Pernahkah Anda mengalami tidak menstruasi sama sekali, masa menstruasi yang sangat pendek, dan banyaknya jumlah aliran darah yang keluar?

Hal berikut ini bisa menyebabkan siklus mentsruasimu terganggu.

1. Polycystic ovary syndrome (PCOS)

Sebanyak 10% dari wanita menderita PCOS. Kelainan ini bisa mempengaruhi hormon dan metabolisme. Salah satu ciri dari kelainan ini adalah dengan tidak teraturnya periode menstruasi, yaitu minimal 35 hari untuk orang dewasa dan 45 hari untuk remaja.

2. Kelainan kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid bertanggung jawab untuk mengantur metabolisme dan mempengaruhi periode menstruasi.

3. Fibroid rahim/uterus

Fibroid uterus adalah pertumbuhan sel-sel otot di dalam rahim. Mereka bukan kanker, dan mereka tidak mengancam nyawa. Tapi mereka dapat menyebabkan segala macam gejala yang tidak nyaman, termasuk perdarahan menstruasi yang berat, terutama pada wanita berusia 30-an dan 40-an.

4. Diabetes

Diabetes tipe 1 dan tipe 2 telah dikaitkan dengan masalah haid. Satu penelitian menemukan bahwa wanita dengan diabetes tipe 1, kelainan autoimun yang menyerang sel penghasil insulin di pankreas, mungkin memiliki siklus menstruasi yang lebih lama, waktu yang lebih lama, dan perdarahan yang lebih berat daripada wanita tanpa penyakit ini. Namun, menurut penelitian tersebut. pil KB membantu menstabilkan siklus mereka.

5. Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika jaringan yang melapisi bagian dalam rahim - yang disebut endometrium - mulai tumbuh di luar rahim.

Pertumbuhan di ovarium, saluran tuba, atau jaringan panggul dapat terjadi tidak hanya dalam periode yang lebih berat dari biasanya (terkadang dengan penggumpalan darah) tetapi biasanya dalam jumlah yang cukup banyak rasa sakit juga.

6. Gangguan makanan

Kelainan pada menstruasi bisa terjadi pada wanita yang berolahraga secara intens. Selain itu juga dapat terjadi pada wanita denngan gangguan makan seperti anoreksia dan bulimia.

7. Adenoma hipofisis

Ini adalah tumor kecil yang muncul di kelenjar pituitari di dasar otak. Beberapa tumor ini mengeluarkan prolaktin, hormon yang bertanggung jawab untuk mendorong payudara menghasilkan susu. Tingkat tinggi pada wanita menstruasi dapat menyebabkan periode abnormal, dengan cara yang sama seperti masalah tiroid.

Segala jenis kelainan darah yang menyebabkan kesulitan pembekuan juga bisa mengakibatkan masalah pada periode. Salah satu contohnya adalah penyakit von Willebrand, kelainan pendarahan yang mewarisi yang dapat menyebabkan kelainan menstruasi seperti perdarahan yang sangat berat (anggap: harus mengganti tampon atau pad setiap jam atau lebih), berdarah lebih dari tujuh hari.

9. Penyakit radang panggul

Penyakit ini terjadi saat ovarium, saluran tuba, atau organ reproduksi lainnya menjadi terinfeksi, biasanya oleh penyakit menular seksual seperti gonore atau klamidia yang telah ditempuh dari miss v.

10. Kanker

Kanker rahim atau endometrium biasanya menyerang setelah menopause, namun karena salah satu gejalanya adalah pendarahan yang tidak normal, hal itu bisa membingungkan dengan gejala perimenopaus.

Kelebihan berat badan meningkatkan risiko jenis kanker ini, dan gejala lainnya termasuk keputihan yang tipis, buang air kecil yang menyakitkan, dan rasa sakit saat bercinta. Kanker serviks dan miss v juga dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur.