Bunga adalah hal yang indah untuk dilihat. Di dunia ini terdapat ribuan jenis bunga dari yang kecil hingga besar, dari berbau tidak enak hingga harum sekali bahkan ada yang harganya mahal sehingga memancing penyelundup untuk mendapatkannya. Jenis bunga-bunga ini menjadi langka guys, sebagian besar akibat perusakan habitat alami mereka, perburuan besar-besaran karena keindahannya hingga akhirnya tidak bisa eksis kembali di habitat aslinya!

Nah dari sekian ribu jenis bunga, ada 12 jenis bunga nan indah paling langka di dunia. Jika kamu pernah melihatnya kamu pasti beruntung banget guys!

1. Bunga Kokio

12 Bunga cantik di dunia ini sudah jarang ditemui karena sudah langka

Bunga ini adalah bunga endemik khas Pulau Molokai di Negara Bagian Hawaii, Amerika Serikat. Bunga ini merupakan bunga dari tumbuha berbentuk semak yang bisa capai tinggi 6 meter. Bunga ini juga merupakan keluarga bunga kembang sepatu guys, sehingga jika kita biasa melihat bunga kembang sepatu warna merah, bunga Koki'o ini warnanya putih! Cantik banget dan indah guys!

2. Anggrek Rothschild

12 Bunga cantik di dunia ini sudah jarang ditemui karena sudah langka

Bunga aggrek nan langka ini dicirikan oleh garis-garis merah dan kelopak sisi panjangnya. Ia hanya bisa tumbuh di hutan hujan di Gunung Kinabalu di Borneo utara atau Negara Bagian Sabah, Malaysia. Anggrek ini hanya tumbuh dari ketinggian 500 meter sampai 1.197 meter diatas permukaan laut. Selain langka, anggrek ini mekar 15 tahun sekali guys, wih lama banget kan? Harga di pasar gelap sendiri diperkirakan satu batangnya mencapai USD 5.000! Wow guys benar-benar mahal!

3. Mawar Juliet

12 Bunga cantik di dunia ini sudah jarang ditemui karena sudah langka

Mawar ini menghabiskan USD 3 juta untuk risetnya. Namun, upayanya tak sia-sia karena setelah dipamerkan di Chelsea Flower Show tahun 2006 bunga mwar berwarna putih pucat ini menarik perhatian. Bunga dengan kelopak lebih pucat dari bagian dalam ini pun kian populer sebagai bunga untuk para pengantin.

4. Anggrek Hantu

12 Bunga cantik di dunia ini sudah jarang ditemui karena sudah langka

Hidup di Florida, Bahama dan Kuba, bunga yang bentuknya seperti hantu ini membuat evolusi dengan akar sebagai tempat fotosintesis. Anggrek ini hidup di tempat banyak jamur hidup dan dari jamur ini dia mendapat nutrisi. Bunganya berwarna putih dengan kelopak yang panjang, tipis dan dua kelopak di bagian bawahnya. Keindahannya membuat banyak dilakukan perburuan sehingga mengalami penurunan populasi apalagi perkembangbiakannya sangat bergantung dari Ngegat Spinx yang menyebarkan serbuk sarinya.

5. Laddy Slipper Kuning dan Ungu

12 Bunga cantik di dunia ini sudah jarang ditemui karena sudah langka

Bunga ini adalah jenis anggrek yang langka yang hidup di Inggris dan beberapa kawasan Eropa guys! Kelopak bagian bawahnya membentuk daerah berupa lubang yang menyerupai sepatu, sehingga demikian asal muasal nama 'slipper' pada anggrek ini. Mereka sangat langka sehingga para ahli botani mengira mereka telah punah sampai tahun 1917 ketika satu tanaman berhasil ditemukan di Inggris tumbuh di lapangan golf dan mengakhiri pernyataan bahwa anggrek ini langka guys, syukurlah ya! Sekarang saking langkanya, bunga yang dilindungi di Wildlife and Countrside Act tahun 1981 ini terus menjadi incaran penyelundup untuk memotong bunganya hingga sekarang hanya tersisa 6 saja guys, hanya enam yang mekar! Duh mudahan gak sampai punah deh ya!

6. Bunga Lily Api

12 Bunga cantik di dunia ini sudah jarang ditemui karena sudah langka

Bunga ini dikenal beracun dan relatif umum ditemukan dimana-mana. Namun, setelah kegunaannya dalam bidang medis ditemukan terjadi perburuan besar-besaran sehingga di habitatnya di Sri Langka sudah langka dan di Orissa India nyaris punah. Namun, syukurnya di kawasan pasifik seperti Polynesia Perancis, Kepulauan Cook dan Australia spesies ini menjad invasif sehingga mencegahnya dari kepunahan!

