Jelaslah bahwa ketika berbicara soal makanan, teknologi bekerja untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik, misalnya seperti menciptakan botol air dan cangkir kopi yang dapat dimakan. Namun demikian, beberapa bagian dari alam kuno yang sebagian besar dari kita tidak tahu ternyata dapat dengan aman dikonsumsi oleh manusia.

Nah, di sini kita akan mencari tahu beberapa hal menakjubkan yang telah dimakan sejak dulu kala. Mungkin saja beberapa bahan makanan ini belum pernah terpikirkan olehmu jika dapat dikonsumsi.

1. Kulit pohon.

12 Bahan makanan tak terduga ini sebenarnya bisa dikonsumsi

@depositphotos.com@depositphotos.com

Kulit pohon telah dikonsumsi oleh hampir semua orang sejak dulu, dan kulit kayu yang paling umum dimakan adalah kayu manis.

Kamu bisa menggiling kulit bagian dalam dari banyak pohon dan membuat tepung dari kulit tersebut. Dengan tepung itu kamu bisa membuat pastamu sendiri dan juga bisa dipanggang, sehingga bukan menggunakan tepung biasa.

Bagian dalam kulit kayu bagian dari pohon disebut kambium dan menurut penelitian, kulit pohon pinus memiliki banyak manfaat kesehatan. Ini dapat menurunkan kadar glukosa dan meningkatkan kekebalan karena membantu tubuh menyerap lebih banyak vitamin C dari makanan dan bertindak sebagai pelindung kulit terhadap sinar UV.

2. Kaktus.

12 Bahan makanan tak terduga ini sebenarnya bisa dikonsumsi

@pixabay.com@jlastras / Flickr

Kaktus tampak seperti tanaman yang akan kamu hindari, dan gagasan memakannya bisa sedikit mengejutkan karena mereka begitu runcing dan tajam.

Namun ada beberapa varietas yang dapat dimakan dan dapat digunakan dalam banyak hidangan setelah dipersiapkan secara matang. Salah satu contohnya adalah kaktus nopales yang rasanya seperti mentimun, serta kaya akan antioksidan dan flavonoid.

3. Cockscomb.

12 Bahan makanan tak terduga ini sebenarnya bisa dikonsumsi

Cockscomb adalah mahkota bergerigi merah di atas kepala ayam dan secara mengejutkan, cockscomb initak hanya dapat dimakan, tapi juga rasanya lezat. Bahan ini disajikan dalam masakan eksotis yang berbeda seperti Cina dan Prancis di mana mereka digunakan sebagai garnish.

Menurut penelitian, sisir ayam digunakan dalam suntikan untuk mengobati osteoarthritis lutut.

4. Kulit telur.

12 Bahan makanan tak terduga ini sebenarnya bisa dikonsumsi

@depositphotos.com@born_again_raw_feeders / Instagram@caitlinallday_rdn / Instagram

Baru-baru ini, kulit telur terbukti menjadi pupuk tanaman yang hebat, tetapi yang lebih mengejutkan adalah bahwa telur dapat dikonsumsi sebagai suplemen kalsium karena kandungan mineralnya yang tinggi. Tentu saja ada beberapa langkah yang harus diambil sebelum mengonsumsinya.

Kulit telur harus organik, dan kedua, kulit telur harus direbus dan dipanggang hingga 200 derajat. Selain itu juga harus digiling halus.

Namun, ada beberapa bahaya mengonsumsi kulit telur karena semua suplemen kalsium alami mengandung sejumlah besar logam beracun seperti merkuri.

5. Kulit Ponmo.

12 Bahan makanan tak terduga ini sebenarnya bisa dikonsumsi

@depositphotos.com@freesiafoodies / Instagram

Jangan tertipu oleh eksterior mengkilap dari kulit yang dirawat secara kimia karena pada bentuknya yang paling murni, kulit ini dapat benar-benar dimakan.

Ponmo, misalnya, adalah kulit sapi yang telah diproses untuk dikonsumsi dengan daging sapi dan itu adalah makanan yang sangat umum di Nigeria.Namun, ada banyak perselisihan mengenai apakah itu sehat atau tidak, dan para ilmuwan mencapai kesimpulan bahwa ini tak memiliki nilai gizi.

6. Dandelion.

12 Bahan makanan tak terduga ini sebenarnya bisa dikonsumsi

@depositphotos.com@depositphotos.com

Dandelion adalah objek yang dapat dimakan dan sehat di daftar ini. Sehingga kecantikan luar bunga ini cocok dengan manfaat nutrisinya. Dandelionkaya akan vitamin C, A dan K, kaya antioksidan, dan mereka sumber kalium dan zat besi. Selain itu, dandelion digunakan dalam banyak budaya sebagai obat untuk mengobati radang dan menyiapkan obat-obatan yang berbeda.

