×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Tips ini wajib diketahui pendaki jika tersesat saat pendakian

0

News

4 Tips ini wajib diketahui pendaki jika tersesat saat pendakian

Sebelum mendaki, kamu harus paham mengenai kemampuan dasar pendakian.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

rafi adiyatma

15 / 02 / 2019 12:29

Pada saat ini mendaki gunung dapat dikatakan sebagai tren di Indonesia. Dari rasa penasaran maupun cerita teman, maka semakin banyaknya orang mau mencoba mendaki gunung. Tetapi masalahnya tidak semua orang yang akan mendaki gunung tahu kemungkinan terburuk yang dapat terjadi. Dan karena minimnya kemampuan dasar, hal ini juga dapat memperburuk keadaan. Pendaki pemula biasanya akan bingung, panik, dan justru memilih jalur asal-asalan yang ujungnya malah tersesat.

Nah, di sini saya akan memberi tips and trik jika kita tersesat ataupun kehilangan arah saat melakukan pendakian.

1. STOP.

STOP singkatan dari Sitting, Thinking, Observing, dan Planning. Jadi kalau sudah merasa tersesat atau sudah keluar jalur, yang harus kita lakukan adalah duduk (sitting) supaya tidak bingung dan agar bisa berpikir jernih. Kemudian berpikir langkah yang akan dilakukan (thinking). Selanjutnya adalah Observing, periksa persedian makanan, air, dan juga peralatan. Atur pemakaiannya serta selalu cek kondisi tubuhmu dan anggota kelompokmu. Langkah terakhir yaitu Planning atau merencanakan kembali apa yang harus dilakukan.

 

Loading...

2. Menuju puncak.

Gunung rata-rata memiliki bagian atas yang lebih sempit dari bagian di bawahnya. Sehingga kalau tersesat mudah ditemukan dan juga bisa menemukan jalur yang benar untuk turun.

 

3. Membuat tanda.

Kalau sekiranya fisik tidak lagi memungkinkan, hal yang harus dilakukan yaitu membuat tanda dari bahan-bahan yang ada di sekitarmu, misalnya bungkus makanan, sampah, batu, atau apapun dan letakkan pada posisi yang sekiranya mudah terlihat dan tidak mudah hilang atau terlepas.

Kalau misalnya kamu menemukan tanah atau lapangan kosong, bersihkan lapangan tersebut dan buatlah tanda dari ranting atau pohon agar mempermudah pencarian lewat udara.

 

4. Komunikasi dengan petugas basecamp.

Menyerahkan nomor HP (lebih baik gunakan nomor yang memiliki jaringan kuat) serta menyerahkan daftar barang bawaan yang sekiranya kalau tersesat kita bisa membuat tanda dari barang simbolik agar mudah ditemukan oleh regu pencari.

 

Kesimpulannya, mendaki gunung itu boleh-boleh saja tetapi kita juga harus tahu kemungkinan terburuk yang akan terjadi dan cara menanggapinya.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red