×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
10 Obelisk di berbagai negara ini bikin takjub

0

Jalan-Jalan

10 Obelisk di berbagai negara ini bikin takjub

Tiap obelisk punya keunikan arsitekturnya masing-masing.

Disclaimer

Artikel ini merupakan tulisan pembaca Brilio.net. Penggunaan konten milik pihak lain sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Silakan klik link ini untuk membaca syarat dan ketentuan creator.brilio.net. Jika keberatan dengan tulisan yang dimuat di Brilio Creator, silakan kontak redaksi melalui e-mail redaksi@brilio.net

Aditya Novianda

21 / 01 / 2019 13:51

Obelisk adalah monumen berbentuk pilar yang tinggi dan lentik dengan empat sisi, dan memiliki bentuk yang terlihat seperti piramida di bagian atas. Awalnya, obelisk adalah monolitik, tetapi seiring waktu, obelisk semakin banyak dibangun dari beberapa batu. Beberapa obelisk modern bahkan memiliki ruang interior. Mari kita lihat 10 obelisk luar biasa yang ada di dunia.

1. Walled Obelisk Istanbul, Turki.

10 Obelisk di berbagai negara ini bikin takjub

Walled Obelisk terletak di Istanbul, Turki. Obelisk ini terdiri dari batu yang dipotong kasar dan mencapai ketinggian 32m. Obelisk Bizantium ini dibangun oleh Constantine VI. Obelisk ini dihiasi dengan plak perunggu berlapis emas dan sebuah bola di bagian atasnya. Namun, dekorasi tersebut dicuri dan monumen itu mengalami kerusakan parah di tangan Tentara Salib Keempat dan Janissari.

 

Loading...

2. Lateran Obelisk Roma, Italia.

10 Obelisk di berbagai negara ini bikin takjub

The Lateran Obelisk adalah obelisk monolitik Mesir terbesar di dunia yang terletak di Roma, Italia. Awalnya dimaksudkan untuk dibawa ke Konstantinopel, dibawa ke Aleksandria oleh Konstantius II, yang sekali lagi mengirimnya ke Roma pada tahun 357.

Obelisk ini hancur dan dikuburkan sampai digali dan dipulihkan pada tahun 1588. Sekarang obelisk ini ditutup dengan salib dan memiliki alas yang dihiasi dengan tulisan dalam hieroglif.

 

3. Luxor Obelisks Mesir.

10 Obelisk di berbagai negara ini bikin takjub

Luxor Obelisk adalah yang terbesar di antara semua obelisk di dunia. Si kembar obelisk berusia lebih dari 3000 tahun ini dibangun di luar situs Warisan Dunia UNESCO dari Kuil Luxor di tepi timur Sungai Nil di Mesir.

Di sebelah kanan disajikan Prancis oleh pemerintah Mesir pada abad ke-19, dan berdiri di Paris di mana ia juga disebut Jarum Cleopatra. Kembarannya berdiri di Mesir.

 

4. Cleopatra’s Needle Paris, Prancis.

10 Obelisk di berbagai negara ini bikin takjub

Selain Luxor Obelisk Paris yang dibawa ke sini dari luar Kuil Luxor Mesir, ada dua obelisk lain yang juga disebut Jarum Cleopatra. Keduanya terletak di New York City di AS dan London di Inggris. Keduanya adalah pasangan yang berasal dari Kota Heliopolis, yang sekarang dikenal sebagai Kairo Mesir, dan terbuat dari granit merah dengan tulisan hieroglif Mesir.

 

5. Temple of Re-Atum Obelisk, Mesir.

10 Obelisk di berbagai negara ini bikin takjub

Kuil Re-Atum Obelisk umumnya disebut sebagai obelisk Heliopolis yang digunakan untuk kenyamanan dan terletak di Al-Mataririyyah, Kairo, Mesir dengan berdiri di posisi aslinya.

Didirikan oleh Senuret I dari dinasti Keduabelas, itu adalah salah satu obelisk paling menakjubkan di dunia. Ini adalah satu-satunya sisa yang masih hidup dari Heliopolis yang merupakan salah satu kota tertua di Mesir tepat dan terletak di tepi Kairo.

 

6. Washington Monument, USA.

10 Obelisk di berbagai negara ini bikin takjub

The Washington Monument yang terletak di Washington, DC, Ibu kota AS, adalah obelisk modern untuk memperingati presiden pertama Amerika, George Washington.

Terbuat dari granit, marmer, dan bluestone gneiss, itu adalah satu-satunya obelisk sejati di dunia yang seluruhnya terbuat dari batu. Dengan tinggi 169,045 m, itu adalah bangunan obelisk dan batu tertinggi di dunia, dengan lift dan 897 tangga.

 

7. Obelisco de Buenos Aires, Argentina.

10 Obelisk di berbagai negara ini bikin takjub

Obelisco de Buenos Aires merupakan salah satu obelisk paling menakjubkan di dunia dan juga ikon dan monumen bersejarah nasional Buenos Aires, Ibu kota Argentina.

Obelisk ini dibangun sebagai peringatan seratus tahun dari yayasan pertama kota, dan telah dikaitkan dengan malam dan hiburan. Punto Obelisco adalah zona tanda LED yang mengelilinginya.

 

8. Vatican Obelisk, Kota Vatican Roma.

10 Obelisk di berbagai negara ini bikin takjub

Obelisk Vatikan yang juga disebut sebagai obelisk Lapangan Santo Petrus adalah obelisk Mesir yang terletak di kantong kepausan Kota Vatikan di dalam Roma.

Obelisk ini dibangun di lokasi saat ini pada 1586, setelah diangkut ke Roma dari Mesir pada masa pemerintahan Kaisar Augustus. Alun-alun itu dirancang seratus tahun kemudian. Ada juga monolit 25m didekorasi dengan salib bertengger di atasnya.

 

9. Obelisk of Srirangapatna, India.

10 Obelisk di berbagai negara ini bikin takjub

Obelisk Srirangapatna terletak di Srirangapatna, negara bagian Karnataka, India. Obelisk ini adalah peringatan untuk menandai titik di Fort Srirangapatna di mana Inggris menerobos dinding untuk menyerang pasukan Tipu Sultan.

Obelisk ini berdiri di tengah serangkaian langkah konsentris. Obelisk ini memiliki desain yang unik dengan bola meriam yang mendukung proyeksi kerucut memanjang dan satu di atasnya.

 

10. Obelisk of Axum, Ethiopia.

10 Obelisk di berbagai negara ini bikin takjub

Obelisk of Axum yang terletak di Kota Axum, Ethiopia adalah salah satu objek obelisk paling terkenal di dunia. Ini adalah obelisk Axumite kuno yang berusia sekitar 1700 tahun.

Obelisk granit 160 ton ini dihiasi dengan dua pintu palsu, dan dekorasi seperti jendela di semua sisi. Bentuk setengah lingkaran di bagian atas membedakannya dari obelisk biasa dengan puncak piramida, dan diistilahkan sebagai prasasti.

Source







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave red