Seperti yang kita tahu Asia Tenggara kini sedang berkembang pesat baik dalam segi ekonomi, hiburan, maupun pembangunan arena olahraga. Dan sekarang Asia Tenggara memiliki banyak stadion yang berstandar FIFA baik dalam segi rumput, maupun dalam segi kapasitas penonton.

Nah, biar kamu pengetahuanmu bertambah ini 10 stadion termegah di Asia Tenggara. cek saja foto-fotonya yang nggak kalah dengan stadion di Eropa.

10. Stadion I - Mobile di Thailand
10 Stadion termegah di Asia Tenggara, ada dari Indonesia lho

Stadion termegah dan terbesar di Asia Tenggara yang pertama adalah New I-Mobile yang merupakan kandang dari klub Buriram United F.C di negara Thailand. Dibuka pada 4 Juni 2011, Stadion New I-Mobile yang beralamat di Mueng Buri Ram District, Bururam 31000, Thailand, dan memiliki daya tampung hingga 24.000 penonton. Stadion ini memiliki desain seperti stadion Stamford Bridge di Inggris.

9. Stadion My Dinh di Vietnam

10 Stadion termegah di Asia Tenggara, ada dari Indonesia lho

Stadion termegah dan terbesar di Asia Tenggara selanjutnya bernama stadion nasional My Dinh ini berlokasi di Hanoy ibukota dan merupakan rumah tim nasional Vietnam. Tidak heran jika menghabiskan dana pembangunan sebesar US$ 53.000.000, karena Stadion Nasional My Dinh memiliki kapasitas 40.000 orang. Pembangunan stadion ini dimulai pada tahun 2001 dan mulai dipakai pada tahun 2003.


8. Stadion Gelora Bandung Lautan Api di Indonesia

10 Stadion termegah di Asia Tenggara, ada dari Indonesia lho

Stadion termegah di Asia Tenggara ketiga adalah GBLA yang merupakan singkatan dari Gelora Bandung Lautan Api yang merupakan rumah dari klup sepak bola terkenal di Indonesia yaitu Persib Bandung. GBLA merupakan kebanggaan bagi masyarakat Bandung karena begitu megah untuk ukuran tim daerah karena menghabiskan dana 545 miliar Rupiah untuk membangunnya. Stadion GBLA dibuka pada Mei 2009, setelah 4 tahun lama pembangunan, yaitu dimulai pada tahun 2005.


7. Stadion Rajamangala di Thailand

10 Stadion termegah di Asia Tenggara, ada dari Indonesia lho

Stadion yang berada di kompleks olahraga Hua Mak Sport Bangkok Thailand ini dibangun untuk menyambut Asia Games ke-13 dengan kapasitas penonton hingga 50.000 orang. Stadion yang dibangun pada tahun 1998 ini adalah salah satu Stadion Termegah dan Terbesar di Asia Tenggara dan merupakan rumah bagi Tim Nasional sepak bola negara Thailand.


6. Stadion Utama Riau di Indonesia

10 Stadion termegah di Asia Tenggara, ada dari Indonesia lho

Stadion Utama Riau adalah stadion kebanggan masyarakat Riau. Stadion yang memiliki konstruksi bangunan yang elegan ini, mulai dibangun pada bulan Oktober tahun 2009 dan dibuka pada tahun 2012. lokasinya berada di Pekanbaru Provinsi Riau. Stadion Utama Riau mempunyai kapasitas penonton hingga bisa mencapai 44.000 penonton. Pembangunan Stadion megah ini memakan biaya hingga 1,18 triliun rupiah.


5. Stadion Nasional Singapura di Singapura

10 Stadion termegah di Asia Tenggara, ada dari Indonesia lho

Sesuai namanya, stadion termegah dan terbesar di Asia Tenggara ini berlokasi di negara berlambang singa yangdibuka pada 30 Juni 2014, dan tentunya merupakan rumah bagi timnas Singapura. Stadion ini terlihat sangat megah karena bentuk atapnya seperti kubah yang besar yang bisa dibuka dan di tutup. Untuk membuka dan menutupnya, memakan waktu sekitar 25 menit.


4. Stadion Palaran di Indonesia

10 Stadion termegah di Asia Tenggara, ada dari Indonesia lho

Stadion yang mampu menampung 50.000 hingga 60.000 penonton ini berlokasi di Kota Samarinda Kalimantan Timur. Menjadi stadion utama bagi klub Palaran, stadion ini berdiri di atas komplek oleh raga Kalimantan Timur, dengan total anggaran pembangunan mencapai Rp 800 miliar.


3. Stadion Shah Alam di Malaysia

10 Stadion termegah di Asia Tenggara, ada dari Indonesia lho

Pembangunan stadion ini dimulai 1 Januari 1990 dan dibuka pada 16 Juli 1994. Stadion ini terletak di Selangor Malaysia dan kegunaannya beragam, tidak terbatas hanya untuk bermain sepak bola, namun, stadion ini tetap menjadi kandang bagi Selangor FA, klub sepak bola kebanggaan negeri Jiran dan punya kapasitas 80.372 penonton.


2. Stadion Utama Gelora Bung Karno

10 Stadion termegah di Asia Tenggara, ada dari Indonesia lho

Gelora Bung Karno merupakan kepanjangan dari GBK, yang merupakan stadion kebanggaan bangsa Indonesia. Jika dilihat dari ke-10 Stadion Termegah dan Terbesar di Asia Tenggara lainnya, GBK adalah yang paling tua karena pembangunan dimulai pada 8 Februari 1960 dan dibuka 24 Agustus 1962. Stadion yang selesai dibangun dalam jangka waktu dua tahun ini merupakan kandang bagi Tim Nasional Indonesia, yang terletak di Jakarta Pusat, Indonesia.


1. Stadion National Bukit Jalil di Malaysia

10 Stadion termegah di Asia Tenggara, ada dari Indonesia lho

Posisi pertama dalam daftar stadion termegah dan terbesar di Asia Tenggara adalah Stadion Nasional Bukit Jalil yang terletak di dalam Kompleks Olahraga Nasional Bukit Jalil, di sebelah selatan ibukota Malaysia, Kuala Lumpur. Stadion ini adalah stadion multifungsi yang mampu menampung hingga 110.000 orang. Stadion ini merupakan stadion markas Malaysia dan juga menjadi tempat penyelenggaran beberapa pertandingan final kompetisi lokal Malaysia. Awalnya, stadion ini dibangun dengan tujuan untuk menyelenggarakan Commonwealth Games, tetapi sekarang stadion ini telah berkali-kali digunakan untuk berbagai macam kegiatan, seperti untuk menyelenggarakan beberapa pertandingan dalam Piala Asia AFC 2007 yang lalu.