×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Hal yang perlu diperhatikan agar GERD tidak kambuh

0

Kesehatan

4 Hal yang perlu diperhatikan agar GERD tidak kambuh

Ingin sembuh dari penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) secara total, hindari faktor pemicu ini agar maag tidak kembali kambuh.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Erina Eshal

27 / 02 / 2019 19:14

 

Penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau yang lebih dikenal dengan penyakit asam lambung, yaitu kondisi di mana asam lambung atau cairan lambung naik ke esofagus atau kerongkongan. GERD ini bisa terjadi akibat lingkaran bawah pada esofagus yang tidak berfungsi secara sempurna. Lingkaran tersebut seharusnya tertutup secara otomatis ketika makanan atau minuman masuk ke dalam lambung.

Tapi jika kamu mengalami penyakit asam lambung maka pintu atau lingkaran itu tidak akan tertutup secara sempurna. Jadi asam lambung yang seharusnya ada pada lambung malah naik ke kerongkongan, maka dari itulah penderita akan merasakan sakit di ulu hati yang dibarengi rasa mual dan sulit untuk menelan makanan.

4 Hal yang perlu diperhatikan agar GERD tidak kambuh

Sumber : https://kapsulmetama.com/penyakit-gerd/
 
Apakah GERD bisa disembuhkan? Simak dulu penjelasan ini agar kalian memahaminya.

Tugas lambung yaitu sebagai pemecah makanan yang masuk agar dapat diserap oleh tubuh dan asam lambung sengaja diproduksi agar mempermudah lambung dalam menjalankan tugasnnya. Tapi bila produksi asam lambung yang dihasilkan terlalu banyak, maka bisa menyebabkan masalah lambung, yakni penyakit GERD.

Sebetulnya GERD itu merupakan aliran balik asam lambung yang bisa dikatakan hal yang normal dari kerja sistem penceraan. Namun jika hal ini sering terjadi ini harus kamu waspadai, pastinya akan selalu muncul beberapa gejala di atas tadi  dan sudah bisa dikatakan telah terkena penyakit GERD.

Loading...

GERD bisa sembuh dan tidak akan kambuh lagi. Cara mengatasinya yaitu dengan memperhatikan hal-hal berikut ini.

1. Memilih jenis makanan yang tepat.

Makanan yang masuk ke lambung itulah yang mempengaruhi lambung kamu. Makanan yang baik untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung yaitu sayuran hijau, oatmeal, pisang, jahe, dll. Yang penting pilihlah jenis makanan yang tidak memiliki kandungan asam. Bila kamu kurang memahami jenis makanan, cukup hindari makanan ini, yaitu daging tinggi lemak, cokelat, soda, kafein, bawang bombai, tomat, buah sitrus, alkohol, gorengan, dan susu yang mengandung lemak tinggi.

 

2. Jaga porsi makan.

Jangan makan terlalu banyak. Usahakan untuk makan lebih sering, namun dalam porsi yang sedikit. Hal ini berguna untuk mencegah asam lambung kembali naik ke kerongkongan.

 

3. Mengunyah makanan dengan benar.

Makanan yang masuk ke dalam lambung harus benar-benar larut. Hal ini bertujuan untuk meringankan kerja lambung, jadi lambung tidak akan bekerja terlalu keras unuk memecah makanan.

 

4. Atur waktu makan.

Asam lambung bisa naik akibat waktu makan tidak teratur, maka dari itu usahakan memiliki jam makan yang sama pada setiap harinya. Dan disarankan jangan makan dua jam sebelum tidur karena itu bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan ketika kamu berbaring. Hindari juga meminum banyak air di sela kamu makan, karena hal itu akan membuat asam lambung cair dan sehingga membuat makanan menjadi sulit untuk dicerna.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan, terutama bagi mereka yang sering mengalami kambuhnya asam lambung.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red