Liburan sering kali menjadi hal yang dianggap tidak berpengaruh untuk mereka yang sedang menjalankan program diet.Padahal efek berlibur sering kali menjadi salah satu penyebab orang lupa akan program dietnya. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Sederhanya, ketika berlibur kamu akan menemukan banyak sekali restoran ataupun tempat makan yang menjadi ciri dari destinasi liburanmu.Tentunya ini bisa menjadibumerang bagi seseorang yang sedang menjalankan diet. Alih-alih ingin menikmati liburan, justru ada program diet yang terlupakan.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar tetap santai menikmati liburan namun tidak mengganggu program dietmu. Apa sajakah hal itu?

1. Aturpola makanmu.

Mungkin kamu pernah dengar orang tua berkata "Makan yang baik itu 3 kali sehari", bukan?

Nyatanya, ketika kamu berlibur hal ini tentu akan terpatahkan. Terlebih jika kamu banyak menikmati camilan dan kuliner khas dari tempatmu berlibur.

Mungkin hal ini akan terdengar cukup sulit, terlebih jika harus 'menahan' lapar saat liburan. Namun, mau bagaimanapun juga kamu harus bisa mengatur pola makan agar tidak mengganggu program dietmu.Atur pola makanmu yang mungkin tiga kali sehari, menjadi dua kali sehari, atau bahkan sehari sekali. Pelan-pelan saja, kamu pasti bisa.

2. Hindari minuman berkalori.

Tak bisa dihindari memang minuman bersoda ataupun minuman kaleng yang dingin sering menjadi pilihan ketika berlibur. Selain karena mudah didapat, minuman jenis ini sangat mudah dibawa.

Namun, siapa sangka jika minuman seperti itu nyatanya mengandung banyak kalori yang tidak baik bagi tubuhmu dan justru bisa menjadibumerang untuk kesehatanmu juga.Trik sederhana untuk menghindari minuman berkalori ini adalah dengan selalu menyiapkan air putih yang tak lupa kamu bawa saat berlibur. Percaya deh, air putih itu baik untuk kesehatan dan membantu program dietmu agar lebih baik lagi.

3. Kurangiporsi makanmu.

Mungkin kamu akan merasa 'kurang' ketika harus menikmati hidangan khas yang ada di tempat berliburmu.Namun kamu juga harus ingat program dietmu. Maka dari itulah kamu bisa mengurangi sedikit porsi makan. Eitts, ini berbeda dengan mengatur pola makan ya.

4. Tetap konsumsi buah dan sayur.

Nah, walaupun kamu memiliki banyak 'ongkos' untuk berlibur, namun rasanya gak salah untuk mempersiapkan bekal sendiri berupa potongan buah yang segar. Ini bisa menjadi salah satu camilan sehat walaupun sedang berlibur.

Karena mungkin ada sebuah perjalanan yang memakan waktu cukup lama dan tak mungkin kamu tidak iseng untuk ngemil. Kebiasaan ngemilmu ini bisa diganti dengan mengonsumsi buah dan sayur. Selain mengganjal rasa lapar, ini bisa membuat tubuhmu tetap fit loh.