Sebuah perusahaan atau organisasi semakin besar tentu salah satu indikatornya adalah bisa kamu lihat dari jumah pegawainya yang sangat besar. 1000-10.000 ribu pegawai masih terkesan biasa, karena Forum Ekonomi Dunia mengidentifikasi bahwa 10 perusahaan besar baik yang dimiliki negara maupun swasta di dunia mempunyai pegawai lebih dari sejuta!

Terbayang kan, guys betapa banyaknya jumlah pegawai dalam satu perusahaan jika jumlahnya mencapai satu juta lebih? Apalagi sekali gajian ya, mesti berapa duit yang keluar! Pasti gede banget!

10 perusahaan ini didominasi oleh negara besar dunia yakni AS, China, Inggris dan India! Nah, 10 perusahaan apa saja ya itu?


10. Hon Hai Precision Industry (Foxconn)

10 Organisasi di dunia yang punya paling banyak pegawai, wow!

Berpusat di Taiwan, ini adalah perusahaan swasta teknologi terbesar di dunia dari segi jumlah pegawai. Diperkirakan pegawainya sekarang sudah mencapai 1,2 juta orang. Sebagai penyuplai komponen elektronik yang berkualitas sehingga dipercaya oleh banyak perusahaan global dari Eropa, Jepang dan Amerika. Walau banyak pekerjaan perusahaan dilakukan oleh mesin atau robot, namun jumlah pegawainya masih sangat besar sekali!

9. Angkatan Bersenjata India

10 Organisasi di dunia yang punya paling banyak pegawai, wow!

Tentu dari namanya kita tahu bahwa ini adalah organisasi yang merujuk pada tentara nasional Negara India. Jumlah dari angkatan bersenjata Negeri Sungai Gangga ini mencapai 1,3 juta orang dan diperkirakan meningkat menjadi 1,4 juta orang. Layaknya tentara di negara lain, angkatan bersenjata di negara ini memiliki cabang Angkatan Darat, Laut dan Udara serta paramiliter.

8. Perusahaan Kereta Api India

10 Organisasi di dunia yang punya paling banyak pegawai, wow!

Perusahaan ini merupakan perusahaan yang mengatur tentang kereta api di India. Berada di bawah naungan Departemen Kereta Api India, perusahaan kategori milik negara ini memiliki pegawai 1.331.000 orang. Perusahaan kereta api ini juga merupakan perusahaan yang memiliki jaringan jalur kereta terbesar kedua di dunia. Pendapatan perusahaan ini tahun 2015-2016 mencapai 25 Milyar Dollar Amerika.

7. National Health Service United Kingdom

10 Organisasi di dunia yang punya paling banyak pegawai, wow!

Pelayanan kesehatan di Inggris Raya ini dimulai sejak 1948 usai Perang Dunia II. NHS begitu disingkat buat manggil organisasi pelayanan kesehatan "gratis" di Inggris ini tercipta karena pembiayaannya didapat pajak yang diberikan oleh Parlemen ke Departemen Kesehatan. Jumlah pegawai dari National Health Service ini mencapai 1,4 - 1,6 juta juta orang! Wow, dengan jumlah penduduk 65,64 juta jiwa ini tentunya menempatkan kesehatan begitu penting sekali bagi negara beribukota di London ini!

6. The State Grid Corporation of China

10 Organisasi di dunia yang punya paling banyak pegawai, wow!

Perusahaan ini adalah penyedia utilitas listrik di Negeri Tirai Bambu, dengan kita tau banyakanya penduduk negara tersebut membuat jumlah pegawai perusahaan ini sangat besar. Dilansir dari worldatlas.com diperkirakan jumlah pegawainya mencapai 1,6 juta, namun menurut fortune.com jumlahnya 926 ribu orang dengan konsumen mencapai 1,1 miliar orang.

5. China National Petroleum Corporation (CNPC)

10 Organisasi di dunia yang punya paling banyak pegawai, wow!

Perusahaan ini adalah BUMN negara milik China yang fokus ke minyak dan gas. Melebarkan sayap ke banyak negara membuat perusahaan ini makin berkembang dan menjadi perusahaan minyak dan gas dengan pegawai terbesar di dunia yakni mencapai 1,6 juta orang. Wow banget ya guys perkembangannya! Ekspansinya mulai dari Iran, Irak, Rusia, Selandia Baru, Venezuela bahkan Kanada dengan total keseluruhan 30 negara guys!

4. McDonald's

10 Organisasi di dunia yang punya paling banyak pegawai, wow!

Siapa yang gak tau nama ini? Restoran cepat saji terbesar di dunia dengan makanan Hamburger, Kentang gorengnya serta minuman ringan ini memiliki jumlah pegawai lebih dari 1,7 juta orang dengan pelanggan yang makan setiap harinya rata-rata mencapai 69 juta pelanggan. Wow banget ya guys, kalau bisa dapat pelanggan sebanyak itu. Cabangnya pun sangat banyak, tersebar lebih dari 100 negara di dunia.

3. Walmart

10 Organisasi di dunia yang punya paling banyak pegawai, wow!

Siapa gak kenal salah satu nama departement store terbesar di dunia ini. Perusahaan asal Amerika Serikat ini bahkan dinobatkan sebagai perusahaan publik dengan omset terbesar sedunia yakni USD 480 Milyar. Wow, banget ya! Pernah membayangkan sebuah usaha mendapat omset sebanyak itu? Perusahaan ini kini memiliki jumlah pegawai diperkirakan mencapai 2,3 juta orang di AS dan negara lainnya. Jika kamu andaikan jumlahnya ini sudah bisa membentuk sebuah negara yang makmur ya melihat pendapatannya sangat besar!

2. Tentara Pembebasan Rakyat China

10 Organisasi di dunia yang punya paling banyak pegawai, wow!

Kembali ke militer, China dengan jumlah rakyatnya yang sangat banyak ternyata memiliki jumlah tentara sangat besar pula. Diperkirakan tentara negara yang memiliki binatang khas yakni Panda ini mencapai 2,35 juta orang! Dengan jumlah tentara sebanyak itu, China menggelontorkan dana tahun 2017 sebesar USD 151,5 Milyar.

1. Departemen Pertahanan Amerika Serikat

10 Organisasi di dunia yang punya paling banyak pegawai, wow!

Negara adidaya masih tetap unggul dalam skala militer, dengan jumlah pegawai dari departemen pertahanannya yang mencapai 2,87 juta tentara aktif. Untuk membiayai tentara yang sangat besar itu, Amerika Serikat bahkan harus menggelontorkan uang sampai USD 534,3 Milyar di tahun 2016.