×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Stasiun kereta api ini punya arsitektur megah dan menakjubkan

0

Jalan-Jalan

10 Stasiun kereta api ini punya arsitektur megah dan menakjubkan

Stasiun kereta api di berbagai negara ini merupakan peninggalan sejarah dengan arsitektur yang megah.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Aditya Novianda

16 / 08 / 2019 14:00

Stasiun kereta api biasanya bukan tempat ideal orang untuk menghabiskan waktu. Suara bising dan keramaian sudah cukup untuk membuat orang untuk menjauh sesegera mungkin.

Namun, ada beberapa stasiun kereta api yang menawarkan lebih dari yang tidak bisa dibayangkan. Di bawah ini adalah beberapa arsitektur megah serta peninggalan sejarah dari berbagai stasiun kereta api di dunia. Yuk kita lihat.

1. Stasiun Kereta Kuala Lumpur, Malaysia.

10 Stasiun kereta api ini punya arsitektur megah dan menakjubkan

Dirancang oleh Arthur Benison Hubback, konstruksi stasiun ini selesai pada tahun 1917. Stasiun kereta ini adalah tempat pertemuan berbagai gaya arsitektur, menggabungkan sekolah-sekolah Arab, India, dan Eropa. Sulit untuk membayangkannya sebagai stasiun kereta api karena lebih mirip istana.

Loading...

Dengan dibukanya stasiun Central Kuala Lumpur yang baru, stasiun ini tidak lagi menjadi yang terkemuka dalam hal komuter, tetapi banyak menarik pengunjung karena keindahannya.

2. Stasiun Kanazawa, Jepang.

10 Stasiun kereta api ini punya arsitektur megah dan menakjubkan

Stasiun ini berdiri pada 1898. Stasiun Kanazawa menarik perhatian para arsitek di seluruh dunia. Meskipun stasiun ini mengangkat beberapa pada pembukaan karena arsitekturnya yang agak modern tidak sesuai dengan Kota Benteng Tua. Stasiun Kanzawa di Jepang adalah salah satu stasiun kereta api termegah di dunia.

Direnovasi pada tahun 2005, sangat stasiun ini terkenal untuk 'gerbang drum' raksasa yang kakinya menyerupai drum tsuzumi dan kubah besar.

3. Stasiun Kereta CFM, Maputo, Afrika.

10 Stasiun kereta api ini punya arsitektur megah dan menakjubkan

Satu-satunya stasiun kereta api Afrika dalam daftar ini, stasiun CFM di Ibu kota Mozambik sangat dipengaruhi oleh arsitektur Portugis. Dirancang oleh Alfredo Augusto Lisboa de Lima, Mario Veiga, dan Ferreira da Costa, stasiun ini selesai pada tahun 1916.

Stasiun ini menghadap ke Lapangan Buruh yang terkenal. Ada koleksi lokomotif uap di stasiun CFM. Ini juga berfungsi sebagai tempat untuk konser dan sesekali untuk pameran.

4. Stasiun Sirkeci, Istanbul.

10 Stasiun kereta api ini punya arsitektur megah dan menakjubkan

Dirancang oleh arsitek August Jasmund, stasiun ini dibuka pada tahun 1890. Terletak di dekat selat Bosporus, stasiun Turki ini dibangun dalam perpaduan antara arsitektur Art Nouveau dan Oriental. 

Stasiun Sirkeci dibangun pada masa Sultan Abdulaziz pada 1873. Kebijakan jalur kereta diperpanjang oleh Sultan hingga mendekati Istana Topkapi di tepi Laut Marmara. Namun, pada saat itu bangunan stasiun masih sementara. Baru setelah 11 Februari 1988, pada masa Sultan Abdulhamit II, pembangunan stasiun yang awalnya bernama Stasiun 'Muir Ahmet Paa' ini tuntas.

5. Gare du Nord, Paris.

10 Stasiun kereta api ini punya arsitektur megah dan menakjubkan

Ini adalah salah satu dari enam stasiun besar dari jaringan jalur utama SNCF untuk Paris, Prancis. Dekat Gare de l'Est di arondisemen ke-10, Gare du Nord menghubungkan beberapa jalur transportasi perkotaan yang meliputi Paris Metro, RER, dan bus. Menurut jumlah pengunjung, yang berjumlah sekitar 214 juta per tahun, stasiun tersebut adalah stasiun kereta api terpadat di Eropa, terpadat ke-24 di dunia, dan terpadat di luar Jepang.

