Ingin menerbitkan buk tapi takut ditolak penerbit dan karyanya terbuang sia-sia? Baca peluangmu disini, banyak karya yang diterbitkan tiap tahunnya oleh publisher major (gramedia, republika, dll.) dan self-publisher.

Sayangnya, banyak yang masih belum tahu apa itu self-publisher. Self-publisher adalah penerbit yang menerima semua karya penulis tanpa terkecuali asal tidak mengandung pornografi, kekerasan dan unsur SARA.Karyamu akan diterbitkan tanpa kendala dan harga pun ditentukan oleh penulis, hal ini juga agar penulis mengetahui keuntungan yang didapat jika buku mereka terjual.

Nah, Penerbit (self-publisher) terkenal yang menerima semua naskah saat ini menggunakan situs sebagai media pengiriman naskah dari penulis ke penerbit. Walaupun terlihat sederhana, Penerbit (self-publisher) ini tidak kalah dari penerbit major, karena mereka juga dapat mencetak buku dengan kualitas super, pelayanan yang sangat baik dan bahkan pengurusan ISBN ke PERPUSDA dan PERPUSNAS. Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (9/2) ini dua penerbit (self-publisher) yang menerima semua karya orisinil penulis pemula hingga ahli.

1. Diandra Kreatif (diandracreative.com)

2 Penerbit yang pasti menerima naskah kamu, cocok buat penulis baru

Diandra Kreatif adalah salah satu situs yang menerima semua jenis karya dalam bentuk apapun, baik buku novel, pelajaran, agama, parenting dan banyak lagi. dalam proses penerbitan diandra kreatif menyediakan beberapa jenis paket yaitu:

Paket Idealis (gratis):Paket ini adalah paket gratis, penulis mengedit semua data buku meliputi cover, proof, editing, layout, dll.

Expresif:Paket ini berbayar Rp. 450.000 penulis hanya perlu mengerjakan salah satu dari proses pra cetak yaitu desain cover/ proof/ layout dan sisanya akan dikerjakan pihak penerbit.

Opitimis:Paket ini berbayar seharga Rp 750.000 Penerbit akan memberikan layanan pra cetak yaitu editing aksara (proof), desain cover, layout, dan cetak dengan kualitas yang tinggi menggunakan mesin Print On Demand (POD) yang canggih.

Progressive: Paket seharga Rp 950.000 ini menyediakanfasilitas lengkap mulai dari pra cetak (proof, desain cover, layout), bahkan pihak penerbit menjanjikan akan mengerjakan buku anda menjadi karya yang sangat layak untuk dikonsumsi oleh pembaca.

Super Kum:Paket ini harganya variatif tergantung pesanan konsumen dan paket ini juga memberikan pelayanan penuh untuk pengerjaan karya/ buku pesanan konsumen.Paket yang diperuntukkan bagi guru maupun dosen sebagai bentuk apresiasi terhadap karya-karyanya supaya bisa dibaca dan disebarluaskan ke khalayak umum. Penerbit juga menambahkan proses cetak dan promosi buku dan buku akan diterbitkan dengan label penerbitan yang merupakan anggotaIKAPI.

cara pengiriman naskah pun sangat mudah, kamu hanya perlu daftar sebagai anggota dan melakukan upload naskah pada pilihan paket yang kamu pilih sebelumnya di menu home.

2. Nulisbuku.com

2 Penerbit yang pasti menerima naskah kamu, cocok buat penulis baru

Nulisbuku.com menerima naskah novel, buku parenting, buku pendidikan dan lain-lain. Situs ini sangat disukai karena kamu pembeli dan juga penulis dapat memesan bukunya walau hanya dalam jumlah 1 exemplar dan dalam penerbitan kamu hanya perlu mengupload karya kamu di situs resmi nulisbuku.com pada halaman upload. Untuk penerbitan kamu perlu menunggu beberapa hari untuk karyamu dimuat di halaman resmi nulisbuku.com dan dijual pada khalayak ramai.

Kamu juga dapat menggunakan beberapa service/layanan dari nulisbuku.com meliputi: pengurusan ISBN, editing, desain cover, Print on Demand dan banyak lagi.

Nah, gimana? Ternyata ada kesempatan yang besar untuk menerbitkan hasil karyamu, 'kan? Meski begitu, kita harus tetap menjaga tulisan kita dan tidak mencuri tulisan orang lain. Sebab, pencurian ide dan pengambilan cerita secara ilegal atau melakukan plagiat pada karya orang lain dapat membawamu pada suatu masalah. Salah satunya hukuman kurungan penjara paling singkat 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp. 1 juta, atau dipidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp 5 miliar.