sebagainya. "Di" yang dipisah, dan "di" yang tidak pisah, misalnya. Atau, penggunaan titik, koma, dan tanda baca lainnya. Dan tentunya masih banyak lagi kesalahan-kesalahan (sedikit) sepele tapi jumlahnya banyak. Jangan salah, itu bisa memengaruhi mood editor dalam mengedit. Begitu editor sebal melihat tulisanmu karena penulisan yang masih berantakan, bisa jadi langsung ditolak.

3. Memilih awalan kalimat yang menarik.

Salah satu cara membuat pembaca melek dengan tulisan yang kamu bikin adalah dengan mencari dan menuliskan kalimat yang bisa menjadi umpan agar mereka membaca artikelmu sampai selesai. Hal ini tidak kalah penting. Hindari kalimat yang sering dipakai, pasaran, dan bahkan tak disukai pembaca umum, apalagi editor.

4. Memilih judul yang menarik.

Sebelum pembaca membaca isi artikelmu, penulis sebisa mungkin harus mempertontonkan sebuah judul yang menarik tapi tidak pasaran. Gunanya adalah untuk menggugah calon pembaca agar membaca artikel yang kamu buat. Dan tentunya menggugah editor untuk membaca artikel yang kamu kirim sebelum dimuat. Bisa jadi ada editor yang baru melihat judul artikelmu tidak menarik, lalu langsung ditolak.

Nah, empat poin tersebut adalah sebagian dari sekian banyak tips yang bisa kamu gunakan saat ingin mengirimkan tulisan ke media online. Di samping itu kamu perlu memperbanyak latihan menulis, baik artikel, esai, opini, atau bahkan cerpen, dan sebagainya. Jangan ragu dan kapok kalau sewaktu-waktu ditolak editor. Perbaiki penulisan, perbanyak latihan, dan jangan ragu mengirimkan.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red