×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
3 Dampak buruk menggunakan AC mobil terus menerus saat mudik

0

N/A

3 Dampak buruk menggunakan AC mobil terus menerus saat mudik

Meski berguna buat menyejukkan udara, tapi hembusan AC mobil yang terus menerus punya dampak buruk buat kesehatan.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Denny Suryadharma

02 / 06 / 2019 12:48

Buat kamu yang mudik pakai kendaraan, biar suasana di dalam mobil tetap sejuk dan nyaman alias tidak kepanasan, kamu pasti menyalakan pendingin udara alias AC (Air Conditioner) di sepanjang perjalanan.

Tapi tahukan kamu jika ada bahaya mengintai jika kamu duduk berjam-jam di depan AC? Hal ini diungkapkan oleh dokter spesialis fisik dan rehabilitasi Rumah Sakit Hasan sadikin Bandung, dr. Ellyana Sungkar, sp.KFR. "Jangankan untuk anak-anak, untuk orang dewasa pun jika duduk terlalu lama di depan AC, maka dapat menimbulkan gangguan kesehatan", ujarnya saat ditemui di RSHS Bandung.

Waduh, kira-kira apa saja ya dampaknya buat kesehatan badan? Yuk kita cari tahu di bawah ini.

1. Masuk angin.

Merdeka.com

Loading...

Menurut dr.Ellyana, seseorang yang duduk berjam-jam di depan AC bisa menimbulkan kumpulan gejala pegal, kembung, mual, merasa kedinginan. Meski tidak ada dalam literatur kedokteran, namun kumpulan gejala itu biasa dinamakan dengan masuk angin.

Duduk berjam-jam di depan lubang AC saat mudik bisa mengakibatkan masuk angin. Jadi, sebaiknya lubang AC di arah tidak langsung ke wajah atau badan.

 

2. Bell's Paisy.

Pixabay

Jika wajah kamu terus menerus kena AC, maka berpotensi bakal kena bell's paisy
di mana wajah akan terasa kebas akibat tidak berfungsinya syaraf wajah. Hal ini cukup berbahaya karena 7 dari 12 syaraf di wajah tidak merespon. Akibatnya sulit buat menggerakan otot wajah, seperti menaikan alis, mengontrol air liur, hingga sulit mengedipkan mata. Tidak kebayang kan, kalau kejadian itu menimpa di saat kamu sedang dalam perjalanan mudik. Jadi ayo nanti ubah arah "semburan" AC di dasboard mobil kamu agar tidak langsung ke wajah.

 

3. Kekurangan cairan tubuh.

Pixabay

Tubuh yang terus menerus kena hembusan AC dalam waktu berjam-jam akan mengakibatkan tubuh kamu kekurangan cairan alias dehidrasi. Selain itu jalur distribusi oksigen dari paru-paru ke otak bakal tergangu.

Akibatnya, kamu akan merasa lemas dan terus menerus menguap seperti mengantuk. Dan kondisi ini sangat membahayakan kamu saat mengemudi seperti saat mudik karena kondisi jalanan padat dan waktu tempuh bisa sangat lama karena terjadi kemacetan.

 

Nah, itu tadi bahaya yang mengancam kesehatan tubuhmu jika berjam-jam terkena hembusan AC. Oleh karena itu sebaiknya lubang AC tidak diarahkan langsung ke muka atau tubuh. Selain itu kamu juga bisa mengatur suhu di dalam kabil mobil, di mana saat udara sudah sejuk kekuatan AC bisa dikecilkan, begitupan dengan angin dari blower. Selamat mudik dan tetap sehat di perjalanan!

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Tags

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red