Waktu terus berlalu dan kehidupan manusia silih berganti zaman. Seiring bergantinya waktu, zaman pun mau tak mau harus mengikuti alurnya. Begitu pun dengan kehidupan manusia semakin lama silih berganti kebiasaan.

Zaman sekarang atau sering disebut zaman now,kita bisa mengakses informasi dengan sangat mudah melalui berbagai macam media penyalur informasi. Seperti televisi, media sosial, ataupun kabar berita yang terdapat di berbagai platform internet. Seiringdengan kemudahan mendapatkan informasi tentu bisa menambah wawasan serta mengubah pola pikir dan gaya hidup manusia di zaman sekarang, terutama anak-anak.

Dalam keadaan ini, banyak orang mengaitkannya dengan kenakalan anak zaman sekarang. Orang terdahulu terkadang menyebut anak zaman sekarang banyak melakukan kenakalan ataupun sikap yang menyalahi norma yang berlaku. Contohnya meniru hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan anak-anak. Seperti meniru adegan dalam sinetron, merokok, bermain gamesampai tidak ingat waktu belajar, membolos sekolah lalu mampir ke warnet ataupun tempat rental PlayStation, serta masih banyak lagi kenakalan anak zaman sekarang. Tapi di balik kenakalan tersebut, anak zaman sekarang juga mempunyai banyak sisi positif yang tak bisa dikesampingkan, berikut beberapa contohnya:

1. Berprestasi dalamgame.

Banyak orang memarahi anak yang sering bermain game sampai tak ingat waktu. Padahal jika diarahkan dan dibina dengan tepat, bermain game bisa menjadi prestasi tersendiri. Ketika sudah mencapai event internasional dan juara tentu menjadi kebanggaan bukan hanya bagi diri sendiri tapi orang tua dan juga negara yang tentunya sangat menghasilkan pundi-pundi uang.

Bahkan pada tahun 2018, game masuk salah satu bidang yang dilombakan dalam Asian Games, sebuah ajang yang digelar beberapa tahun sekali oleh negara-negara Asia. Game tersebut adalah PES danlainnya yang dikategorikan dalam e-sport. Tidak cuma lewat event, jika memang ingin berpenghasilan dari bermain gamebisa juga dilakukan via streaming di YouTube.

2. Sosial media jadi tempat bisnis.

Sosial media memang tempat berkumpulnya orang-orang zaman sekarang. Jika diambil sisi positifnya, anak zaman sekarang banyak yang bisa berbisnis. Bukan hanya orang dewasa yang bisa berbisnis di media sosial, anak-anak pun jika diberi pengarahan bisa meraih pendapatan yang tidak sedikit. Di antaranya seperti berjualan online, mengikuti lomba fotografi, jasa pasang iklan jika sudah terkenal, dan masih banyak lagi.

3. Berprestasi menjadi penulis.

Menjadi penulis tentu menjadi hal yang sangat bermanfaat dan juga membanggakan. Jika dibina dengan benar, bukan tidak mungkin anak zaman sekarang bisa meraih berbagai prestasi dan penghargaan. Zaman sekarang banyak sekali yang mengapresiasi penulis melalui berbagai hal. Contohnya beberapa platform media yang memberikan apresiasi dengan memberi insentif kepada penulis yang karyanya menarik.

Itulah beberapa sisi positif anak zaman sekarang yang berkaitan dengan teknologi. Mari saling memahami, mendukung, dan janganmenghakimi satu sama lain. Jika kamu memiliki pengalaman maka bisa berbagi kepada yang lebih junior, bila perlu didik mereka agar bisa menjadi generasi yang membanggakan.Sekian, terima kasih.