Tahun ajaran baru udah dimulai nih. Jujur, siapa yang udah mulai ngeluhin tugas? Siapa yang udah jadi sasaran amarah guru? Udah gitu, harus belajar pelajaran yang nggak kalian suka. Belum lagi ditagihin uang kas sama bendahara yang lebih galak dari preman pasar. Ugh! Bikin tambah pengen cabut dari sekolah aja!

Eits, jangan menyerah dulu. Berikut ini 12 cara ampuh yang bisa kamu cobain buat bertahan hidup di sekolah. Yuk, disimak!

1. Catat semua tugas dan ulangan.

12 Tips agar kehidupan sekolahmu berjalan lancar

Jujur aja, pasti kamu sering kan, lupa ngerjain tugas di rumah? Mending kalau lupa ada PR, kalau lupa ada ulangan gimana? Nah, mumpung tahun ajaran baru dimulai, kamu bisa coba nih. Untuk nambah semangat, kamu bisa belinotebook dengan gambar-gambar lucu. Tapi kalau lagibokek, nggak perlu cemas, ketik aja di fiturnotesdi ponselmu.

2. Buat rencana harian.

12 Tips agar kehidupan sekolahmu berjalan lancar

Di malam hari sebelum tidur, kamu bisa tulis berbagai macam kegiatan yang bakal kalian lakuin besoknya. Tujuan dari membuat rencana harian itu biar kamu nggak lupa ngerjain PR atau belajar untuk ulangan. Jadi, apa pun yang mau kamu lakuin kesesokan harinya, jangan lupa sisihkan waktu setidaknya dua jam untuk belajar dan ngerjain PR.

3. Prioritaskan tugas yang harus dikumpulin duluan.

12 Tips agar kehidupan sekolahmu berjalan lancar

Kamu kan udah mencatat semua tugas dan ulangan. Nah, biar nggak keteteran, kerjain dulu tugas yang harus dikumpulin duluan. Ulangan juga sama, pelajari dulu materi yang akan diulangkan duluan.

4. Perhatiin guru di kelas.

12 Tips agar kehidupan sekolahmu berjalan lancar

"Aduh! Males banget sih!"pasti itu pikiranmu begitu baca kalimat di atas. Apalagi kalau gurunya ngebosenin. Tapi, percaya deh, merhatiin guru bisa mempermudah kamu dalam ngerjain PR dan ulangan. Selain itu, kamu bisa langsung bertanya kalau ada yang nggak dimengerti.

5. Buat catatan.

12 Tips agar kehidupan sekolahmu berjalan lancar

"Aduh! Males banget sih!" pikir kamu lagi. Tapi beneran deh, kalau kamu nulis materi yang dijelasin guru kamu akan cenderung ingat lebih lama. Alhasil, ketika kamu ngerjain PR di rumah, kamu akan terbantu.

6. Jangan menumpuk PR.

12 Tips agar kehidupan sekolahmu berjalan lancar

Begitu dikasih PR, langsung kerjakan. Kenapa? Biar lebih gampang kamu kerjain. PR yang dikasih guru biasanya berhubungan dengan materi yang dikasih pada hari itu. Jadi, mumpung materinya masih anget di otak, mending langsung kerjain. Menumpuk PR hanya akan membuat kamu pusing karena ada terlalu banyak hal yang harus kamu kerjakan.

7. Hindari sistem kebut semalam.

12 Tips agar kehidupan sekolahmu berjalan lancar

Selain membingungkan, sistem kebut semalam juga bisa membuat kamu kurang tidur. Alhasil, kamu nggak akan fokus saat ujian berlangsung. Lebih baik mempelajari materi jauh-jauh hari sebelum ulangan.

8. Belajar bareng teman.

12 Tips agar kehidupan sekolahmu berjalan lancar

Selain asyik, belajar bareng teman bisa memperluas wawasanmu. Saat belajar bareng teman, kamu bisa berdiskusi dengan mereka tentang materi yang kalian pelajari. Tapi awas ya, jangan sampai diskusi kalian melantur ke hal-hal lain!

9. Tidur yang cukup.

12 Tips agar kehidupan sekolahmu berjalan lancar

Ketiduran di kelas sama aja dengan nggak memperhatikan guru. Kalau udah kejadian, kamu bakal ketinggalan materi, kesulitan mengerjakan PR, dan bingung saat ulangan. Tidur selama 5-6 jam semalam akan membantumu tetap segar sepanjang hari.

10. Jangan cari masalah sama guru.

Udah jadi rahasia umum bahwa bermasalah sama guru bakal mempengaruhi nilaimu. Kalau keterlaluan, kamu bisa tinggal kelas. Kalau kamu bermasalah sama guru, mereka cenderung menilai kamu belum bisa menghadapi orang dengan baik. Logikanya sih, sama guru aja gitu, apa lagi ketika bermasyarakat? Jadi, kalau ada hal yang tidak kamu setujui, bicarakan dengan mereka baik-baik. Jangan lupa, posisikan mereka sebagai orang tuamu.

11. Aktif di kegiatan sekolah.

12 Tips agar kehidupan sekolahmu berjalan lancar

Selain tempat belajar, sekolah juga tempat untuk mengembangkan bakat dan minatmu. Pilihlah ekskul yang sesuai dengan hobimu. Misalnya, kalau kamu suka musik, kamu bisa gabung dengan marching band. Pasti seru deh bergabung dengan teman-teman dengan kesukaan yang sama.

12. Nggak perlu membandingkan diri dengan orang lain.

12 Tips agar kehidupan sekolahmu berjalan lancar

"Udah usaha segini banyak kok nilai dia tetep lebih bagus dari gue?" pertanyaan itu sering banget muncul ketika sekolah. Sebenernya, kamu nggak perlu khawatir. Membandingkan diri sendiri dengan orang lain hanya akan membuat kamu cemas. Kamu malah akan terfokus kepada orang lain, bukannya pencapaian dirimu sendiri. Tenang aja, semua orang punya kelebihan di bidangnya masing-masing. kamu cukup menjadi dirimu sendiri.

Itu dia 12 cara bertahan hidup di sekolah yang dirangkum untuk kamu. Selamat mencoba dan tetap semangat!