Film, bukan hanya sekadar hiburan visual yang memanjakan mata dan imajinasi para penontonnya. Film juga bisa menjadi sarana belajar dan mempelajari kehidupan. Kisah-kisah yang tertuang di dalam gambar bergerak ini memberikan banyak hikmah dan contoh yang bisa diambil oleh para penonton.

Ide cerita film, selain diambil dari naskah asli bikinan script writer, juga terkadang diadaptasi dari banyak kisah dalam buku-buku best seller. Harry Potter, Percy Jackson, The Lord of The Rings dan masih banyak lagi, adalah contoh buku-buku best seller yang kemudian diadaptasi ke layar lebar.

Cerita lainnya, yang bisa sama menginspirasi, datang dari pengalaman hidup asli, true story atau malah biografi dari seorang pesohor. Kisah-kisah ini begitu dekat dengan penonton, sebab mereka bahkan masih bisa mengikuti kisah hidup orang yang bersangkutan secara nyata.

Berikut 10 film Hollywood berdasarkan kisah nyata yang menginspirasi.

1. Ali (2001)

10 Rekomendasi film Hollywood yang diangkat dari kisah nyata

Kisah seorang Cassius Clay, yang di usia 22 tahun berhasil menjadi juara dunia tinju. Kelak setelah masuk Islam, ia berganti nama menjadi Muhammad Ali, sebab Cassius Clay ia sebut sebagai nama budak. Sempat mengalami skors dan dicabut gelar dunianya setelah menolak wajib militer di Amerika dan juga menentang keterlibatan AS di perang Vietnam, ia dianggap sebagai symbol pahlawan perdamaian. Dalam filmnya, Ali diperankan oleh aktor kulit hitam yang sudah tak diragukan lagi kualitas aktingnya, Will Smith. Tontonlah film ini sebagai tribute pada Muhammad Ali, yang meninggal di tahun 2016, di usia 74 tahun.

2. A Beautiful Mind (2001)

10 Rekomendasi film Hollywood yang diangkat dari kisah nyata

John Nash, matematikawan yang lahir di West Virginia, dan meninggal di tahun 2015 (86 tahun) adalah salah satu ilmuwan yang dihormati. Peneliti matematika di Universitas Princeton ini telah menyumbang banyak teori pada ilmu matematika dan ekonomi. Peraih penghargaan Nobel tahun 1994 ini diperankan dengan sangat baik oleh Russel Crowe dalam film ini. Di balik kecerdasannya, Nash ternyata mengidap paranoid schizophrenia, penyakit kejiwaan yang membuatnya hidup dengan kecemasan dan mengalami banyak delusi.

3. The Pursuit of Happiness (2006)

10 Rekomendasi film Hollywood yang diangkat dari kisah nyata

Kisah nyata Chris Gardner, salesman yang akhirnya jadi bilioner, perjuangan dia mencari pekerjaan sekaligus jadi single parent buat anaknya. Di tahun 1980-an, Chris Gardner berusia 27 tahun, berpisah dari istrinya dan harus menghidupi seorang anaknya yang masih balita. Karena tidak mampu membayar sewa rumah, Gardner hidup berpindah-pindah bersama anaknya. Mereka hidup dari dapur umum dan seringkali tidur di taman seperti gelandangan. Will Smith dipercaya memerankan Gardner yang kemudian menjadi salah satu jutawan yang kisah hidupnya sangat menginspirasi.

4. Invictus (2009)

10 Rekomendasi film Hollywood yang diangkat dari kisah nyata

Siapa yang tak kenal Nelson Mandela? Tokoh kharismatik yang wafat di tahun 2013 ini adalah tokoh persamaan hak kulit hitam dari Afrika Selatan ini akhirnya menjadi presiden di tahun 1995. Meskipun begitu, ketegangan antara orang kulit hitam dan putih masih sangat terasa. Di film ini, Mandela berusaha menyatukan kembali bangsanya lewat pertandingan rugby untuk memenangi piala dunia di tahun yang sama. Film ini dibintangi oleh Morgan Freeman sebagai Nelson Mandela.

