×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
4 Amalan yang dapat dilakukan umat muslim di bulan Rajab

0

N/A

4 Amalan yang dapat dilakukan umat muslim di bulan Rajab

Gambar oleh Bessi dari Pixabay

Amalan-amalan ini dapat kamu lakukan pada bulan yang mulia dan penuh keistimewaan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Endang Puspita

23 / 04 / 2019 14:55

Bulan Rajab merupakan bulan yang terletak di antara bulan Jumadil Akhir dan bulan Sya'ban. Bulan ini dikenal sebagai bulan Allah. Pada tanggal 27 di di bulan Maret kemarin, umat Islam di seluruh dunia merayakan Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW, yaitu pada saat Rasulullah melakukan perjalanan dari Masjidil Haram (Makkah) ke Masjidil Aqsha (Palestina) dengan Buraq, dan dari Masjidil Aqsha ke Sidratul Muntaha untuk menghadap Allah SWT.

Bulan Rajab adalah salah satu bulan mulianya Allah selain dari bulan Ramadhan. Tentunya banyak sekali amalan-amalan yang dapat kita amalkan pada bulan yang mulia dan penuh keistimewaan ini. Adapun amalan-amalannya sebagai berikut.

1. Memperbanyak Istighfar.

Rasulullah SAW bersabda, "Bulan Rajab adalah bulan permohonan pengampunan bagi ummatku, maka hendaknya mereka memperbanyak istighfar di dalamnya."

2. Puasa sunnah bulan Rajab.

Loading...

Menurut riwayat Ibnu Abbas, "Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari, maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuk nya 7 pintu neraka jahim, bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga, dan bila puasa 10 hari maka digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan".

3. Membaca surat Al-Ikhlas sebelas ribu kali atau seribu kali atau seratus kali.

Dalam suatu riwayat dikatakan, "Barang siapa yang membaca surat Al-Ikhlas seratus kali pada hari Jum'at bulan Rajab, ia akan memperoleh cahaya yang mengantarkan ke surga".

4. Membaca Shalawat Nabi.

Amalan lain di bulan Rajab yang dapat kita lakukan adalah membaca shalawat nabi kita, Nabi Muhammad SAW. "Allahumma Sholli 'Alaa Sayyidina Muhammad Wa'alah Aalihi Washobihi Ajma'ina".

Semoga dengan mengamalkan amalan-amalan di bulan Rajab tersebut, kita dapat menjadi insan yang kamil untuk benar-benar taat kepada Allah SWT dan berlomba-lombalah dalam kebaikan.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red