×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Langkah meracik parfum di rumah, mudah dan sesuai keinginan

0

Wow

4 Langkah meracik parfum di rumah, mudah dan sesuai keinginan

Foto: cottonbro from Pexels

Kamu pun bisa meracik parfum dengan aroma kesukaanmu sendiri.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

piove wiraguna

17 / 07 / 2021 17:45

Pada masa ini, parfum menjadi salah satu barang yang penting untuk kaum muda. Di meja atau lokermu pasti menyimpan sebotol parfum. Aroma yang dikeluarkan parfum seolah menunjukkan jati diri dan personal kamu.

Tapi, pernah gak sih di suatu tempat kamu mencium aroma parfum yang sama dengan orang lain? Di mal, di kantor, atau bahkan ternyata parfummu sama dengan teman. Rasanya pasti sedikit mengganggu hatimu, kan?

Bagaimana kalau kamu racik sendiri aroma parfummu? Yang pasti aroma parfum tersebut hanya kamu yang punya dan sangat menunjukkan identitas kamu. Cara membuatnya juga gampang. Yuk, simak caranya berikut ini.

1. Pahami dasar tiap Not.

4 Langkah meracik parfum di rumah, mudah dan sesuai keinginan

Not adalah sebutan jenis tingkatan parfum. Setiap not memiliki karakteristik yang berbeda saat parfum disemprot ke udara. Berikut ini beberapa Not yang perlu kamu ketahui.

Loading...

-Top Not.

Top Not adalah aroma yang tercium saat pertama kali parfum disemprotkan. Aroma akan tercium 10 -15 menit.

- Middle Not.

Middle Not adalah aroma kedua yang muncul setelah Top Not menghilang. Middle Not merupakan aroma inti dari parfum.

- Base Not.

Base Not merupakan tingkatan paling dasar dan aromanya akan berkombinasi dengan Middle Not menciptakan aroma khas. Base Not adalah aroma yang akan bertahan paling lama di kulit.

2. Jenis aroma tiap Not.

Setiap aroma akan berada di salah satu kategori Not. Hal yang penting untuk tahu tiap aroma berada di kategori apa

Aroma Top Not yang umum adalah basil, bergamot, anggur, lavender, lemon, jeruk nipis, mint, bunga neroli, rosemary, dan jeruk manis. Aroma Middle Not yang umum adalah  lada hitam, kapulaga, kayu manis, cengkeh, melati, juniper, serai, neroli, pala, mawar, rosewood. Sedangkan aroma Base Not yang umum adalah kayu cedar, cypress, jahe, pinus, cendana, dan vanili.

3. Alat dan bahan yang digunakan.

Alat dan bahan yang digunakan untuk meracik parfum sangat mudah ditemukan langsung, online, dan di berbagai e-commerce.

- Pertama yang kamu butuhkan adalah bibit parfum. Bibit parfum adalah minyak parfum dengan konsentrasi tinggi, belum dicampurkan oleh bahan pelarut. Kamu bisa menggunakan jenis essential oil atau fragnance oil. Keduanya sudah pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihlah aroma aroma di setiap Not.

- Kedua adalah bahan pelarut. Kamu bisa menggunakan alcohol 96 % untuk bahan pelarutnya.

- Ketiga adalah botol parfum dan pipet. Botol parfum digunakan sebagai wadah dan pipet digunakan untuk mengambil alkohol.

4. Perbandingan takaran Not.

Setelah menyiapkan alat dan bahan, kamu perlu tahu takaran yang digunakan masing-masing Not dan proses peracikan. Untuk proses racikan, pertama masukkan Not dengan urutan Base Not, Middle Not, kemudian terakhir adalah Top Not. Takaran perbandingan dari ketiganya secara umum adalah 30% Top Not, 50% Base Not, dan 20% Base Not.

Langkah terakhir adalah masukkan bahan pelarut yaitu alkohol 96% ke dalam botol racikan. Tutup botol parfum dan kamu cukup menggulingkan botol parfum secara perlahan agar semua bahan tercampur. Cobalah cium dari aroma parfum yang berhasil kamu buat. Apakah sesuai dengan aroma yang kamu harapkan?

Sebagai referensi, kamu bisa mencari tahu komposisi aroma parfum favoritmu. Sehingga kamu bisa mencoba dan memodifikasi untuk parfummu sendiri.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red