5. The Blind Side (2009)

10 Rekomendasi film Hollywood yang diangkat dari kisah nyata

Michael Oher, seorang bintang American Football ini aslinya adalah anak kulit hitam dari kawasan miskin yang beribukan seorang pecandu. Hidupnya mendadak berubah setelah diangkat sebagai anak oleh keluarga Tuohy. Pasangan suami istri Sean dan Leigh Ann Tuohy melihat Michael yang memiliki bakat besar dalam olahraga, kemudian mengadopsinya. Film ini jenis film keluarga yang akan membuatmu terharu dan menyadari masih banyak orang baik di luar sana. Sandra Bullock yang memerankan Leigh Ann Tuohy mendapat piala Oscar sebagai pemeran wanita terbaik dari film ini.

6. Lee Daniel's The Butler (2013)

10 Rekomendasi film Hollywood yang diangkat dari kisah nyata

Gedung Putih adalah tempat presiden Amerika Serikat tinggal dan berkantor. Seperti apa rasanya menjadi orang yang bisa hidup berdekatan dan bahkan mengurusi segala keperluan orang nomor satu di sana? The Butler berkisah tentang Cecile Gaines (diperankan oleh Forest Whitaker), seorang kepala pelayan Gedung Putih yang mengabdikan hidupnya untuk melayani beberapa presiden AS, termasuk diantaranya John F. Kennedy dan Richard Nixon.

7. Captain Phillips (2013)

10 Rekomendasi film Hollywood yang diangkat dari kisah nyata

Tom Hanks berperan sebagai Captain Phillips, yang disandera oleh perompak Somalia. Kisah ini betul-betul dialami oleh Captain Phillip yang asli, dimana ia disekap dan diancam oleh perampok di tengah laut lepas. Film ini mengisahkan perjuangan Captain Phillip untuk bisa lolos dengan cara bernegosiasi dengan sang perompak.

8. The Bling Ring (2013)

10 Rekomendasi film Hollywood yang diangkat dari kisah nyata

Kisah sekumpulan remaja yang mencuri di beberapa rumah seleb dunia seperti Paris Hilton. Pernahkah kamu ingin tahu seperti apa isi rumah para selebriti? Ikuti perjalanan serombongan anak remaja yang iseng, masuk tanpa ijin ke rumah-rumah selebriti dan mengambil barang-barang mereka. Dibintangi Emma Watson, film ini menjadi pelajaran penting buat kamu, para remaja yang selalu ingin tampil maksimal demi imej di akun medsos dengan menghalalkan segala cara.

9. The Man Who Knew Infinity (2015)

10 Rekomendasi film Hollywood yang diangkat dari kisah nyata

Srinivasa Ramanujan adalah seorang lelaki India miskin dari Madras, India. Ia dikenal dunia karena kecerdasannya dalam bidang matematika, dengan beberapa teori matematika yang berhasil ia temukan. Karena kecerdasannya ia berhasil masuk ke lingkungan akademik elit di Trinity College, London di tahun 1913. Di film ini Ramanujan diperankan oleh aktor Amerika berdarah India, Dev Patel.

10. Victoria and Abdul (2017)

10 Rekomendasi film Hollywood yang diangkat dari kisah nyata

Di tahun 1887, seorang pelayan dari India bernama Abdul Karim, terpilih untuk menyerahkan hadiah kepada Ratu Victoria di Inggris. Abdul yang juga seorang penghapal Quran, kemudian menjalin persahabatan yang unik bersama sang ratu. Ia menjadi orang kepercayaan sekaligus munshi atau guru bagi Victoria. Judi Dench, aktris kawakan Hollywood berperan sebagai Ratu Victoria, ditemani oleh Ali Fazal yang berperan sebagai Abdul.

Nah, demikianlah 10 rekomendasi film berdasarkan kisah nyata yang menginspirasi. Selamat menonton ya gaes!