×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Nilai moral cinta alam dalam 'Princes Mononoke' karya Studio Ghibli

0

Film

4 Nilai moral cinta alam dalam 'Princes Mononoke' karya Studio Ghibli

Tontonan ini akan membuatmu terinspirasi untuk mencintai dan menjaga alam.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Miftha Huljannah

28 / 05 / 2020 13:50

Anime akhir-akhir ini menjadi tontonan favorit bagi remaja maupun dewasa. Tak dapat dipungkiri bahwa anime mempunyai tempat tersendiri di hati para pencintanya. Seiring dengan berkembangnya industri perfilman dunia, maka banyak pula tayangan-tayangan anime yang berkembang sesuai dengan kemajuan zaman dan kemajuan teknologi. Tetapi walaupun anime mengalami revolusi, ada beberapa film anime yang membekas di hati dan ingatan para penontonnya karena ceritanya yang menarik dan terdapat pesan-pesan yang tak terlupakan di dalam film tersebut.

Sebut aja anime Princes Mononoke karya Studio Ghibli pada tahun 1997. Anime ini sudah lama tayang, tetapi masih membekas di ingatan para penontonnya karena memiliki pesan moral yang baik dan cerita yang menarik. Berikut ini beberapa pesan moral dalam anime Princes Mononoke.

1. Menghargai sesama mahluk hidup di Bumi.

4 Nilai moral cinta alam dalam 'Princes Mononoke' karya Studio Ghibli

Nilai moral yang satu ini sangat penting ditanamkan pada anak-anak generasi mendatang, karena ini bisa menjadi pedoman bagi mereka agar senantiasa menghargai makhluk hidup di dunia baik hewan, tanaman, maupun sesama manusia. Dengan ditanamkannya moral saling menghargai sesama makhluk hidup kita berharap generasi selanjutnya akan dapat menjaga dan mencintai keindahan alam di dunia yang beragam ini. 

Loading...

Sejak awal, film Princes Mononoke ini memang menceritakan tentang perjuangan seorang manusia bernama San yang tumbuh di hutan dan dibesarkan oleh serigala untuk menjaga hutannya dan binatang-binatang dari kekejaman dan keserakahan manusia.

2. Berusaha agar hidup berdampingan dengan makhluk hidup di Bumi.

4 Nilai moral cinta alam dalam 'Princes Mononoke' karya Studio Ghibli

Nilai moral yang satu ini juga menjadi penting untuk ditanamkan pada perilaku anak-anak zaman sekarang agar menjadi acuan untuk mereka bisa hidup saling berdampingan dengan alam, hewan, dan juga tumbuhan. Jika nilai moral ini tidak ditanamkan sejak dini, maka yang akan terjadi pada generasi masa depan adalah kerusakan alam dan kepunahan satwa karena mereka tidak dapat menjaga dan melestarikannya.

Dalam film Princes Mononoke ini juga diceritakan bagaimana keserakahan Nona Eboshi sebagai pemimpin suatu suku pembuat senjata, besi, dan juga pasir terhadap alam yang membuat mereka tidak pernah puas akan apa yang diberikan alam oleh mereka. Sehingga mereka terus-menerus menebang pohon, dan membunuh binatang-binatang agar dapat menguasai hutan dan mendapatkan keuntungan atasnya secara terus-menerus.

3. Berusaha melindungi dan menjaga sesama makhluk hidup di Bumi.

4 Nilai moral cinta alam dalam 'Princes Mononoke' karya Studio Ghibli

Nilai moral ini juga penting bagi generasi masa depan dunia. Seperti yang kita lihat di zaman sekarang banyak orang yang tidak dapat menjaga dan melindungi sesama makhluk hidup sehingga mereka melakukan hal-hal keji untuk mendapatkan keuntungan bagi dirinya sendiri. Jika nilai moral ini tidak ditanamkan pada generasi masa depan, maka keadaan saat ini akan tetap terulang lagi di masa depan yaitu banyaknya hutan terbakar, tumbuhan, dan binatang yang terbunuh dan mati hanya untuk memenuhi hasrat manusia akan keuntungan besar yang akan mereka dapatkan dengan melakukan hal tersebut.

Film Princes Mononoke juga menceritakan bagaimana San dan Ashitaka (sebagai manusia), para hewan, dan tumbuhan saling menjaga, mencintai, dan melindungi satu dengan yang lainnya dari kekejaman Nona Eboshi dan orang-orangnya yang ingin menguasai hutan dan membunuh binatang-binatang yang ada di dalamnya hanya untuk kepentingannya.

4. Keserakahan mengakibatkan kerusakan dan kerugian bagi sesama makhluk hidup.

4 Nilai moral cinta alam dalam 'Princes Mononoke' karya Studio Ghibli

Nilai moral selanjutnya dalam film ini menunjukkan bahwa keserakahan dan kerusakan yang dilakukan oleh manusia itu sendiri membuat mereka merugi dan membuatnya tidak mendapatkan keuntungan apa pun. Nilai moral ini wajib ditanamkan dalam diri anak-anak generasi masa depan dunia agar mereka tahu akibat dari keserakahan adalah kerusakan dan kerugian yang didapatkan.

Dalam film Princes Mononoke ini juga diceritakan bagaimana ambisi Nona Eboshi dan orang-orangnya untuk berperang dan membunuh para binatang hutan yang menentang mereka agar mereka lebih mudah menguasai hutan. Akhir dari peperangan tersebut adalah mengakibatkan kerugian besar bagi mereka karena mereka membuat roh hutan marah dengan merusak pohon, kayu, dan  juga berbalik menyerang karena keserakahan para manusia tersebut. Sedangkan San dan Ashitaka terus menerus meyakinkan Nona Eboshi dan orang-orangnya untuk tidak melakukan kesalahan itu lagi.

Itulah beberapa pesan moral cinta alam dalam film Princes Mononoke. Film ini patut menjadi referensi tontonan bagi keluarga dan orang tua agar dapat mengajari anak-anak bahwa kita harus selalu hidup berdampingan dengan makhluk hidup di Bumi dan juga menjaga alam semesta dengan baik. Walaupun dihiasi dengan fantasi dan mitos, tetap saja film ini menarik untuk ditonton pada saat WFH sekarang. 






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red