×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Daerah ini jadi pusat perayaan Waisak di Indonesia

0

Jalan-Jalan

4 Daerah ini jadi pusat perayaan Waisak di Indonesia

Hari raya umat Budha yang diperingati sebagai hari lahirnya pencetus agama Budha, yaitu Sidharta Gautama, tahun ini jatuh pada 19 Mei 2019.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Saidahtyani

10 / 05 / 2019 10:08

Perayaan Waisak memang tidak segempar perayaan hari raya lain seperti Natal karena memang faktanya pemeluk agama Budha di Indonesia hanya sekain persen. Namun beberapa dari kamu pasti akan langsung teringat festival lampion yang indah saat mendengar Waisak. 

Akhir dari prosesi perayaan Waisak adalah pelepasan puluhan atau mungkin bisa ratusan lampion. Mereka yang merayakan akan menuliskan harapan-harapan yang ingin diraih di atas lampion. Kemudian lampion-lampion tersebut akan diterbangkan dengan cara menyalakan lilin kecil pada lampion dan bersama-sama melepasnya ke langit dengan tujuan agar semua harapan tercapai.

Lalu, daerah mana saja yang menjadi pusat perayaan Waisak selain di Candi Borobudur?

1. Candi Mendut.

4 Daerah ini jadi pusat perayaan Waisak di Indonesia

Loading...

Bertempat di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Di sinilah tempat disemayamkannya Api Abadi Mrapen atau Api Dharma dan Air Berkah sebelum nantinya digunakan pada ritual upacara di Candi Borobudur.

 

2. Candi Jiwa dan Candi Blandongan.

4 Daerah ini jadi pusat perayaan Waisak di Indonesia

Lokasi kedua candi ini ada di Karawang, Jawa Barat. Candi Jiwa (Batujaya 1) terdapat di kompeks Percandian Batujaya. Kedua candi ini biasanya digunakan sebagai lokasi upacara Waisak bagi masyarakat Budha di daerah Jawa Barat, Jakarta, Banten, dan sekitarnya.

 

3. Candi Muaro Jambi.

4 Daerah ini jadi pusat perayaan Waisak di Indonesia

Dikabarkan jika Candi Muaro Jambi pernah menjadi pusat perayaan Waisak se-Sumatra. Menurut berita, perayaan Waisak di Candi ini tak hanya dihadiri biksu se-Sumatra, namun juga pernah dihadiri para biksu dari luar negeri, yaitu dari Myanmar, Singapura, Thailand, Malaysia, dll.

Luas kawasan Candi ini diperkirakan delapan kali luas Candi Borobudur, dan mempunyai lebih kurang 110 bangunan candi di dalamnya.

 

4. Candi Borobudur.

Gambar oleh Hella Nijssen dari Pixabay  Gambar oleh Hella Nijssen dari Pixabay

Gambar oleh Hella Nijssen dari Pixabay 

Siapa yang tidak kenal candi Borobudur? Tempat ibadah dan tempat wisata yang di gadang-gadang menjadi salah satu landmark Jawa Tengah. Berlokasi di Magelang, Jawa Tengah, bisa dibilang Borobudur selalu menjadi pusat perayaan Waisak dan paling banyak dikunjungi wisatawan saat Waisak dibanding candi lain di Indonesia. Selain menonton prosesi Waisak, para wisatawan pun diperbolehkan ikut menerbangkan lampion. Namun harus mematuhi tata tertib yang berlaku.

Itulah tempat perayaan Waisak di Indonesia. Jika mungkin teman-teman ingin sekadar menonton atau mengabadikan momen pelepasan lampion.

Source

TEBAK QUIZ BERHADIAH EDISI IMLEK 2020

Yuk ikuti quiz berhadiah dan dapatkan Voucher PIZZA E BIRRA dengan total hadiah jutaan rupiah untuk 10 orang pemenang







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red