Siapa yang tak kenal Gunung Krakatau yang dahsyat. Gunung berapi aktif yang terletak di Selat Sunda ini sangatlah fenomenal sepanjang sejarah dunia. Gunung Krakatau mempunyai nama lain yaitu Rakata dan Krakatoa untuk aksen asingnya.

Tepat pada anggal 27 Agustus 1883, setelah empat bulan aktivitas vulkanik meningkat berfluktuasi serta terputus-putus, Gunung Krakatau akhirnya meletus.Dengan durasi peristiwa yang sangat cepat, gugusan pulau yang merupakan gabungan dari tiga gunung vulkanik yang terpisah itu hancur lebur oleh ledakan yang maha besar.

Magma meluber masuk laut, memicu serangkaian tsunami yang cukup besar. Ledakan Krakatau konon merupakan suara paling keras dalam rekaman sejarah.Abu vulkaniknya sungguh dahsyat hingga mencapai daerah Alice Springs di Australia dan Pulau Rodrigues dekat Afrika.Daya ledaknya diperkirakan mencapai 30.000 kali bom atom yang diledakkan di Hiroshima dan Nagasaki. Sedang awan panas dan tsunaminya telah menewaskan sekitar 36.000 jiwa.

Inilah beberapa film tentang Gunung Krakatau yang menggambarkan dan berkisah tentang hebatnya letusan gunung dahsyat di Selat Sunda tersebut.

1. Krakatoa (1933).

4 Film ini kisahkan letusan terhebat Krakatau sepanjang sejarah

Film dokumenter jadul inimenggambarkan letusan Krakatau tahun 1883 di Hindia Belanda (Indonesia) yang menghancurkan 70% pulau dan kepulauan di sekitarnya.Film Amerika Serikat ini berbahasa Inggris dan dirilis pada tanggal 23 April 1933 di Amerika Serikat. Film jadul ini cukup menarik untuk ditonton dengan merasakan sensasi teknologi sinematika saat itu.

Krakatoa merupakan aksen barat untuk Krakatau. Film ini diproduksi oleh Joe Rock Productions, Educational Films Corporation of America.Ada pun narator filmnya adalah Joseph Cotten dan Graham McNamee. Dengan presenter E.W. Hammons, kamu diajak menelusuri keganasan Gunung Krakatau versi gambar bergerak (motion pictures).

IMDb memberi rating 6.5, cukup mentereng di masanya. Film ini juga sempat memenangkan satu nominasi Oscar.

2. Krakatoa: East of Java (1968).

4 Film ini kisahkan letusan terhebat Krakatau sepanjang sejarah

Film yang berdurasi 2 jam 11 menit ini merupakan genre drama petualangan yang dirilis pada tanggal 14 Mei 1969 di Amerika Serikat.Krakatoa East of Java (1968) ini berkisah tentang petualangan yang berlatar suasana tahun 1883 di mana Kapten kapal Hanson merencanakan misi penyelamatan kapal yang karam di Hindia Belanda (Indonesia). Misi tersebut mempunyai tujuan utama yaitu untuk mengambil dan menyelamatkan muatan mutiara tetapi letusan gunung berapi yang tidak terduga membuyarkan misi.

Film ini disutradarai oleh Bernard L. Kowalski dan ditulis olehCliff Gould. Ada pun aktor dan aktrisnya adalah Maximilian Schell, Diane Baker, dan Brian Keith.

IMDb memberi rating: 5.5 untuk film drama petualangan ini.

3. Krakatau (1977).

4 Film ini kisahkan letusan terhebat Krakatau sepanjang sejarah

Film Krakatau (1977) yang berdurasi 122 menit ini merupakan film kebanggaan anak negeri yang disutradarai oleh Misbach Yusa Biran serta dibintangi oleh aktor dan aktris gaek seperti Dicky Zulkarnaen WD. Mochtar, Rd. Mochtar, Awang Darmawan dan Muni Cader.

Film berlatar letusan Gunung Krakatau ini menceritakan tentang Somad (Dicky Zulkarnaen) dan Biang Terona (Rd Mochtar) yang diutus guru silatnya dari Perguruan Krakatau untuk mencari murid pembangkang perguruan, Bodin (WD Mochtar).

Kisahnya berakhir cukup dramatis di mana Bodin kalah di tangan Biang Terona. Dan Somad pun mengakui bahwa Bodin itu ayahnya. Film usai dengan latar kengerian letusan Gunung Krakatau.

Krakatau (1977) merupakan film berbahasa Indonesia yang mendapat rating IMDb sebesar 4.7 dan ini cukup dramatis serta memesona di masanya.

4. Krakatoa: The Last Days (2006).

4 Film ini kisahkan letusan terhebat Krakatau sepanjang sejarah

Film drama dokumenter sejarah yang diproduksi tahun 2006 ini mendapat rating 7.4 dari IMDb.Dengan besutan Sutradara Sam Miller dan para pemeran seperti aktor dan aktris Rupert Penry-Jones dan Olivia Williams, film ini mencoba angkat kisah yang berlatar letusan hebat Karakatau pada tahun 1883.

Film ini mengabadikan suasana kacau oleh sebuah letusan besar yang akhirnya menimbulkan tsunami, membawa hujan batu apung dan abu, gelora aliran uap panas, dan asam sulfat yang sangat mematikan.Tiga perempat gugusan pulau hancur dan luluh lantak. Sebanyak 36.000 jiwa penduduk permukiman pesisir di sepajang Jawa Barat dan Sumatera Selatan meninggal dunia.

Film yang didasarkan catatan saksi mata saat letusan Krakatau pada tahun 1883 ini berdurasi film sekitar 1 jam 27 menit. Kamu akan diajak untuk menyaksikan detik-detik kekacauan dan kengerian jelang letusan Krakatau di tahun 1883.

Tokoh utama Rogier Diederik Marius Verbeek diperankan oleh Kevin McMonagle. Rogier Diederik Marius Verbeek adalah seorang geolog Belanda yang telah lama mengkaji kawasan Krakatau, yaitu dua tahun sebelumnya. Hingga sekarang penelitian itu masih menyisahkan sejuta misteri.

Itulah 4 film yang wajib kamu tonton untuk memperkaya sejarah tentang kehebatan letusan Gunung Krakatau.Selamat menonton!