Insan perfilman selalu memiliki ide-ide baru untuk diwujudkan menjadi cerita yang solid. Tak hanya cerita senang dan bahagia, kesedihan dan kejahatan pun bisa dibuat menjadi rangkaian kisah yang membuat penonton terpesona. Kisah manusia memang tak selamanya berjalan aman dan tenteram, sehingga sisi kelam pun menjadi bagian menarik untuk disajikan.

Penculikan atau penyekapan adalah jenis kejahatan yang sering dibuat kisahnya dalam film Hollywood. Drama yang berputar di antara pelaku kejahatan dan korbannya menjadi sangat menarik untuk diikuti. Terkadang, beberapa kisah malah begitu menegangkan dan dramatis sehingga membuat penonton tersihir akan jalinan ceritanya.

Berikut ini 15 film drama Hollywood dengan tema penculikan dan penyekapan. Mau tahu apa saja? Yuk simak.

1. Ransom (1996)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: Mel Gibson, Ren Russo

Seorang multimilyuner mengalami peristiwa yang menyedihkan saat anak satu-satunya diculik. Sang penculik meminta sejumlah uang tebusan yang ia setujui untuk dibayarkan. Tak hanya itu, ia pun menghubungi FBI untuk bisa menangkap penculik anaknya. Kejutan yang terjadi kemudian tak dapat ia duga sebelumnya.

2. Kiss The Girls (1997)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: Morgan Freeman, Ashley Judd.

Diadaptasi dari novel karya James Patterson dengan judul yang sama, film ini mengetengahkan kasus penculikan yang menimpa beberapa orang gadis muda. Detektif sekaligus psikolog Alex Cross ditugaskan untuk menyelidiki hal itu. Kasus semakin pelik dan menghantui Cross setelah keponakannya sendiri menjadi korban. Suatu hari, salah seorang korban penculikan berhasil menyelamatkan diri. Korban kemudian bekerjasama dengan polisi untuk menangkap si pelaku kejahatan.

3. The Negotiator (1998)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: Samuel L. Jackson, Kevin Spacey

Jauh sebelum berperan sebagai Nick Fury di The Avengers, Samuel L. Jackson pernah berperan sebagai Danny Roman, seorang anggota polisi dan juga negosiator ulung. Suatu hari, Roman bingung mengetahui ada tuduhan kejahatan yang ditimpakan kepadanya. Sulit membuktikan bahwa ia tidak bersalah, Roman kemudian memutuskan menyandera beberapa orang dalam sebuah gedung dan meminta didatangkan negosiator lainnya. Film ini asyik untuk diikuti sebab pace nya cepat dan penonton disuguhi dialog yang mempesona serta kejutan yang tak terduga.

4. Along Came A Spider (2001)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: Morgan Freeman, Monica Potter.

Detektif dan Psikolog Alex Cross dari novel James Patterson kembali beraksi. Kali ini, penculikan terjadi pada beberapa anak SD yang bersekolah di sekolah swasta elit. Penculik mengambil seorang anak selebriti dan seorang anak senator. Si penculik tidak meminta uang tebusan, melainkan ingin bertemu dengan Cross secara pribadi. Alex Cross mesti berpacu dengan waktu sebelum semuanya terlambat. Ia pun lagi-lagi harus menghadapi kejutan yang tak disangka-sangka.

5. Panic Room (2002)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: Jodie Foster, Kristen Stewart

Seorang Ibu dan putrinya baru saja menempati rumah baru setelah sang Ibu resmi bercerai. Sialnya, pada malam pertama mereka menempati rumah tersebut, sekawanan perampok datang. Kawanan penjahat ini juga tidak menyangka bahwa rumah tersebut berpenghuni. Pasangan Ibu dan anak ini harus berjuang menyelamatkan nyawa mereka di dalam rumah tersebut setelah keberadaan mereka dianggap sebagai ancaman bagi para perampok. Keadaan diperparah dengan kondisi sang anak yang mengidap penyakit diabetes. Film ini benar-benar seru dan menegangkan. Buat penggemar Twilight, kalian akan terkejut melihat penampilan Kristen Stewart di sini sebagai anak dari Jodie Foster. Stewart bermain di film ini saat usianya masih 12 tahun.

6. John Q (2002)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: Denzel Washington

John Q adalah seorang buruh dengan penghasilan pas-pasan. Suatu hari anaknya satu-satunya divonis gagal jantung. Untuk bisa selamat, anaknya harus mendapatkan donor jantung. John Q tidak mampu mendapatkan fasilitas kesehatan sebab asuransinya ditolak. Kehabisan akal, ia kemudian menyandera satu ruangan gawat darurat dan meminta rumah sakit untuk segera menyediakan donor organ jantung untuk anaknya. Di film ini, mau tidak mau penonton akan dipaksa bersimpati terhadap John Q yang mewakili potret orang miskin yang sering diabaikan negara.

7. Man On Fire (2004)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: Denzel Washington, Dakota Fanning.

John Creasy adalah seorang mantan anggota CIA yang disewa jasanya sebagai bodyguard seorang anak perempuan berusia 9 tahun. Creasy adalah pribadi yang sinis dan peminum berat. Sedikit demi sedikit hubungannya dengan Pita Ramos, si gadis cilik menjadi dekat. Hingga suatu hari Pita diculik dan Creasy bertekad untuk menemukannya sekaligus menghancurkan si penculik dengan tangannya sendiri.

