×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Tips agar bisnis tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19

0

Ekonomi

4 Tips agar bisnis tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19

Di balik situasi yang tidak menentu seperti ini membuat para pengusaha bingung dengan bisnisnya.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Hangga Prayodana

31 / 05 / 2020 18:15

Pandemi Covid-19 sudah menyebar ke seluruh dunia sekitar awal tahun 2020. Indonesia juga terkena persebaran virus berbahaya dan mematikan ini. 

Kita semua tahu bahwa virus Corona ini membawa dampak yang begitu luar biasa. Hampir semua aspek terkena dampak dari virus Corona ini, salah satunya di sektor ekonomi. Dampak virus Corona ini terhadap ekonomi sudah sangat jelas. Terbukti ekonomi Indonesia mengalami penurunan signifikan dan banyak pengusaha mengalami kebangkrutan.

Ketua Umum Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Afifuddin Suhaeli Kalla memperkirakan, pengusaha mengalami kerugian 20% di setiap sektor sejak virus Corona masuk ke Indonesia. Akibat kerugian tersebut banyak sekali pekerja yang dirumahkan alias terkena di-PHK.

Dengan kondisi yang tidak menentu seperti saat ini, pengusaha diminta untuk fokus terhadap bisnisnya. Untuk mengurangi beberapa kerugian yang terjadi, berikut adalah tips agar bisnis tetap jalan di tengah pandemi Covid-19.

1. Mengetahui kondisi finansial.

Loading...

Tidak ada yang tahu sampai kapan virus Corona ini akan berakhir. Sehingga akan menimbulkan ketidakpastian yang dapat menghambat suatu bisnis. Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah mengetahui seberapa besar finansial. Dengan mengetahui besar-kecil finansial, maka pengusaha akan tahu sejauh mana bisnisnya akan tetap berjalan. Selain itu perlu lihai dalam mengelola finansial. Lakukan pengeluaran yang perlu dilakukan saja seperti memperpanjang pembayaran kreditor, pembayaran sewa, dan pajak.

2. Memperhatikan karyawan.

Setiap pengusaha harus tahu seperti apa profil karyawannya. Hal ini penting dilakukan agar pengusaha tahu opsi mana yang bisa dijadikan solusi tenaga kerja di bisnisnya. Entah mempertahankan beberapa karyawannya atau mengurangi karyawannya. Di sisi lain, kebijakan yang jelas juga diperlukan. Seperti bekerja dirumah, cuti, dan lain sebagainya. Dengan begitu karyawan akan mengerti posisi mereka.

3. Strategi marketing.

Selama pandemi ini, masyarakat akan melakukan kegiatan konsumsinya hanya untuk kebutuhan pokoknya saja. Kebutuhan sekunder akan dikesampingkan, seperti membeli sepatu, baju dan sebagainya. Kebutuhan pokok menjadi prioritasnya. Dengan begitu, pengusaha harus lihai dan bisa mencermati situasi seperti ini. Bisa dengan memberikan diskon atau potongan harga untuk segala produk agar banyak yang tertarik.

4. Membentuk tim manajemen yang tanggap.

Dengan membentuk sebuah tim per tiap divisinya, maka sebuah koordinasi akan terjadi. Setiap perwakilan perlu menjalin komunikasi yang signifikan dan menyampaikan apa saja yang perlu dibahas dan dibenahi. Sehingga pengusaha akan tahu mana yang menjadi prioritas usahanya. Keterbukaan sangat diutamakan dibagian ini. Dengan menjalin komunikasi yang sehat dan terbuka maka semua akan terkoordinasi dengan baik.






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red