×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
3 Tips sederhana menentukan topik dan judul tugas akhir

0

N/A

3 Tips sederhana menentukan topik dan judul tugas akhir

Gambar oleh TeroVesalainen dari Pixabay

Beberapa tips yang bisa digunakan mahasiswa dalam memilih, menentukan topik, dan judul untuk tugas akhir.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Arifiana Tri Wulandari

19 / 08 / 2019 12:05

Mahasiswa tingkat akhir diwajibkan untuk menyelesaikan tugas akhirnya atau sering disebut dengan skripsi. Dalam menentukan topik dan judul sudah pasti mahasiswa mengalami kesulitan. Disaat sudah mendapatkan judul kemudian diajukan, tetapi hasilnya ditolak. Lantas bagaimanakah cara efektif dalam menentukan topik dan judul? Berikut adalah beberapa cara yang dapat teman-teman lakukan dalam menentukan topik dan judul sebuah tugas akhir:

1. Mencari isu terbaru.

Dalam konteks ini, kamu bisa memperhatikan keadaan di sekitarmu yang sangat berdampak dengan kehidupan sehari-hari. Tentunya isu yang berhubungan dengan jurusan kamu ya. Isu terbaru sering menarik perhatian dosen pembimbing untuk dijadikan topik dalam tugas akhir.

2. Memperbanyak membaca artikel, jurnal, skripsi, atau sumber lain yang berkaitan dengan tugas akhir.

Saat sedang proses menulis kamu pasti membutuhkan banyak referensi. Nah, sebaiknya kamu perbanyak intensitas membaca yang terkait dengan tugas akhirmu nanti. Kamu bisa menggunakan banyak sumber yang bisa kamu akses melalui internet atau berkunjung ke perpustakaan. Dari sumber yang kamu baca tersebut bisa kamu tuliskan di dalam tugas akhirmu, tetapi jangan lupa cantumkan sumber dan diubah kalimatnya ya agar terhindar dari plagiarisme.

Loading...

3. Menggunakan Google Scholar.

Google Scholar tidak hanya memuat banyak penulis tetapi memuat segala artikel yang berasal dari seluruh dunia. Melalui Google Scholar kamu bisa melihat berapa banyak orang yang telah mensitasi sebuah karya. Kamu cukup menuliskan kata kunci di kolom pencarian.

Demikian tips sederhana yang bisa teman-teman gunakan dalam penentuan topik dan judul tugas akhir. Tetap semangat dan jangan mudah menyerah karena semua bisa teratasi jika kita selalu berusaha.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red