×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
3 Cara meningkatkan semangat belajar siswa kala pandemi

0

N/A

3 Cara meningkatkan semangat belajar siswa kala pandemi

Foto: Julia M Cameron from Pexels

Cara-cara ini bisa dipraktikkan oleh pengajar saat kegiatan belajar daring berlangsung.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Fendi Saputra, SE., MM.

25 / 08 / 2021 12:27

Menghadapi pandemi global Covid-19, sekolah maupun kampus telah menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi. Institusi pendidikan harus untuk mengalihkan kegiatan belajar mengajar menjadi daring, menyediakan akses yang baik untuk semua siswa dan mahasiswa, serta mendukung kebutuhan pendidikan guru, dosen, mahasiswa dan siswa. Mereka perlu membuat rencana di tengah ketidakpastian yang besar.

Pandemi telah menyebabkan banyak kekhawatiran, stres, dan kesedihan. Hal ini dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan jiwa siapa saja. Termasuk turunnya motivasi belajar yang banyak terjadi pada siswa dan mahasiswa karena perubahan metode pembelajaran di kelas berubah menjadi daring.

Berikut ini dibahas bagaimana pengajar dapat meningkatkan semangat belajar siswa atau mahasiswa agar proses pembelajaran saat pandemi Covid-19 bisa berdampak positif.

1. Memberikan motivasi.

Motivasi sangat penting dalam kehidupan karena tanpa motivasi siswa atau mahasiswa tidak memiliki semangat dalam proses pembelajaran. Motivasi bisa memberikan cerita perjalanan jatuh bangun dan kerja keras. Contohnya kisah orang sukses yang menurut pengajar dapat diterima oleh siswa dan mahasiswa.

Loading...

Sebenarnya tidak ada siswa dan mahasiswa yang malas. Mereka hanya tidak memiliki motivasi untuk mencapainya. Oleh karena itu pengajar harus bisa memberikan motivasi yang cocok untuk siswa dan mahasiswanya.

2. Memberikan bonus poin plus.

Pengajar dapat belajar menghargai keaktifan siswa atau mahasiswa. Caranya, siapa saja yang aktif menjawab dan bertanya akan diberikan poin plus untuk menambah nilai akhir. Sehingga siswa maupun mahasiswa memiliki semangat aktif di kelas daring pada saat proses pembelajaran.

Cara lain juga bisa dilakukan. Misalnya dengan memberikan poin plus jika siswa ataupun mahasiswa melakukan on camera sehingga mereka akan mau untuk on camera pada kelas daring.

3. Interaksi dua arah.

Interaksi dua arah pada saat kelas daring sangat penting. Dengan adanya interaksi dua arah dalam proses pembelajaran, siswa dan mahasiswa didorong belajar aktif ikut serta di kelas daring.

Interaksi dua arah tidak hanya bertanya tentang materi. Namun sangat penting bagi pengajar agar menanyakan kabar muridnya dan keluarga, tempat tinggal, minat dan cita-cita mereka. Pengajar juga harus belajar membuang dinding pembatas dengan siswa ataupun mahasiswa sehingga mereka tidak malu untuk aktif di kelas daring.

Ada banyak cara untuk meningkatkan semangat belajar untuk siswa dan mahasiswa. Semoga beberapa cara di atas bisa memberikan hal positif pada proses pembelajaran di kelas daring saat ini.

Oleh: Fendi Saputra Dosen Muda Prodi Manajemen Univ Pembangunan Jaya





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red