Penting untuk dicatat bahwa dandelion harus tumbuh secara organik jika dimaksudkan untuk dikonsumsi manusia.

7. Emas.

12 Bahan makanan tak terduga ini sebenarnya bisa dikonsumsi

Emas secara biologis inert, yang berarti tak bereaksi secara kimia dan dapat melewati sistem pencernaan tanpa diserap ke dalam usus. Inilah alasan mengapa kami melihatnya sebagai hiasan di banyak gurun yang menampilkan cokelat.

Emas 24 karat biasanya dijual dalam bentuk lembaran atau serpih, ini membuatnya menjadi bentuk emas paling murni untuk dikonsumsi.Jika daun emas memiliki nilai kurang dari 24 karat,maka akan menjadi kurang murni karena bahan kimia lainnya dan tak aman untuk dimakan.

8. Tanah Liat.

12 Bahan makanan tak terduga ini sebenarnya bisa dikonsumsi

@pixabay.com@depositphotos.com

Kita semua tahu manfaat kecantikan dari tanah liat karena itu adalah bagian yang sangat besar dari industri kecantikan pada umumnya.Namun demikian, ada bagian dunia di mana orang makan tanah liat sebagai bagian dari makanan mereka secara teratur, terutamadi Timur Tengah dan Afrika.Tanah liat juga diambil sebagai suplemen oleh orang-orang yang kekurangan seng.

Selain itu, tanah liat mendukung pencernaan yang sehat dengan membuang racun dari usus. Perlu diingat bahwa untuk mengonsumsi tanah liat, haruslah kualitas food grade.

9. Kapur.

12 Bahan makanan tak terduga ini sebenarnya bisa dikonsumsi

@depositphotos.com@depositphotos.com

Kapur adalah zat alami dan tak beracun karena kapur adalah kalsium karbonat murni. Meskipun tak menawarkan manfaat kesehatan bagi orang yang mengonsumsinya, kapur aman untuk dimakan.

Kebanyakan orang yang mendambakan dan memakannya sangat sering menderita kondisi yang disebut pica, yang membuat orang mendambakan item non-nutrisi dan ini terjadi ketika seseorang hamil atau kekurangan zat besi.

10. Play-doh.

12 Bahan makanan tak terduga ini sebenarnya bisa dikonsumsi

@depositphotos.com

Playdoh adalah adonan mainan atau plastisin mainan yang merupakan bentuk modern dari mainan adonan tanah liat atau lempung. Alasan playdoh ini tidak beracun dan begitu populer saat ini adalah karena anak-anak suka memakannya dan banyak perusahaan memutuskan untuk membuatnya seaman mungkin bagi anak-anak untuk bermain. Play-doh non-toksik terbuat dari tepung, pewarna makanan, air, garam, minyak mineral, dan asam borat.

Namun, TIDAK disarankan untuk mengonsumsi play-doh secara teratur, dan jika itu terjadi, selalu hubungi pusat kendali racun untuk mencari tahu apakah hal tersebut aman atau tidak.

11. Sarang burung.

12 Bahan makanan tak terduga ini sebenarnya bisa dikonsumsi

@CEphoto, Uwe Aranas / Wikipedia@Kowloonese / Wikipedia

Sarang burung yang dapat dimakan adalah bagian besar dari industri makanan China, terutama karena selera mereka yang unik dan nilai gizi yang tinggi. Sarang burungterbuat dari air liur burung yang tinggal di gua yang disebut burung walet di Asia Tenggara. Karena fakta bahwa mereka sangat berbahaya untuk dipanen dan sulit untuk mempersiapkannya, harganya lebih dari $4.000 per pon. Dan di Indonesia pun kini sudah banyak yang ternak sarang burung walet karena harganyayang sangat mahal untuk dijual.

Sarang burung waletkaya protein dan dikemas dengan asam amino, sifat anti-inflamasi, dan anti-oksidan. Secara tradisional, mereka dikonsumsi dalam sup, tetapi sekarangdapat ditambahkan sebagai bahan utama dalam berbagai makanan, minuman, dan bahkan produk kosmetik.

12. Kotoran.

12 Bahan makanan tak terduga ini sebenarnya bisa dikonsumsi

@pixabay.com

Makan kotoran sangat umum, terutama di kalangan anak-anak. Tetapi yang menarik, itu umum di kalangan orang dewasa juga.

Ada praktik yang menarik yang disebut Geophagia dan jika diterjemahkan secara harfiah, artinya untuk "memakan bumi" dan substansi dari tanah, seperti kapur. Makan kotoran, bagaimanapun bisa sangat berbahaya terutama karena bahan kimia dan parasit yang dikandungnya.

Namun dalam beberapa kasus, jika tanahnya 100% organik dan belum diolah dengan bahan kimia apa pun, maka akan aman dikonsumsi manusia.