7. Bunga Middlemist Merah

12 Bunga cantik di dunia ini sudah jarang ditemui karena sudah langka

Bunga ini adalah bunga yang menyerupai bunga mawar guys yang berwarna merah muda cerah. Awalnya bunga ini adalah bunga asli asal China, semenjak ditemukan oleh Inggris dan dikenalkan di negaranya tahun 1804 bunga ini segera populer. Tahu deh kan guys akibatnya kalau sudah populer banget? Perburuan dan pencarianya sangat pesat hingga akhirnya bunga ini punah di tempat asalnya. Kini bunga cantik ini hanya tersisa dua buah guys yakni di Kebun Raya Selandia Baru dan rumah kaca di Inggris. Duh sangat disayangkan ya!

8. Bunga Pohon Franklin

12 Bunga cantik di dunia ini sudah jarang ditemui karena sudah langka

Bunga dari pohon ini sangat unik guys, karena memiliki daun hijau gelap yang berubah menjadi merah di musim gugur dan menghasilkan bunga dengan 5 kelopak putih yang indah yang pusatnya berwarna kuning terang. Habitat aslinya berada di lembah sungai Altahama, Negara Bagian Georgia Amerika Serikat. Ditemukan pertama kali tahun 1765 ketika Georgia masih enjadi koloni Inggris. Tahun 1785, bunga ini diterbitkan dalm katalog dan dinamai Bejamin Franklin. Kini di habitat aslinya unga ini sudah punah guys, namun upaya pelstarian lewat kebun-kebun pertanian karena kepopulerannya telah menjaga keberadaan bunga ini di dunia!

9. Bunga Kosmos Cokelat

12 Bunga cantik di dunia ini sudah jarang ditemui karena sudah langka

Bunga dengan warna coklat kemerahan ii, habitat aslinya di Meskiko. Bunga ini ikini senasib dengan bungan pohon Franklin yakni punah di alam liar sekitar 100 tahun lalu. Perlu kamu tahu guys, bunga ini ga punya biji dan ngasilin tunas juga lho! Sehingga perkemangbiakannya harus lewat akar yang dibagi dan teknologi kultur jaringan membuatnya lumayan susah berkembang sendiri.

10. Jade Vine

12 Bunga cantik di dunia ini sudah jarang ditemui karena sudah langka

Bunga asal negeri tetangga kita Filipina ini memiliki warna hijau mint guys sehingga membuatnya sangat menarik dan unik! Bunga ini menjuntai panjang hampir satu meter. Jade Vine sendiri masuk dalam keluarga kacang-kacangan, namun habitatnya yang di hutan tropis membuatnya sangat rentan karena deforestasi atau penebangan pohon untuk diambil kayunya serta diikuti perubahan peruntukan lahannya juga. Dilema saat penyelamatan tumbuhan ini mellaui penangkaran tidak berhasil gemlang, karena tidak ada yang membantu penyerbukan alaminya lagi yakni keleawar! Duh, semoga penebangan hutan dan perluasan lahan perkebunan bisa dihentikan ya guys buat jaga kelestarian bunga unik ini!

11. Bunga Kadupul

12 Bunga cantik di dunia ini sudah jarang ditemui karena sudah langka

Bunga ini adalah bunga yang unik guys, karena kembang ketika malam hari dan ketika pagi mulai menutup. Sehingga keberadaan banyak dalam cerita rakyat tempat ia tumbuh. Habitat asli dari bunga ini adalah di Sri Lanka, India, Jepang, Cina, dan beberapa negara Amerika Latin. Tanaman ini biasa tumbuh di pohon yang telah busuk di hutan, namun perambahan hutan menjadi ancaman keberadaannya kini!

12. Bunga Rafflesia Arnoldi

12 Bunga cantik di dunia ini sudah jarang ditemui karena sudah langka

Bunga ikon puspa langka negara kita ini sering salah ditafsirkan oleh orang karena disamakan dengan Bunga Bangkai, padahal kedua bunga ini berbeda guys! Jika bunga bangkai tumbuh menjulang tinggi, sedang Bunga Rafflesia melebar kesamping!

Bunga kebanggan bangsa ini, adalah bunga yang hidup dari mengambil nutrisi Tetrasgima, tumbuhan sejenis anggur yang merambat di pohon. Ketika mekar lebarnya bisa mencapai satu meter! Bunga ini sendiri keberadaanya cukup langka dan sangat dinantikan ketika akan mekar! Duh bangga ya guys, ayo tetap kita jaga dan lestarikan lingkungan dan alam negeri, biar anak cucu bisa tetap menikmati keindaan flora dan fauna Indonesia!