Brilio.net - Sudah saatnya memang buat semua orang terutama cowok-cowok nih, yang suka meletakkan ponsel di saku celana untuk mulai menaruhnya di ransel saja. Alasannya, menurut penelitian terbaru dari sekolah kedokteran Technion di Haifa, Israel telah menemukan bahwa meletakkan ponsel di saku celana mempengaruhi jumlah sperma pria dan membuatnya jadi kurang subur.

Penelitian dari ahli kesuburan ini dilakukan pada 100 orang yang sedang berkunjung ke sebuah klinik kesuburan selama satu tahun. Hasilnya, para ahli menemukan bahwa pria yang menggunakan ponsel sedikitnya satu jam per hari atau menyimpan ponsel di saku celana sepanjang hari bisa 'memasak sperma' dan secara signifikan menurunkan jumlah dan pergerakan sperma.

Sperma yang diproduksi di testis membutuhkan suhu yang sedikit lebih rendah daripada suhu internal tubuh, sehingga produksi sel sperma berlangsung lebih optimal. Sementara menyimpan ponsel di saku celana bisa meningkatkan suhu testis. Padahal kenaikan suhu 1 derajat celcius saja bisa memengaruhi jumlah sel sperma yang diproduksi.

Para peneliti berpikir bahwa hal ini disebabkan oleh aktivitas elektromagnetik dari ponsel yang mempengaruhi testis dan secara bertahap akan memicu disfungsi ereksi dan infertilitas.

BACA JUGA: 10 Tradisi seksual yang tidak masuk akal dari seluruh dunia

Loading...

Sebagaimana dilansir brilio.net dari Cosmopolitan, Rabu (24/2), studi ini juga menemukan bahwa pria yang tidur dengan ponsel saat di tempat tidur, atau pada meja di samping tempat tidur, tingkat sperma juga mengalami penurunan dibandingkan dengan pria yang tidak tidur dengan ponsel di dekatnya.

Nah, untuk membantu pria biar nggak menghancurkan semua sperma mereka, Profesor Gedis Grudzinskas, konsultan kesuburan St George Hospital London dan di Harley Street, menawarkan beberapa saran.

"Jika kamu sedang mengenakan setelan jas untuk bekerja, sebaiknya tempatkan ponsel di saku dada, bukan dekat dengan testis kamu (di saku celana). Ini akan mengurangi risiko jumlah sperma yang diproduksi menjadi tak optimal." katanya kepada The Telegraph.

Jadi, buat para pria, lebih baik mulai berhenti meletakkan ponsel di saku celana dan membiasakan untuk menaruh ponsel di tas saja ya. Kesuburanmu lho!