Tanaman hias indoor memang sangat penting sebagai alternatif penghias ruang kita. Tanaman hias indoor ini bisa membuat suasana di ruangan kita menjadi hidup dan sejuk. Berikut ini 4 tanaman hias yang cocok untuk menghidupkan suasana dan menyejukan ruannganmu.

1. Chrysantheum atau bunga krisan

4 Tanaman hias indoor yang cocok buat menghiasi ruanganmu

Di Indonesia Bungan krisan sering juga disebut bunga seruni, selain memiliki warna yang indah bunga krisan juga berfungsi sebagai pembersih udara yang baik. Berdasarkan penelitian NASA bunga krisan atau bunga seruni ini mampu menyerap ammonia, benzena, formalin, dan xylene dari udara yang ada di ruangan kita. Bunga yang berasal dari pesilangan berbagai jenis bunga ini, iklim tropis sebenarnya tidak cocok untuk tanaman ini, namun ada beberapa cara untuk merawat dan menanam bunga di rumah kita yaitu media tanamnya tanah subur yang ditambah dengan arang sekam dan pupuk kompos, suhu yang baik untuk bunga seruni antara 17o-30o celcius. Pada malam hari pancaran cahaya lampu dibutuhkan tanaman ini sebagai sumber tambahan pencahayaan yang membantu pertumbuhan bunga krisan.

2. Anthurium

4 Tanaman hias indoor yang cocok buat menghiasi ruanganmu

Bentuk tanaman hias ini sangat eksotis daunnya memiliki warna gelap dan berukuran besar yang mampu menyaring ammonia, formalin, toluene, dan xylene. Tanaman yang masih termasuk dalam keluarga Aracae ini masih berkerabat dekat dengan sejumlah tanaman hias seperti aglaonema, philodendron, keladi hias, dan alokasia.Anthurium atau kuping gajah memiliki daya Tarik utama bentuk daun yang inda, unik ,dan bervariasi. Warna dominan daunnya adalah hijau tua dengan urat dan tulang daun besar menonjol sehingga memiliki kesan mewah dan ekskusif, dimasa lalu anthurium menjadi tanaman hias kerajaan jawa. Tanaman ini dibedakan menjadi dua jenis yaitu anthurium bunga yang menonjolkan keragaman bunga dan anthurium daun yang memiliki bentuk-bentuk daun yang indah.

3. Calathea

4 Tanaman hias indoor yang cocok buat menghiasi ruanganmu

Tanaman yang memiliki warna daun belang-belang cocok untuk memperindah ruangan kita. Calathea ini memiliki beberapa jenis yaitu calathea lutea, violacea, makoyama, dan lainnya. Jenis makoyama menjadi favorit untuk menjadi tanaman hias indoor karena bentuk daunnya yang terdapat garis-garis menyerupai bulu pada burung merak.

Berasal dari Amerika Selatan yang banyak digunakan sebagai tanaman indoor ini memiliki hal yang unik jika pada malam hari daunnya akan melipat karena sensitive dengan cahaya gelap.Media tanam yang cocok adalah tanah subur yang dicampur pupuk kandang, sekam bakar, serta serbuk kelapa yang berasal dari kulit kelapa tua. Pemupukan dapat dilakukan secara berkala yaitu 6 bulan sekali. Untuk perawatan anda harus rutin memangkas batangnya jika salah satu batangnya terlihat sudah layu dan simpan di dekat jendela, keluarkan tanaman ini sebulan sekali di luar rumah untuk dijemur pada pagi hari dan masukan ketika sudah beranjak siang

4. Lili paris

4 Tanaman hias indoor yang cocok buat menghiasi ruanganmu

Tanaman lili paris termasuk dalam jenis tanaman semak yang biasanya digunakan untuk border atau listing. Tanaman hias yang berasal dari Afrika Selatan ini memiliki bentuk daun yang panjang dan berwarna hijau dan putih ditengahnya. Penanaman tanaman ini cukup mudah yaitu media tanam berupa tanah subur dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1 campurkan semuanya secara merata dalam pot. Perawatan lili paris dengan disiram secara rutin setiap pagi hari dan pemupukan secara berkala setelah tanaman berusia 3-4 minggu