6. Antwerp Central, Antwerp.

10 Stasiun kereta api ini punya arsitektur megah dan menakjubkan

Bangunan stasiun asli dibangun antara tahun 1895 dan 1905 sebagai pengganti terminal asli dari Kereta Api Brussels-Mechelen-Antwerp. Bangunan terminal berbalut batu, dengan kubah besar di atas aula ruang tunggu dirancang oleh Louis Delacenserie. Jembatan masuk ke stasiun juga merupakan struktur penting yang dirancang oleh arsitek lokal Jan Van Asperen. Sebuah plakat di dinding utara menyandang nama Middenstatie .

Stasiun ini sekarang secara luas dianggap sebagai contoh terbaik dari arsitektur kereta api di Belgia meskipun eklektisme yang luar biasa dari pengaruh pada desain Delacenserie telah menyebabkan kesulitan dalam menempatkannya ke gaya arsitektur tertentu.

Dalam novel WG Sebald, Austerlitz, kemampuan untuk menghargai berbagai gaya yang mungkin memengaruhi Delacensiere digunakan untuk menunjukkan kecemerlangan sejarawan arsitektur fiksi yang merupakan tokoh protagonis novel tersebut.

7. Stasiun Atocha, Madrid.

10 Stasiun kereta api ini punya arsitektur megah dan menakjubkan

Dibuka pada tahun 1851, stasiun ini dinamai berdasarkan gereja terdekat yang didedikasikan untuk Our Lady of Atocha. Stasiun ini dirancang oleh Alberto de Palacio Elissagne dan Gustave Eiffel.

Apa yang membuat stasiun Atocha unik adalah taman besar menyerupai hampir hutan kecil yang dibangun di sekitarnya. Stasiun ini dirancang oleh arsitek Spanyol Rafael Moneo dan menampung ratusan spesies tanaman dan hewan langka. Ada juga peringatan untuk para korban pemboman Madrid tahun 2004.

8. St. Pancras International, London.

10 Stasiun kereta api ini punya arsitektur megah dan menakjubkan

Dikenal sebagai 'katedral kereta api,' St. Pancras International dibuka pada tahun 1868. Sejak itu telah mengalami renovasi beberapa kali, tetapi tetap mempertahankan pesona lamanya.

Terkenal dengan arsitektur Victoria-nya, stasiun ini dihiasi dengan banyak karya seni. Gudang melengkung stasiun adalah struktur bentang tunggal terbesar pada waktu itu. Fasadnya ditempati oleh Renaissance Hotel. Stasiun ini juga memiliki banyak toko dan restoran.

9. Chhatrapati Shivaji Terminus, Mumbai.

10 Stasiun kereta api ini punya arsitektur megah dan menakjubkan

Satu-satunya stasiun kereta api yang telah dimasukkan dalam daftar situs warisan dunia UNESCO, Chhatrapati Shivaji Terminus adalah contoh kemenangan arsitektur. Dirancang oleh Frederick William Stevens dalam perpaduan arsitektur Mughal dan Victorian Gothic tradisional, stasiun ini dibuka pada tahun 1888. Stasiun ini sebelumnya bernama Victoria Terminus. Stasiun ini dinamai raja Maratha Shivaji, merupakan salah satu yang tersibuk di India yang digunakan oleh sekitar tiga juta penumpang setiap hari.

10. Grand Central Terminal, New York.

10 Stasiun kereta api ini punya arsitektur megah dan menakjubkan

Dirancang oleh firma arsitektur Reed dan Stem serta Warren dan Wetmore, stasiun kereta api di New York ini adalah salah satu tempat wisata paling populer di dunia. Grand Central Terminal menarik lebih dari 20 juta pengunjung dalam setahun, menjadikannya salah satu dari sepuluh tujuan wisata teratas. Ini adalah stasiun kereta api terbesar di dunia dengan 44 platform dan 67 trek.

Bangunan saat ini dirancang dengan gaya Beau-Arts, selesai pada tahun 1913. Suatu kali stasiun ini digunakan untuk menampung galeri seni dan museum. Stasiun kereta api secara teratur menemukan tempat di daftar teratas. Stasiun ini telah ditampilkan dalam banyak film, termasuk The Godfather dan Men in Black.

Source





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

-->
MORE
Wave red