8. Hostage (2005)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: Bruce Willis, Kevin Pollack

Seorang mantan negosiator terpaksa turun tangan menangani penyanderaan di sebuah rumah mewah. Seseorang menyandera keluarganya dan memaksanya untuk menemukan sebuah benda yang disembunyikan di rumah mewah tersebut. Sang negosiator harus berpacu dengan waktu untuk tak hanya menyelamatkan keluarganya sendiri, namun juga menolong anggota keluarga yang disandera di rumah mewah tersebut.

9. Red Eye (2005)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: Cillian Murphy, Rachel McAdams.

Lisa adalah pegawai hotel yang terpercaya dan efisien. Di sebuah perjalanan pesawat, ia disandera oleh seorang lelaki yang mengancam akan membunuh ayahnya jika Lisa tak mau menuruti perintahnya. Lisa diminta berkonspirasi untuk membunuh seorang politisi yang kerap menginap di hotel tempatnya bekerja. Lisa berjuang habis-habisan untuk bisa lepas dari si penjahat, sekaligus menyelamatkan Ayahnya.

10. Gone Baby Gone (2007)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: Casey Affleck, Michelle Monaghan, Morgan Freeman.

Ditulis dan disutradarai oleh Ben Affleck, film ini menceritakan tentang penculikan terhadap seorang anak perempuan berusia 4 tahun. Keluarga korban kemudian menyewa jasa dua penyelidik swasta untuk menyelidiki hilangnya si anak. Dua penyelidik ini kemudian menemukan bahwa kasus tersebut berkembang lebih personal dan lebih serius dibanding sekadar kasus penculikan biasa.

11. Taken (2008)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: Liam Neeson, Maggie Grace

Tak dipungkiri, ini adalah salah satu film Liam Neeson yang paling diingat oleh penonton. Neeson berperan sebagai Bryan Mills, mantan anggota CIA yang dipaksa untuk mengerahkan seluruh kemampuan intelijen sekaligus keahlian bertarungnya ketika putrinya diculik dalam perjalanan menuju Paris. Mills harus berhadapan dengan sindikat human trafficking yang amat kejam.

12. After Life (2009)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: Christina Ricci, Justin Long, Liam Neeson.

Setelah kecelakaan mobil yang menimpanya, Anna terbangun di sebuah kamar mayat. Ia bertemu dengan Eliott, petugas kamar mayat yang sedang membersihkannya. Eliott meyakinkan Anna bahwa ia sudah meninggal, dan Eliott satu-satunya orang yang bisa berkomunikasi dengannya. Anna awalnya pasrah dengan keadaan ini, dan menyangka bahwa ia sedang dipersiapkan untuk menghadapi alam kematian. Kondisi ini berubah ketika Paul, kekasihnya muncul dan bersikeras bahwa Anna belum meninggal. Eliott kemudian mengurung Anna di kamar mayat tersebut dan Anna harus berusaha keras keluar dari sana sambil mencari jawaban atas kondisi dirinya sendiri.

13. Trespass (2011)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: Nicholas Cage, Nicole Kidman.

Kyle dan Sarah Miller adalah pasangan kaya yang tinggal di sebuah rumah mewah. Suatu hari, sepulang dari perjalanan bisnis, sekelompok perampok menyambangi rumah mereka. Kyle dan Sarah beserta anak mereka menjadi sandera. Perampok menuntut mereka untuk menyerahkan simpanan mereka paling berharga, yaitu simpanan permata. Masalah tambah pelik ketika kemudian rahasia keluarga tak sengaja terungkap dalam pertarungan hidup dan mati ini.

14. Prisoners (2013)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: Hugh Jackman, Jack Gylenhaal.

Keller Dover adalah seorang ayah dari dua orang anak. Sepulang dari acara makan malam, anak perempuannya yang berusia 6 tahun bernama Anna, diculik bersama dengan seorang temannya. Keller kemudian bekerjasama dengan polisi untuk memburu penculik Anna. Keller mulai putus asa ketika tak satupun petunjuk berhasil mengarahkannya pada si pelaku. Namun, Keller adalah seorang ayah yang mau melakukan apa saja demi menyelamatkan putrinya tersebut. Apa saja.

15. Gone Girl (2014)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: Ben Affleck, Rosamund Pike.

Film drama ini sangat mengejutkan karena plot twistnya yang tak disangka-sangka. Di hari ulangtahun pernikahannya yang ke-5, Nick Dunne melaporkan hilangnya Amy, istrinya sendiri. Amy Dunne adalah anak dari penulis terkenal yang disukai banyak orang. Kontan, peristiwa ini menjadi sorotan media. Nick Dunne kemudian ikut dicurigai sebagai orang yang bertanggungjawab atas hilangnya Amy, sebab ternyata pernikahan mereka tak seindah buku dongeng. Nick kemudian berusaha membuktikan bahwa ia sama sekali tak terlibat atas penculikan atau hilangnya Amy.

16. Split (2016)

16 Film Hollywood bertema penculikan, seru dan menegangkan!

Pemain: James McAvoy, Anya Taylor Joy.

Tiga orang gadis diculik dan disekap seorang lelaki di sebuah tempat. Si lelaki ternyata pengidap penyakit mental, yaitu berkepribadian ganda. Ia didiagnosa memiliki 23 kepribadian yang berbeda. Tiga gadis yang diculik kemudian berusaha keras lepas dari cengkeraman si lelaki tersebut.

Nah, 16 film bertema penculikan ataupun penyanderaan ini seru-seru kan premis ceritanya. Nonton yuk!