×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Bahaya menggoreng pakai minyak jelantah, berisiko kanker

0

Kesehatan

4 Bahaya menggoreng pakai minyak jelantah, berisiko kanker

Hentikan kebiasaan menggoreng menggunakan minyak jelantah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Dadang Supena

09 / 05 / 2019 18:15

Tahukah anda tentang bahaya dari minyak jelantah bagi kesehatan tubuh ?

Minyak jelantah adalah minyak goreng yang tidak diganti, atau minyak gorang yang dipakai berulang-ulang kali sampai warnanya ada yang coklat bahkan hitam.

4 Bahaya menggoreng pakai minyak jelantah, berisiko kankerSumber : https://rheumapas.com

Biasanya mereka yang sering melakukan hal itu adalah penjual gorengan (hanya oknum tertentu). Dengan alih-alih bertujuan agar menghemat biaya mereka tidak tanggung-tanggung untuk melakukan hal itu. Padahal menggoreng dengan minyak jelantah sangat berbaha bagi kesehatan tubuh.

Apa saja bahaya tersebut, mari kita simak penjelasannya :

Loading...

1. Infeksi bakteri

Minyak yang sudah digunakan berkali-kali bisa menjadi tempat perkembangbiakan berbagai jenis bakteri, salah satunya Clostridium botulinum. Bakteri tersebut bisa mengendap disitu, karena partikel dan remah-remah sisa gorengan yang ada di wajan atau minyak tersebut merupakan makanan dari bakteri tersebut, jadi wajar kalau bakteri akan bersarang di situ. Oleh karena itu, anda yang mengonsumsi makanan yang digoreng menggunakan minyak jelantah, akan rentan untuk

2. Kelebihan berat badan

Dalam minyak jelantah terdapat banyak sekali kandungan kalori dan lemak trans didalamnya. Jika anda sering menggunakannya, maka tidak heran jika anda memiliki berat badan yang berlebih. Jika kebiasaan ini sering anda lakukan, maka penyakit obesitas bisa mengancam anda. Selain itu Obesitas sendiri bisa menyebabkan berbagai komplikasi yang serius misalnya seperti diabetes dan penyakit jantung. 

3. Meningkatkan risiko penyakit degeneratif

Pada sebuah di University of the Basque Country di Spanyol, menerangkan bahwa ada kandungan senyawa organik aldehid di dalam minyak jelantah. Senyawa tersebut dapat memicu penyakit degeneratif kronis berupa penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson dan penyakit jantung.

4. Meningkatkan risiko kanker

Minyak jelantah juga menjadi salah satu sumber radikal bebas yang  bisa  menyerang sel-sel dalam tubuh sehingga membentuk karsinoge. Dimana karsinogen itu merupakan salah satu penyebab munculnya kanker dalam tubuh.

Nah, bagaimana ..

Begitu menakutkan bukan ...

Jadi bagi anda yang masih menggunakan minyak jelantah untuk menggoreng, lebih baik segera hentikan kebiasaan tersebut.

 

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red