J.K Rowling adalah penulis novel ternama di dunia yang menjadi sorotan kesusasteraan internasional. Rowling terkenal dengan karya pertamanya Harry Potter yang sukses berat di pasaran baik novel maupun filmnya.Tak hanya serial film Harry Potter, Rowling juga berhasil menulis beberapa novel lainnya yangtelah diadaptasi ke dalam film layar lebar maupun Drama TV.

Berikut, 5 Film ternama yang diadopsi dari Novel JK Rowling.

1. The Casual Vacancy

The Casual Vacancy adalah novel pertama J.K Rowling yang terbit pada tahun 2012 setelah serial novel Harry Potter. Dalam Novel ini J.K Rowling menyajikan cerita yang sangat berbeda dari novel Harry potter.

Novel ini ditujukkan untuk pembaca dewasa dimana bercerita tentang tentang sebuah kota kecil di Inggris yang bernama Pagford yang nampaknya tenang dan indah namun sebenarnya tertimbun berbagai permasalahan rumit mulai dari kesenjangan ekonomi, anak remaja dan orang tua yang tidak harmonis, istri dan suami yang sering bertengkar, bahkan ada guru yang berseteru dengan muridnya.

Selain Harry Potter, 5 film ini juga diadopsi dari novel JK Rowling

Konflik utama dalam novel ini diawali olehkematian Barry Fairbrtoher (40 thn) salah seorang anggota Dewan Kota Pagford. Kematian Barry Fairbrother menimbulkan The Casual Vacancy atau kekosongan kursi jabatan dewan kota. Kekosongan kekuasaan inilah yang diincar oleh tiga penduduk kota Pagford yaituMiles Howard, Simon Price, dan Club Wall.

Total penjualan novel ini pada tiga minggu pertama mencapai satu juta kopi dalam bahasa inggris dalam semua format di semua wilayah, termasuk Amerika Serikat dan Inggris. Novel ini berhasil mendapatrekor Goodreads untuk "waktu baca" terbesar sepanjang masa dan memenangkan kategori Fiksi Terbaik di Goodreads Choice Awards 2012. Pada tahun 2015, Novel ini diadaptasi menjadi siaran drama televisi oleh BBC.

2. Fantastic Beasts and where to find them : The Original Screenplay

Fantastic Beasts and Where to Find Them awalnya adalah buku pelajaran resmi di sekolah Hogward yang di tulis oleh Newt Scamander via J.k Rowling. Buku ini berisi tentang deskripsi hewan-hewan gaib yang berada didunia sihir lengkap dengan klasifikasinya menurut Kementrian Sihir. Buku fantastic beasts and where to find them ini sama sekali tidak memiliki plot cerita.

Kemudian J.K Rowling menulis kembali buku fantastic beasts and where to find them ini dalam bentuk skenario film yang kemudian diberi namaFantastic Beasts and Where to Find Them: Original screenplay.

Selain Harry Potter, 5 film ini juga diadopsi dari novel JK Rowling

Buku ini bercerita tentang perjalanan hidup Newt Scamander yang telah menjelajahi berbagai tempat untuk menjalani riset sekaligusmenjinakkan berbagai hewan gaib.Desember 1926, Newt tiba di New York. Dia bermaksud untuk tinggal sebentar saja. Namun tanpa dia sadari koper yangberisi hewan-hewan tangkapannya tertukar denganseorang muggle bernama Jacob Kowalsky. Hal tersebutmenyebabkan lepasnya berbagai hewan kesayangannya kedunia manusia dan membuatnya kesulitan untuk mengumpulkannya kembali.

Pada tanggal 16 November 2016 film ini ditayangkan di Indonesia dan berhasil merajai Box Office. Film yang disutradari oleh David Yates ini juga berhasil mendapat 3 penghargaan sekaligus yaitu Best Production Design dan Best Costume Design.

3. Strike "The Cuckoo's Calling" (Episode 1-3)

The Cuckoo's Calling adalah novel fiksi kriminal karangan J. K. Rowling, yang diterbitkan dengan nama pena "Robert Galbraith" pada tahun 2013. Tokoh utama novel ini adalah seorang detektif swasta bernama Cormoran Strike.

