Tidak ada yang bisa menyangkal kenyataan bahwa Amerika Serikat adalah negara terkuat di planet ini. Khususnya jika bicara soal militernya. Dengan jumlah personel masif dan alutsista berteknologi super canggih negara ini adalah raksasa besar yang, mungkin, mustahil ditaklukkan, dan jelas paling ditakuti oleh semua negara.

Namun demikian masih ada banyak hal tentang militernya yang masih belum banyak diketahui oleh khalayak ramai.

Berikut adalah sepuluh fakta mengejutkan yang jarang diketahui tentang militer Amerika Serikat.

1. Uang Logam Tidak Berlaku

Militer Amerika Serikat memiliki sekitar hampir 800 markas di seluruh dunia. Setiap markas pastinya memiliki tokonya masing-masing. Uniknya, tidak ada satu took pun di seluruh markas tersebut yang menerima uang logam sebagai alat jual-beli. Jenis uang ini dianggap tidak efisien karena bisa menambah beban. Khususnya di kapal.

2. Kondom Sebagai Perlengkapan Bertahan Hidup

Mungkin terdengar aneh, tapi kondom memang ditetapkan sebagai salah satu perlengkapan bertahan hidup standar untuk para prajurit penerjun. Jenis kondom yang digunakan adalah kondom tanpa pelumas. Fungsinya adalah sebagai wadah darurat untuk menampung air.

3. Pengaruh Filem Tom Cruise

Tom Cruise adalah salah satu aktor aksi kawakan paling sukses Amerika. Filem-filemnya dinikmati bukan hanya di Amerika saja, melainkan juga di seluruh dunia. Salah satu filemnya, Top Gun yang dirilis pada 1986, bahkan berhasil meningkatkan keinginan kaum muda Amerika yang ingin menjadi pilot pesawat tempur sebanyak 500%.

4. Velcro Tanpa Suara

Militer Amerika Serikat menggunakan jenis perkeat velcro khusus pada setiap perlengkapan mereka. Mulai dari baju, tas, dan sebagainya. Perekat velcro ini dikatakan bisa meredam bunyi hingga serendah 97% (hampir tidak menghasilkan suara sama sekali). Sampai saat ini bahan dan cara pembuatannya masih menjadi rahasia.

5. Angkatan Laut Paling Tangguh

Walau pun bukan negara kepulauan seperti Indonesia namun sudah tidak diragukan lagi Amerika Serikat memang memiliki kekuatan Angkatan Laut terkuat di dunia. Dengan jumlah 288 kapal negara ini adalah satu-satunya yang telah melayarkan armadanya hingga ke seluruh dunia. Hingga sekarang hanya ada satu kasus saja di mana kapal Amerika berhasil diambil alih oleh negara lain. Salah satu kapal mata-matanya, USS Pueblo, pernah ditangkap oleh Korea Utara pada 1986. Saat ini kapal tersebut dijadikan sebagai obyek wisata di Pyongyang.

6. Penggunaan Kapal Kayu

Walau pun sudah sangat modern namun nyatanya kapal kayu masih digunakan oleh Angkatan Laut Amerika. Kapal-kapal tersebut umumnya dibuat dari pohon ek dan cemara, berbobot ringan. Kapal-kapal ini difungsikan sebagai penyapu ranjau di jalur yang tidak terjangkau oleh kapal-kapal besar.

7. Hanya Pernah Mendeklarasikan Perang Lima Kali

Amerika Serikat adalah negara yang paling banyak mengirimkan tentaranya untuk berperang. Sejauh ini negara adikuasa tersebut telah lebih dari 300 kali mengirimkan militernya secara global. Namun di sepanjang sejarahnya negara ini hanya pernah lima kali saja secara resmi menyatakan perang. Yaitu pada Perang Tahun 1812, Perang Meksiko-Amerika, Perang Spanyol-Amerika, Perang Dunia I, dan Perang Dunia II.

8. Kelahiran Ray Ban

Pada 1929 salah satu petinggi Angkatan Udara Amerika, Jenderal John McReady, mengusungkan pembuatan kacamata anti cahaya matahari untuk para pilot pesawat tempur agar bisa lebih leluasa saat bertempur di udara. Proyek tersebut pun dijalankan dan menghasilkan kacamata anti silau yang sangat efektif. Dari sinilah kemudian merk kacamata terkenal Ray Ban lahir.

9. Hewan Laut Terlatih

Tidak hanya bergantung pada teknologinya militer Amerika juga telah mengembangkan berbagai macam taktik pertahanan yang tergolong sangat unik. Angkatan Laut Amerika melatih singa laut dan lumba-lumba sebagai bagian dari pasukannya. Hewan-hewan ini ditugaskan untuk berpatroli di sekitar garis pantai, mendeteksi kapal selam, dan melucuti ranjau bawah laut.

10. Kapal Induk Terkuat

Amerika Serikat memiliki jumlah kapal induk terbanyak dan terkuat di dunia. Salah satunya, USS John C. Stennis bahkan memiliki 70% kekuatan tempur lebih besar daripada semua Angkatan Udara di seluruh dunia. Kapal ini berbobot 103.300 ton dengan panjang 332.8 meter dan ditenagai oleh reaktor nuklir.