×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
11 Kota terbesar kedua di kawasan Asia Tenggara, eh ada Surabaya

0

News

11 Kota terbesar kedua di kawasan Asia Tenggara, eh ada Surabaya

Biasa tahunya kota terbesar saja.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Gus Eka

31 / 01 / 2018 20:42

Bagi kamu neh guys tentu tahu bukan rata-rata kota terbesar di kawasan Asia Tenggara ini, semisal Jakarta, Singapura, Kuala Lumpur atau Bangkok! Nah, tapi pastinya di antara kamu, jarang yang tahu kota-kota terbesar kedua di negara yang terletak di kawasan strategis antara Samudera Pasifik dan Hindia serta Asia dan Australia ini.

Berikut 11 kota terbesar di negara kawasan Asia Tenggara yang perlu kamu tahu guys buat nambah wawasan!

1. Surabaya, Indonesia

Surabaya

Buat kita warga Negara Indonesia, tentu tahu kota terbesar kedua di negara ini! Tentu saja Surabaya! Ibukota Provinsi Jawa Timur ini merupakan kota terbesar setelah DKI Jakarta. Kota seluas 350,5 km persegi ini memiliki jumlah penduduk tahun 2,765 juta jiwa tahun 2010.

Loading...

Kota Surabaya dan kawasan sekitarnya membentuk sebuah Kota Metropolitan besar dengan nama Gerbangkertosusila yang merupakan akronim dari Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Sidoarjo-Lamongan layaknya Jabodetabek di Jakarta. Kawasan Metropolitan Gerbangkertosusila ini diprediksi memiliki penduduk lebih dari 10 juta jiwa!

2. Manila, Filipina

Manila

Wah siapa sangka, ibu kota Filipina ini bukan kota terbesarnya. Kota terbesarnya adalah Kota Quezon dengan jumlah penduduk 2,9 juta jiwa, sedangkan Manila sebagai ibu kota negara 1,8 juta jiwa saja.

Tapi itu di luar kawasan metropolitannya ya guys karena kalau kamu hitung Manila dengan kawasan metropolitannya tentu sangat padat guys yakni lebih dari 12 juta jiwa!

3. Hanoi, Vietnam

Kota Hanoi

Ibu kota Vietnam ini juga sama ya guys menjadi kota terbesar kedua di negaranya. Terletak di kawasan utara Vietnam dan kota ini berpenduduk 7,5 juta jiwa lebih tahun 2015. Gimana guys keren kan kota ini, cocok deh buat yang suka travelling keluar negeri untuk main kesini? Untuk kota terbesar di negara ini disandang oleh Ho Chi Minh City di kawasan selatan negara itu!

4. Johor Bahru, Malaysia

Johor Bahru

Untuk di Malaysia kota ini adalah kota terbesar kedua setelah Kuala Lumpur. Kota ini sangat keren lho guys cocok buat jadi tujuan destinasi wisata kamu kalau lagi ke Malaysia! Kota ini juga menyandang predikat sebagai ibu kota dari Negara Bagian Johor, Malaysia!

5. Baucau, Timor Leste

Baucau

Kota ini merupakan kota terbesar kedua di Timor Leste. Merupakan ibu kota dari distrik dengan nama yang sama. Kota ini berpenduduk hanya 16 ribu jiwa saja lho guys! 

6. Nonthaburi, Thailand

Nonthanburi

Setelah Bangkok, kota ini adalah kota terbesar kedua di negara Gajah Putih ini. Berpenduduk 260 ribu jiwa lebih, Kota Nonthaburi merupakan ibu kota dari kabupaten dan provinsi yang sama namanya dengan kota ini.

Letaknya yang tidak terlalu jauh, menyebabkan kota ini bisa dibilang masuk kawasan metropolitan Bangkok! Jadi kalau kamu ke Bangkok pasti kamu mungkin ke sini juga!

7. Battambang, Kamboja

Battambang

Kota ini adalah kota terbesar kedua di negeri yang terkenal dengan Angkor Watnya ini. Kota ini merupakan ibu kota dari Provinsi Battambang. Penduduk kota ini guys berjumlah lebih dari 250 ribu jiwa!

8. Mandalay, Myanmar

Benteng Mandalay

Kota ini adalah ibu kota terakhir dari Kerajaan Myanmar atau Burma dahulu. Kota ini sangat indah guys karena layaknya kota kuno yang memiliki benteng perlindungan, sehingga bisa dianggap kota didalam kota.

Kota ini sendiri memiliki penduduk lebih dari 1,25 juta jiwa tahun 2014. Wah bagus dijadiin buat destinasi ya guys bagi yang suka kota bersejarah seperti salah satunya benteng Mandalay ini!

9. Savannakhet, Laos

Savannakhet

Kota ini adalah kota terbesar kedua guys di Laos setelah Vientiane ibu kota negaranya. Tahu letak negara Laos kan? Negara satu-satunya di Asia Tenggara yang terkurung oleh daratan, jadi gak berbatasan dengan laut. Kota ini memiliki penduduk sebanyak 120 ribu jiwa lebih, mempunyai jembatan persahabatan Thailand-Laos yang dibuka tahun 2007. Karena dekat pegunungan, udaranya tentu menjadi sejuk!

10. Kuala Belait, Brunei Darussalam

Kuala Belait

Kota ini adalah kota terbesar kedua setelah ibu kota negara, yakni Bandar Seri Begawan. Kota ini adalah ibu kota dari distrik Belait. Populasinya sekitar 28.400 jiwa guys!

11. Ang Mo Kio, Singapura

Ang Mo Kio

Negara yang sering dijuluki negara pulau ini juga memiliki kota lainnya selain Singapura sendiri. Kota Ang Mo Kio ini adalah pusat kota baru yang dikutip dari wikepedia. Kotanya berada di kawasan utara-tengah negara jiran ini. Wilayah ini sebagai pusat kota baru juga memiliki pusat jajanan, pasar tradisional dan blok perumahan.

Source






Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    27%

  • Ngakak!

    18%

  • Wow!

    27%

  • Sedih

    9%

  • Marah

    18%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red