Selain Harry Potter, 5 film ini juga diadopsi dari novel JK Rowling

Dalam novel ini Cormoran Strike mencoba mengungkap kasus bunuh diri seorang supermodel Inggris ternama yang bernama Lula Laundry. Awalnya Strike tidak tertarik dengan kasus ini namun masalah keuangan yang serius memaksanya untuk menerima tawaran dari John Bristow "kakak angkat Lula" yang memintanya mengungkap kasus bunuh diri adiknya. Selama perjalanan mengungkap kasus ini, Strike menemukan kenyataan-kenyataan yang kelam dan mengancam nyawanya.

Pada Tanggal 10 Agustus 2017 Film Strike-The Cuckoo's Calling tayang perdana di British Film Institute dan pada tanggal 27 Agustus 2017 di BBC. Pemeran utamanya dibintangi oleh Tom Burke sebagai Cormoran Strike dan Holliday Grainger sebagai Robin Ellacott "sekretaris Cormoran Strike".

4. Strike "The Silkworm" (Episode 1-2)

The Silkworm merupakan novel kedua J.K Rowling yang diterbitkan pada tahun 2014 setelah novel pertamanyaThe Cuckoo's Calling. Dalam novel ini Cormoran Strike kembali beraksi bersama sang asisten Robin Ellacot.

Selain Harry Potter, 5 film ini juga diadopsi dari novel JK Rowling

Setelah menyelesaikan kasuspembunuhan supermodel Inggris Lula Landry, detektif Cormoran Strike mulai mendapatkan banyak klien. Namun kali ini ia tertarik menyelidiki kasus menghilangnya seorang novelist yang bernamaOwen Quine.Namun ketika Strike memulai penyelidikan, dia menyadari bahwa kasus ini tidak sesederhana yang disangka.Owen Quine ditemukan dalam kondisi telah meninggal dan mayatnya nampak begitu mengenaskan. Dalam penyelidikannya, Cormoran menemukan bahwa kasus pembunuhan ini ada sangkut pautnya dengan novel "Bombyx Mori" karya Owen Quine yang belum sempat diterbitkan.

Film Strike The Silkworm dibuat dua episode. Episode pertama tayang pada tanggal 10 September 2017 di BBC dan dilanjutkan dengan episode kedua yang tayang pada tanggal 17 September.

5. Fantastic Beasts The Crimes of Grindelwald

Film Fantastic Beasts The Crimes of Grindelwald adalah film kedua lanjutan dari film fantastic beasts and where to find them. Setelah sukses dengan film pertamanya, J.K Rowling dikabarkan telah selesai membuat Screenplay untuk film yang kedua ini. Film ini ditargetkan tayang di bioskop pada tanggal 16 November tahun ini.

PetualanganNewt Scremender pada film ini jelas akan sangat berbeda dari film yang pertama. Namun dalam film ini Newt bakal bertemu kembalidengan teman lamanya yaitu Tina, Jacob Kowalski dan Queenie.

Selain Harry Potter, 5 film ini juga diadopsi dari novel JK Rowling

Pada akhir film yang pertama Grindewald "Penyihir jahat" berhasil ditangkap oleh MACUSA (Kongres Ajaib Amerika Serikat) dengan bantuan Newt Scamander. Namun beberapa bulan kemudian Grindewald berhasil kabur dari tahanan menggunakan mantra ajaib. Setelah kabur dari tahanan Grendewald kemudian mengumpulkan banyak pegikut dan memiliki misi menguasai makhluk Non Magis.

Dalam usaha menggagalkan misi Grendewald, Albus Dumbledore kemudian meminta Newt Scamander "mantan muridnya" untuk membantunyamenangkap penyihir jahat Grindelwald. Dalam film ini juga akan ada banyak pemain-pemain baru yang membuat dunia sihir lebih luas.

"Yang Pasti Film kedua ini tak kalah seru dengan sequel pertamanya, Jadi, siap-siap buat nonton ya, Jangan sampai terlewat"